Tips Aman dan Nyaman Membawa DSLR Saat Traveling

Traveling menjadi salah satu hobi yang kian digandrungi selama beberapa tahun terakhir ini. Pasti senang sekali kalau kita bisa mengunjungi tempat-tempat menarik untuk melepas penat. Untuk mengabadikan momen-momen berharga, jangan lupa menyiapkan kamera DSLR. Maka kita akan mendapatkan koleksi foto traveling yang istimewa.

Lihat Juga: Tempat Wisata Terpopuler di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2017

Namun kita mesti lebih cermat bila nanti membawa DSLR saat traveling. Ikuti beberapa tips ini agar DSLR kesayangan tetap aman dan berfungsi dengan baik :

Memilih Lensa yang Tepat

Bagian lensa DSLR bebas diatur sesuai kebutuhan. Tetapi sebaiknya kita tidak membawa semua lensa yang kita miliki supaya tidak merepotkan. Cobalah untuk memilih lensa dengan teliti sebelum pergi traveling. Agar lensa yang kita bawa cocok dengan kondisi tempat traveling dan mampu menghasilkan foto-foto berkualitas.

Selalu Menggunakan Casing Berkualitas

Casing berkualitas sangat penting untuk melindungi DSLR. Pilihlah casing yang dapat membuat DSLR jadi tahan benturan, goresan, dan cipratan air. Saat ini ada banyak sekali produk casing berkualitas yang bobotnya tidak terlalu berat dan bahannya nyaman digenggam.

Membersihkan DSLR Sebelum Tidur

Aktivitas seru selama traveling biasanya kerap membuat kita lupa membersihkan DSLR. Padahal kotoran yang menumpuk justru berpotensi merusak DSLR. Untuk mencegah hal ini, sempatkan waktu untuk membersihkan DSLR sebelum tidur. Siapkan perlengkapan khusus untuk membersihkan DSLR dan lensanya berupa kuas, lap bertekstur lembut, dan berbagai perlengkapan lain. Maka kita tak akan direpotkan oleh DSLR yang rusak atau kualitas hasil foto yang menurun.

Meletakkan Kamera di Tempat yang Aman

Meletakkan DSLR secara sembarangan tentu bisa membuat DSLR tersebut rentan jatuh atau rusak. Usahakan untuk selalu meletakkan DSLR di tempat yang datar dan tidak terkena air. Meletakkan DSLR di bebatuan, tanah, atau pinggir meja adalah tindakan yang sangat ceroboh. Jangan pernah melakukan hal ini supaya DSLR kita tetap aman dan berfungsi dengan optimal.

Selain menyiapkan DSLR canggih, jangan lupa pula dengan asuransi perjalanan (travel insurance) untuk mendukung perjalanan kita. Karena travel insurance tidak hanya melindungi keselamatan diri kita, tetapi juga akan memberikan proteksi bagi barang-barang bawaan kita. Brand travel insurance terkenal pasti memberikan proteksi menyeluruh dengan premi yang terjangkau. Perjalanan yang aman dan nyaman tentu membuat kita senantiasa ingin kembali menikmati suasana traveling yang menakjubkan.