Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat Email

Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat Email
Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat Email – image ilustration

Cara mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email tentunya dizaman serba canggih dan mudah ini tidak lagi jadi permasalahan, karena semuanya juga seimbang dengan bagaimana cara perekrut mencari karyawan yang juga sudah memanfaatkan media online untuk memberikan pengumuman lowongan pekerjaan.

Maka mengirimkan suarat lamaran via online atau email sudah merupakan hal wajar jika memang perusahaan perekrut mengerti dunia teknologi dan tau memanfaatkannya untuk mempermudah kinerja perusahaan.

Cara mengirimkan surat lamaran pekerjaan lewat email juga sudah sejak tahun lalu banyak dilakukan oleh perusahaan besar dan ternama di dunia yang sudah melek teknologi, Maka sangat heran bila para perekrut atau penyedia lowongan kerja tidak membolehkan para pelamar mengirim surat lamaran maupun berkas lainnya lewat internet, sementara mereka sendiri mencari pekerja dengan memsang lowongan di internet.

Jika memang ada yang masih menerapkan pelamar kerja harus datang langsung mengantar surat lamaran kerja ke kantor bisa dipertanyakan apakah ingin menyiksa pencari kerja atau ingin membuka lapangan pekerja dan memudahkan orang lain?…

Walaupun sudah demikian sangat dimudahkan karena perkembangan teknologi, bukan berarti sebagai pencari kerja tidak memperhatikan etika dalam melamar kerja, apalagi jika memang serius dan berharap agar surat lamaran atau CV dan berkas lainnya bisa diterima, maka sangatlah penting mengetahui bagaimana.

Baca: 7 Cara Mencari Tahu Apakah Gaji Anda Sudah Sesuai Standar

cara mengirim suarat lamaran pekerjaan lewat email Pernah disampaiakan oleh Chalifatunissa selaku HR Senior di Experd Consultant. Ada beberapa etika dalam mengirimkan CV maupun berkas dan dokumen pelengkap yang diminta lewat email serta bagaimana teknis yang tepat agar berpeluang bisa diterima kerja, berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika ingin mengirimkan surat lamaran kerja via email:

  1. Kirim dengan Email yang memiliki Nama formal dan lengkap

Pastikan anda mengrim lamaran dengan menggunakan alamat email formal yang menggunakan nama asli dan lengkap anda serta mudah terbaca.

Alamat email yang alay dengan nama yang tidak jelas justru akan mengurangi nilai anda dan bisa dianggap tidak serius atau hanya main-main saja. Menggunakan email dengan nama formal dan lengkap sebagai bentuk kesopanan dan etika yang baik dalam mengirimkan email kepada seseroang, bahkan tidak hanya untuk melamar kerja, urusan bisnis juga harus demikian adanya.

  1. Perhatikan Nama domain email yang anda gunakan

Domain email adalah yang tertulis setelah “@” seperti gmail.com atau yahoo.com atau outlook.com dan lain sebagainya.

Secara umum email yang lumrah digunakan adalah yahoo dangmail. apabila anda sebelumnya pernah bekerja pada satu perusahaan lain dan ingin melamar kerja diperusahaan berbeda, maka pastikan anda tidak menggunakan email yang anda peroleh dari perusahaan sebelumnya agar tidak menyingung persahaan perekrut dari perusahaan baru.

Gunakan email baru dan berbeda namun tetap memperhatikan poin nomor satu diatas dalam hal email yang digunakan.

  1. Pastikan untuk menyertakan Berkas Lengkap Sesuai permintaan

Sangat penting dan jangan sampai anda lupa untuk mengirimkan semua berkas persyaratan dengan lengkap.seperti, data diri, CV, foto, serta portfolio Anda sesuai dengan yang diminta,  jika memang diminta oleh perusahaan. Jangan lupa juga memberikan judul berkas dengan nama Anda agar perekrut lebih mudah membacanya.

  1. Jangan Lupa menggunakan Subyek E-mail Jelas

Sebelum mengirimkan e-mail anda maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memberikan subyek e-mail yang jelas dan sesuai format yang diminta. Karena banyaknya e-mail dari para pelamar lain yang ke akun e-mail perekrut, e-mail Anda mungkin saja bisa masuk ke folder spam atau tidak terbaca karena tidak sesuai dengan format.

  1. Tuliskan Kalimat Pengantar dengan baik dan sopan

Hal terakhir yang harus anda perhatikan sebelum mengirim -email adalah memberikan kata pengantar dengan sapaan dan tujuan yang jelas sesuai dengan isi lowongan yang anda dapatkan.

Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pelamar yang mengirimkan lamaran pekerjaan lewat e-mail adalah isi e-mail yang kosong tanpa ada kata pengantar dan keterangan, melainkan hanya mengirim file saja.

Hal itu otomatis membuat CV Anda tersingkirkan dari pelamar lainnya karena dianggap tidak sopan dan kurang profesional dalam mengirimkan surat lamaran via e-mail.

Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menulis kalimat pengantar yang singkat dan jelas di dalam badan e-mail. Jangan Lupa untuk menuliskan tujuan Anda mengirimkan CV serta permohonan Anda untuk melamar di perusahaan tersebut dengan posisi yang diminati.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah 7 Hal Penting Dalam Menulis CV Lamaran Kerja

Itulah lima hal penting yang harus diperhatikan tentang cara mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email agar besarkemungkinan berkas lamaran anda diterima dan akhirnya juga bisa keterima untuk bergabung diperusahaan yang anda tuju, semoga berhasil dan jangan lupa banyak momohon pada yang maha Memberikan Kemudahan Urusan agar jalan anda mencari kerja lebih mudah dan apabila sudah diterima jangan sia-siakan kesempatan yang telah anda dapatkan, bekerjalah dengan sepenuh hati karena hasil anda akan sesuai dengan apa yang anda usahakan.

loading...