Nasehat Keuangan Untuk Menghadapi usia Kepala Empat
Nasehat Keuangan – Ilustrasi

Penyesalan memang selalu di belakang, termasuk dalam hal keuangan. Usia muda seringkali kita isi dengan hal berfoya-foya dengan menghabiskan uang. Alhasil ketika tua, Anda menyesali dengan apa yang telah dilakukan dulu. Terutama ketika Anda mengalami kesulitan ekonomi di usia tua.

Tidak dapat dipungkiri bahwa uang menjadi salah satu sumber kehidupan. Bahwa hidup memang butuh uang. Ketika Anda terbentur soal keuangan, pasti akan ada perasaan menyesal dengan apa yang telah kita lakukan dengan uang yang kita miliki untuk hal-hal yang tidak penting.

Baca: 9 Tips Pengelolaan Keuangan Ini, Bikin Hidupmu Lebih Makmur Setelah Menikah

Nah, bagi Anda yang masih muda, sebelum memasuki usia kepala 4, ada baiknya Anda mengikuti dan menerapkan nasihat-nasihat keuangan berikut ini. Jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari. Apa sajakah nasehat keuangan yang dapat Anda praktikkan? Simak baik-baik ulasan di bawah ini:

10 Nasehat Keuangan Agar Tidak Menyesal di Usia Kepala 4

  1. Punya Tujuan Hidup

Nasehat keuangan pertama berkaitan dengan tujuan hidup kita, tentu Anda memiliki tujuan hidup yang telah Anda rencanakan, begitu pula soal keuangan. Mulailah menentukan tujuan hidup Anda secara jelas, khususnya yang berkaitan dengan finansial. Sebagai contoh, jika Anda telah memiliki penghasilan sendiri, tetapkan tujuan finansial Anda, apakah untuk berinvestasi, pendidikan, dan lain sebagainya.

  1. Hidup hemat

Nasehat keuangan untuk hidup berhemat erat kaitannya seiring dengan bertambahnya pendapatan, biasanya bertambah pula keinginan manusia. Bahkan keinginan-keingian yang sebenarnya tidak penting, seringkali menjadi prioritas untuk kita penuhi. Jika Anda tetap seperti itu, maka jangan harap keuangan Anda akan aman di kemudian hari.

Ingat, bahwa hidup tidak hanya sekedar bersenang-senang. Ubahlah kebiasaan foya-foya Anda dari sekarang. Dan mulailah memikirkan masa depan. Oleh sebab itu, berhemat menjadi salah satu cara untuk menjaga keuangan kita saat ini dan menjamin keuangan kita di masa depan. Lebih baik mengalihkan pendapatan Anda untuk berinvestasi, daripada untuk berbelanja hal-hal yang tidak berguna.

  1. Pasang target

Sama dengan tujuan hidup, Anda juga perlu menentukan target yang harus Anda capai dalam kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, target Anda adalah memiliki rumah sendiri di usia 25 tahun, punya mobil di usia 27 tahun, dan lain sebagainya. Dengan target yang Anda canangkan, Anda akan senantiasi berusaha dan bekerja keras untuk memenuhi target Anda.

  1. Jangan sekedar Menabung, Mulailah Berinvestasi

Jika dari kecil kita diajarkan menabung untuk menyimpang uang, maka saat ini jangan hanya sekedar menabung. Tapi, mulailah berinvestasi untuk menjaga finansial Anda. Jika menabung Anda hanya memperoleh bunga yang relative kecil, namun dengan berinvestasi Anda bisa mendapatkan profit yang lebih besar.

  1. Belajar dari Kesalahan

Belajarlah dari kesalahan yang pernah Anda lakukan. Cobalah untuk mengevaluasi diir, dan membenahi agar tidak melakukan kesalahan yang sama di masa depan khususnya menyangkut hal finansial.

  1. Disiplin dan Tidak Mudah Menyerah

Sukses tidak ada yang instan. Butuh kerja keras dan sikap yang tanggung untuk meraih kesuksesan. Di usia Anda yang masih mudah ini, jadilah orang yang berdisiplin tinggi dalam melakukan segala hal. Dan janganlah mudah menyerah jika mengalami kesulitan.

  1. Memperluas jaringan

Yang namanya manusia tentu tidak bisa hidup sendiri. Sebagai makhluk sosial pastinya kita membutuhkan orang lain. Nah, untuk meraih keberhasilan finansial, tentu Anda tidak dapat meraihnya sendiri dan butuh orang lain dalam meraih kesuksesan Anda.

Itu artinya, di usia yang masih muda manfaatkan dengan mencari jaringan pertemanan seluas-luasnya. Agar di usia kepala 4 nanti, Anda telah memiliki rekan kerja yang banyak dan dapat membantu Anda meraih kesuksesan.

  1. Me time itu penting

Meskipun Anda memiliki banyak teman, namun tidak ada salahnya sisihkan waktu Anda untuk me time. Dengan me time, Anda dapat mere-charge energi Anda yang baru di tengah-tengah kesibukan, agar bisa lebih kreatif dan produktif lagi dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

  1. Miliki asuransi

Memiliki asuransi sangatlah penting sebagai jaminan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan. Selain menyisihkan pendapatan untuk tabungan dan investasi, Anda juga perlu menyisihkan uang untuk asuransi.

  1. Berani

Nasehat keuangan yang terakhir adalah berani. Jadilah orang yang berani dalam menyampaikan ide-ide kreatif Anda. Jangan malu dan takut tentang ide-ide cerdas Anda.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Penghasilan Minim

Itulah 10 nasehat keuangan, agar tidak menyesal di usia kepala 4. Jika Anda tidak ingin menyesal di kemudian hari, maka saatnya untuk menata kembali keuangan Anda dengan hal-hal positif. Semoga informasi di atas bermanfaat.