Energi Indonesia Pada Sektor Minyak Dan Gas

Energi Indonesia Minyak dan Gas
Indusrti Minyak dan gas adalah sebuah Industri global yang dimana industri ini sangat berpengaruh atas maju atau tidaknya teknologi, pendidikan, dan ekonomi Negara tersebut.

Minyak dan Gas – Apabila sedang hangatnya isu-isu pemerintah menaikkan harga BBM pasti akan heboh, dikarenakan indonesia importir yang harus mengikuti harga minyak dunia oleh karena itu alangkah baiknya Jika kita melihat sejarah perkembangan perminyakan di Indonesia kita harus mengetahui berapa banyak Produksi minyak Indonesia dan serta apa yang mengakibatkan Indonesia menjadi Net Importir pada saat masa sekarang.

Dimulai pada tahun 1976-2000 yang Merupakan masa keemasan bagi Indonesia, karena Indonesia berhasil memproduksi minyak mentah di atas 1 juta barel per day (BPD).bahkan di tahun 1977 Indonesia berhasil dengan pencapaian tertinggi yaitu dengan produksi 1,68 juta barel (BPD), Karena Pencapaian tersebut Indonesia pernah menjadi Negara produsen Minyak Mentah dan Negara yang diperhitungkan karena masuk Organisasi Produsen Minyak Mentah yaitu OPEC. Namun pencapaian tersebut menurun seiring dengan berjalanya waktu yaitu diawali pada tahun 2003 sampai saat ini. karena minyak termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, Pertumbuhan jumlah penduduk serta pertumbuhan aktivitas perekonomian dan didukung majunya transportasi Indonesia ditambah tidak adanya pengawasan dalam kepemilikan motor di Indonesia membuat Konsumsi BBM semakin lama semakin meningkat sehingga kondis ini bertolak belakang dengan kinerja produksi dan konsumsi minyak.yang pada akhirnya membuat Indonesia Mengalami defisit minyak. Defisit tersebut mengakibatkan Indonesia harus Impor Minyak baik Minyak Mentah maupun Minyak Olahan (Bensin, Solar, Kerosin dan Gas). Sehingga membuat Indonesia harus keluar dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi pada mei 2008.

Dilihat dengan produksi minyak Indonesia sekarang Indonesia hanya dapat memproduksi minyak yaitu tujuh ratus BPD. Sedangkan kuota yang harus dipenuhi untuk kebutuhan Itu.

Indusrti Migas adalah sebuah Industri global yang dimana industri ini sangat berpengaruh atas maju atau tidaknya teknologi, pendidikan, dan ekonomi Negara tersebut. Saat ini Indonesia berada dalam kidung keterbatasan energi nasional sehingga mau tidak mau kita telah mengimpor minyak.dengan Negara pengimpor minyak nomor 1 di ASEAN menjadikan Indonesia lahan subur untuk industry migas, karena kebutuhan BBM di Indonesia perhari yaitu 1,6 juta barel dan untuk crude oil 1,8 juta barel.

Produksi minyak di Indonesia hanya enam ratus ribu barel perhari. Pemerintah harus meningkatkan poduksi minyak Indonesia yaitu dengan mengeksplorasi minyak sebanyak-banyaknya, karena dengan hanya memanfaatkan sumur-sumur lama itu tidak akan bertahan lama, sumur-sumur tersebut hanya akan dapat bertahan selama 10 tahun saja pembangunan kilang-kilang dan juga memperbaiki kilang-kilang lama untuk meningkatkan produksi BBM, sehingga Indonesia dapat berdiri di kemandirian energy minyak dan gas juga dapat mengekspor minyak, serta dapat bergabung kembali dengan organisasi OPEC selain itu juga menghilangkan ketergantungan impor produk minyak maupun minyak mentah ataupun olahan.

Ditulis dan dikirim Oleh : Siti Mariatul Haptiah – Padang

Baca Juga:

3 Tips Bangkit Dari Bangkrut Usaha Menuju Sukses Ala James Riady

loading...