Tips Investasi Bagi Pemula

Tips Investasi Bagi Pemula
Tips Investasi Bagi Pemula – Ilustrasi

Bisnis Investasi kini tengah menjadi hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Beragam macam investasi seperti reksadana, obligasi, deposito, emas hingga saham menjadi populer dikalangan publik. Bagi yang telah lama berinvestasi tentu telah memahami berbagai hal terkait investasi yang akan dilakukan. Tetapi, bagi para pemula tentu membutuhkan beberapa Tips Investasi, karena mungkin mereka akan menemukan beberapa kesulitan untuk memilih investasi yang menjanjikan.

Bisnis Investasi apapun itu bentuknya tidak boleh dijalankan dengan ogah – ogahan apalagi hanya sebatas mencoba saja, karena investasi merupakan bisnis yang bergengsi maka dari itu diperlukan keseriusan dan ketelitian serta strategi yang matang dalam menjalani bisnis investasi agar bisa meraih keuntungan besar di masa mendatang.

Berikut ini ada 5 Tips investasi bagi pemula yang perlu disimak, untuk menambah pengetahuan bagi Anda yang ingin berinvestasi.

1. Tentukan tujuan investasi

Tips pertama adalah menentukan tujuan Anda berinvestasi. Sebelum terjun, tentukan dulu target invertasi dan seberapa besar dana yang ingin Anda taruh. Tentunya, lihat dan pertimbangkan penghasilan yang Anda dapatkan.

 

2. Memahami resiko investasi

Tips Investasi bagi pemula yang kedua adalah pahami atau mengerti resiko dari investasi yang Anda lakukan. Ingat, bahwa dalam berinvestasi semakin tinggi potensi memperoleh keuntungan, maka semakin tinggi pula resikonya. Dalam setiap investasi tentunya memiliki resiko yang berbeda-beda. Seperti investasi uang di bank, bentuk uang tunai yang Anda investasikan di bank juga mengandung resiko, apabila bunga bank lebih rendah dari inflasi. Dalam berinvestasi saham dan obligasi pun demikian.

 

3. Diversifikasi

Tips yang ketiga dari investasi adalah Diversifikasi artinya seorang invertor harus menyebarkan resiko investasi yang telah mereka lakukan. Seorang investor harus menyebarkan investasi ke lebih dari satu saham atau bisa juga dalam bentuk deposito atau tabungan. Dengan demikian resiko yang ditanggung lebih rendah.

Baca Juga: 10 Tips beli properti Untuk Investasi Berdasarkan Lokasi

4. Kenali semua biaya

Tips investasi bagi pemula selanjutnya adalah perhatikan biaya pengelolaan dalam invertasi tersebut. karena dalam berinvestasi, tentu aka nada biaya-biaya pengelolaan yang akan memotong uang Anda. Sehingga Anda perlu mengenali semua biaya-biayanya.

 

5. Amati perkembangan

Tips investasi terakhir yaitu memonitoring perkembangan investasi secara teratur. Tindakan memonitoring ini bertujuan untuk memutuskan langkah atau tindakan yang akan dilakukan untuk penyesuaian terkait dengan investasi. Minimal Anda harus mengecek 2 – 3 kali dalam sebulan.

Baca Juga: 10 Keuntungan Investasi Emas Logam Mulia

Itulah lima Tips Investasi bagi pemula yang bisa dicermati sebelum Anda melakukan investasi, Semoga bermanfaat.