Tips Agar Tidak Ngantukan Sholat Taraweh

Tips Supaya Tidak Ngantuk Sholat Taraweh
Tips Supaya Tidak Ngantuk Sholat Taraweh

Romadhon sudah berjalan beberapa hari, tentunya sebagai muslim yang taat kita kudu melaksanakan amalan sunnah di bulan romadhon salah satunya ialah sholat Taraweh, nah biasanya taraweh pas di awal bulan puasa masih semangat – semangatnya, namun, selang beberapa hari berlalu semangat itu mulai berkurang pada sebagian orang entah apa sebabnya hanya yang bersangkautan dan Allah yang tahu.

Bagi yang tetap rajin melaksanakan sholat sunnah taraweh ada satu musuh yang sering sekali menyerang ketika seseorang sedang melaksanakan sholat taraweh sehingga sering membuat orang keliatan malas untuk bangkit beridiri, musuh tersebut ialah NGANTUK !!!

Diserang ngantuk pas sholat taraweh sangat membuat seseorang merasa tidak nyaman sekali, karena harus berusaha menahan mata dari terpejam dengan sendirinya, disamping itu keikhlasan dan khusupun mulai berkurang.

Ada beberapa tips agar rasa ngantuk bisa teratasi dengan mudah saat sholat taraweh, diantaranya :

1. Saat berbuka Puasa jangan makan berlebihan
Saat berbuka puasa seringkali karena sudah menahan diri seharian dari makan dan minum sebagain orang balas dendam dengan menyantap semua hidangan ketika berbuka, akibatnya perut kekenyangan dan pada akhirnya menjadi penyebab ngantuk sebelum Sholat isya Tiba. Untuk itu berbukalah sekedarnya saja, minum segelas air putih dan manis tambah makanan ringan seperti 3 biji kurma. Kemudian lanjutkan dengan sholat magrib setelah itu makan malam sekedanya juga jangan sampai terlalu kekenyangan.

2. Istirahat siang manfaatkan dengan Sebaik mungkin.
Saat istirahat siang usahakan dimanfaatin dengan sebaik mungkin, gunakan untuk tidur siang secukupnya dan jangan terlalu memaksakan diri untuk berkerja jika memang sudah waktunya istirahat terkhusus di bulan puasa.

3. Jangan Tidur sampai larut Malam
Malam hari usahakan tidur lebih awal, jangan bergadang kalau memang tidak ada dikejar tugas mendesak, tidur lebih awal akan membuat badan kita senantiasa segar sampai pada sore hari sehingga tetap semangat sholat taraweh.

4. Niatin Dengan Iklas untuk mendapatkan Ridho Allah
Kalau niatnya ikhlas sholat taraweh karena Allah, pasti gak kerasa dan gak bakalan mikir yang macam – macam lagi dah.

5. Kalau ngantuk datang ditengah sholat, berwudhu aja langsung disela – sela istirahat menuju rokaat selanjutnya.

6. Jadikan Bulan Romadhon sebagai moment untuk berlatih menjadi lebih baik lagi ibadahnya dengan begitu, akan menjadi kebiasaan yang bisa dinikmati setiap kali melakukannya.

Demikian beberapa tips sederhana supaya ketika sholat taraweh tidak ngantukan dan tetap semngat sampai selesai rakaat terakhir sholat taraweh. Semoga amal ibadahnya sobat lebah Master Semua selama bulan puasa ini diterima Allah Ta’ala ya. Aamiin…

loading...