Makanan Tepat Saat Masa Menstruasi
Ilustrasi Wanita Menstruasi/kompas

Lebahmaster.com – Bagi semua wanita menstruasi sudah bukan hal asing lagi, karena memang setiap wanita yang sehat pasti akan merasakan yang namanya proses menstruasi yang juga merupakan salah satu tanda bahwa wanita sudah beranjak dewasa.

 

Namun dikala masa menstruasi, ada bebrapa keluhan yang terkadang membuat para wanita menjadi sangat merasa sakit karena tak mampu menahan, diantara keluhan saat masa haid sakit adalah seperti adanya Kram pada perut, nafsu makan yang berlebihan bahkan terkadang ada rasa nyeri otot.

 

Bagi yang baru saja menjalani proses masa menstruasi mungkin akan sangat aneh dan sakit sekali, tapi kamu jagan kawatir, karena kali ini lebahmaster akan berbagai beberapa tips cara mengatasi keluhan saat dalam masa haid.

 

Apa saja yang perlu kamu lakukan agar masa menstruasi bisa terasa nyaman dan tidak membuat kamu harus merasakan sakit yang membuat lelah, dibawah ini ada beberapa tips dalam menyiasati makan ketika masa haid tiba, berikut Ulasannya:

1). Membuat Jadwal Makan yang teratur
Saat sedang dalam masa menstruasi, para wanita sangat dianjuran untuk membuat jadwal makan yang teratur, makanlah tiga kali sehari dengan porsi ang lebih sedikit setiap kali makan.

“Ini akan membantu mengurangi nafsu makan berlebih Anda dan meringankan kram serta mual yang mungkin terjadi menyertai menstruasi,” kata Jaclyn London, M.S., R.D., yang merupakan seorang ahli gizi senior di Rumah Sakit Mount Sinai di New York.

 

2). Konsumsi Makanan yang rendah protein dan lemak
Berusahalah untuk mengkonsumsi makanan yang rendah protein dan lemak, karena hal ini akan membantu gula darah kamu tetap stabil. Gula darah yang stabil akan membantu mengimbangi keinginan makan kamu.

Ketika nafsu ngemil tiba dan begitu mengebu-gebu, usahakan untuk ngemil buah pir dengan satu sendok makan mentega almond, atau sebuah apel dengan sepotong keju.

 

3). Minum Minuman Kafein
Ketahuilah bahwa Kafein dapat membantu meringankan rasa lesu yang biasa terjadi saat seorang wanita sedang dalam masa haid. Kamu bisa Memulai hari dengan secangkir kopi pahit, juga merupakan cara yang baik untuk meringankan kram, kata London.

Selain itu, London juga merekomendasikan untuk minum 300 hingga 400 miligram kafein di pagi hari. Keuntungan lain yang akan kamu dapat dari kopi adalah, kandungan antioksidannya yang berguna untuk mengurangi efek radikal bebas di tubuh.

 

4). Cukupi Asupan Zat besi
Saat Menstruasi kamu dalam proses mengeluarkan darah hal tersebut berarti kehilangan zat besi.

“Saya sering mendengar wanita mengeluh, mereka jadi seperti ngidam makan makanan yang mengandung daging merah seperti hamburger, saat sedang menstruasi. Itu karena daging merah adalah salah satu sumber zat besi. Perasaan ngidam Anda terjadi, karena mungkin kamu kekurangan zat gizi yang satu itu,” jelas London.

Untuk Memenuhi zat besi, kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti daging organik tanpa lemak, aprikot, bit hijau, telur, jagung dan kangkung.

 

5). Cara Menghindari Kembung
Tingkat kekembungan saat sedang masa menstruasi, ada hubungannya dengan apa yang telah kamu makan dan minum. Terutama selama sedang dalam periode menstruasi, artinya kamu harus lebih sering makan dan minum namun dengan cerdas.

“Tidak ada minuman manis sepanjang hari, tidak ada minuman berkarbonasi, karena keduanya akan membuat kamu semakin kembung,” ujar London.

“Asup makanan rendah garam karena garam bersifat menahan cairan yang juga membuat kamu tambah kembung dan terlihat lebih gemuk.”

Itulah Lima Tips yang bisa kamu lakukan ladies, untuk menghilangkan rasa sakit ketika sedang dalam masa menstruasi yaitu dalam mengatur strategi makan yang baik dan tepat.

loading...