Rizki Rahmadianti
Foto Rizki Rahmadianti/Internet

Lebahmaster.com – Menjadi seorang Ibu Rumah Tangga pada era sekarang memang tidak hanya memiliki tugas mengurus keperluan rumah tapi juga bisa membantu keperluan rumah dengan melakukan aktivitas yang dapat menghasilkan uang, tanpa lupa tugas tetap mengurus keluarga.

 

Salah satu contoh Rizki Rahmadianti, bisa dibilang sebagai salah satu dari Ibu Rumah Tangga yang tidak hanya mampu mengurus keluarganya tapi juga bisa menambah pemasukan tanpa lupa tugas utamanya. Entrepreneur perempuan yang tinggal di Surabaya ini sudah berhasil menjalankan bisnis onlinenya bahkan hingga memiliki tiga dalam satu waktu tanpa melupakan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga.

 

Pastilah banyak muncul pertanyaan darimana Rizki Rahmadianti dapat melakukan itu semua. Berproses selama 5 tahun bukanlah waktu yang singkat hingga dapat membuat bisnis onlinenya kini semakin sukses. Apa rahasianya agar dapat sukses seperti Rizki Rahmadianti? Berikut ini merupakan tips-tips yang cocok untuk ibu rumah tangga jika ingin memulai sebuah bisnis online.

 

  1. Jangan Pernah Menyerag

Pertama kali mengembangkan bisnisnya, Rizki Rahmadianti tidaklah secara langsung memasarkan produk-produk jilbabnya langsung secara online. Dia lebih memilih menggunakan cara door to door alias langsung berteu dengan para konsumennya secara offline. Memang bisa dibilang untuk awalan cukup berat apalagi bagi seorang ibu rumah tangga.

 

Tapi ia tidak begitu saja menyerah dan terus berusaha untuk memasarkan produk-produknya. Awalnya tidak menyangka ternyata proses itulah yang membuat Rizki mulai melirik peluang dari bisnis online dan mulai belajar mengenai internet marketing.

 

  1. Pastikan Keamanan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Mulai belajar dari beberapa pengalaman yang pernah dialami oleh Rizki, pada waktu itu ia pernah mengalami masalah HAKI terkait beberapa brand dagang yang ada. Ia mulai mengembangkan bisnis onlinenya menggunakan nama Rumah Jilbab Ananda, harus menerima kenyataan yang ada kalau nama tersebut ternyata sudah dipaten oleh orang lain.

 

Karena masalah itu Rizki akhirnya mengambil keputusan untuk mengganti nama brandnya dari Rumah Jilbab Ananda dengan nama lain. Sudah jelas efeknya dia harus memulai dari nol lagi semua yang ada. Oleh sebab itu Rizki menyarankan untuk memperhatikan HAKI agar tidak terjadi masalah kedepannya dan akan lebih baik menggunakan nama brand yang benar-benar unik. Ini untuk mengantisipasi kedepannya jika sudah berkembang besar dan ingin dipatenkan.

 

  1. Besar Tidak Selalu Berarti Lebih Baik

Dalam melaukan sebuah bisnis, Rizki pernah merasa kalau sebuah kuantitas atau jumlah pada suatu bisnis akan selalu memberika dampak yang positif. Pada kenyataan yang ada semua itu tidak selalu benar, ini terjadi sekitar tahun 2009 dan pada waktu itu Rizki memiliki jumlah penjahit 100 orang yang mayoritas adalah seorang ibu rumah tangga. Pekerjaan mereka dilakukan dengan take home.

 

Masalahpun timbul, Rizki harus menghandle 100 penjahit tersebut yang perkerjaannya tidak dapat secara konsisten. Bahkan beberapa dari penjahit tersebut menambah masalah dengan susahnya koordinasi dan kualitas jahitan yang buruk.

 

Dari masalah tersebut akhirnya mebuat jumlah penjahitnya menjadi 15 orang tetapi memiliki skill yang terlatih dan dapat dipercaya. Ia mengaku setelah melakukan hal tersebut terjadi lebih produktif dari sebelumnya yang memiliki 100 penjahit.

 

  1. Melakukan Perluasan Usaha

Ketika bisnis Jilbab yang dijalankan sudah semakin berkembang, Rizki pada waktu itu berfikir untuk melakukan perluasan usahanya. Apalagi melihat kemampuan penjahit yang ada juga sangat baik, akhirnya muncul untuk membuka sebuah usaha baru yaitu rumah produksi jahit.

 

Pada akhirnya Rizki Rahmadianti memilih menggunakan brand Rira Clothing. Unit produksi ini melayani mereka yang ingin jahitan dari brand lain atau jahitan khusus.

 

Sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk ibu rumah tangga yang ingin menambah pendapatan keluarga dengan menjalankan usaha bisnis online dari rumah.