Faktor – faktor Penentu anda Mampu bertahan Atau tidak di Tempat Kerja

Dunia Kerja Di Tempat Kerja
Tempat Kerja – bagi mereka yang baru saja memasuki dunia kerja tentunya akan banyak sekali hal baru yang membuat dirinya merasa tak nyaman dan penuh kejutan dalam menjalani dunia kerjanya tersebut, ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi seseorang bisa bertahan lama dan merasa nyaman di tempat dimana ia bekerja, dimana jika factor – factor tersebut tak bisa ia kuasai maka akan menjadi tekanan batin bagi dirinya dan justru akan membuatnya merasa asing yang akhirnya memaksa untuk segera resign walau baru bekerja ditempat itu.

 

Penting sekali bagi anda yang mungkin baru lulus kerja atau belum memiliki pengalaman di dunia kerja sebagai karyawan dan lainnya untuk memahami apa saja yang menjadi penentu kenyaman dan ketahanan mental anda di dunia kerja, diantara factor yang sangat berpengaruh pada seseorang di tempat kerja sebagaimana dilansir pada laman Jobstreet ialah sebagai berikut :

 

1. Mengenali Karakter rekan Kerja
Tidak bisa dihindari lagi bahwasanya karakter setiap orang berbeda – beda, dalam dunia kerja anda akan menemukan banyak karakter yang sebelumnya anda tidak pernah temukan, mungkin ada yang memiliki karakter ambisius, ada yang menghalalkan segala cara demi meningkatkan karirnya, ada karakter orang yang bermuka dua, ada orang licik, ada juga yang diam tapi penuh aksi nyata. Dari sekian karakter yang berbeda mau tidak mau anda harus menghadapinya dengan penuh kesabaran kebijakan, anda harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi seperti itu dengan mencari mereka yang memiliki karakter yang sama dengan anda.

 
Hal yang sangat penting untuk anda tanamkan dalam kepribadian anda dalam menghadapi karakter rekan kerja yang berbeda – beda tersebut adalah Mental yang kuat dan kepribadian baik. Jika mental dan kepribadian anda tidak kuat dengan perbedaan yang ada maka lambat laun anda akan tereliminasi dari tempat kerja. Kenali karakter dan jadilah netral yang positif, yang memaksa anda berbuat curang dan licik berusahalah untuk menjauh agar anda terus berada dalam jalur yang benar.

 

2. Mengusai Skill atau keahlian Kerja
Kesuksesan seseorang dalam dunia kerja tidak terlepas dari keahlian yang ia miliki, begitu juga pekerjaan yang akan ia dapatkan, semakin banyak skill atau keahlian yang dimiliki maka akan semakin banyak dan mudah dalam mendapatkan pekerjaan, tak sedikit orang yang banyak mendapatkan penawaran kerja walau ia tidak mencari karena ia memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh pemilik perusahaan.

 

Sering juga seorang yang masih berstatus Mahasiswa sebelum lulus ada banyak perusahaan yang mengharapkan ia ketika lulus bekerja di perusahaan yang ia miliki karena melihat banyak skill dan keahlian yang dimiliki oleh orang tersebut.

 

Oleh sebab itu jika anda ingin mendapatkan kedudukan atau ingin mendapatkan posisi tertentu yang lebih baik jangan menghalangi diri anda untuk banyak memperdalam keahlian yang bisa anda pelajari, tingkatkan skill anda, seperti keahlian mengoperasikan Komputer , keahlian desain grafis, skill marketing, dan keahlian lainnya. Tidak ada kata terlambat untuk belajar banyak hal yang bisa membuat anda menjadi seorang yang ahli selama ada kemauan yang kuat anda pasti bisa menguasai keahlian tertentu yang membuat anda menjadi istimewa di tempat kerja.

 

Sering karena tidak punya keahlian seseorang dipandang sebelah mata dan diremehkan di tempat kerja, gajinya juga di bawah orang lain dan biasanya karena memang tak memiliki keahlian ia justru ditempatkan pada posisi yang hanya mengandalkan otot tapi gajinya jauh lebih kecil.

 
3. Kuasai Lingkungan Kerja Anda lebih cepat
Mengusai lingkungan kerja bukan berarti anda harus menjadi petinggi atau orang yang paling ditakuti ditempat kerja sehingga anda seenaknya berbuat apa saja. Mengusai lingkungan kerja dimaksudkan ialah anda cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja, cepat memahami prosedur kerja, cepat dekat atau akrab dengan pekerja lain. Jika anda tidak cepat memhami system kerja dan sulit akra atau malah tidak dekat sama atasan justru anda akan kebingungan dang merasa tertekan bekerja di tempat kerja anda. Itu sebanya jangan sampai menunggu waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja agar anda cepat memahami apa saja yang harus dan tidak anda lakukan di tempat kerja. Banyak bertanya kepada senior dan tetaplah bersikap dengan baik dan menyenangkan orang lain.

 

Baca Juga : 4 Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Walau Belum Lulus Kuliah

 

Itulah 3 faktor yang sangat berpengaruh terhadap kenyaman dan penentu anda akan bisa bertahan atau tidak di tempat kerja yang anda pilih. Semoga anda bisa mempersiapkan diri lebih baik sebelum memasuki dunia kerja.

loading...