Tips Mengelola Keuangan Setelah Menikah
Tips Mengelola Keuangan Setelah Menikah agar Hidup lebih makmur – Ilustration

Tips mengelola keuangan – Percayakah Anda, jika menikah dapat membuat hidupmu lebih bahagia. Bukan hanya karena bahagia bersama pasangan, namun juga bahagia karna makmur secara materi. Buktinya beban pajak yang ditanggung pasangan yang telah menikah lebih kecil jika dibandingkan dengan mereka yang masih sendiri. Itu hanya salah satu contohnya, yang membuktikan bahwa menikah justru membuat hidup Anda dan pasangan lebih makmur.

Baca Juga: 9 Cara Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

Nah, jika Anda dan pasangan ingin lebih makmur lagi, khususnya dalam hal finansial. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan bersama pasangan untuk mengelola keuangan rumah tangga Anda. Yuk, simak tips mengelola keuangan berikut ini!

1. Diskusi Prioritas Finansial
Tips mengelola keuangan pertama – Setelah menikah, maka segala sesuatu adalah urusan Anda dan pasangan. Bukan lagi menjadi urusan masing-masing. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu berdiskusi bersama pasangan Anda mengenai apa yang harus diutamakan dan mana yang perlu ditunda, termasuk dalam hal finansial. Diskusikan bersama pasangan kebutuhan-kebutuhan apa yang perlu diprioritaskan.

2. Tunjuklah Menteri Keuangan Keluarga
Buatlah kesepakatan bersama pasangan, siapa yang akan menjadi menteri keuangan dalam keluarga, apakah Anda atau pasangan Anda. Peran menteri keuangan dalam keluarga yaitu mengatur keluar masuknya uang untuk kebutuhan keluarga. Sehingga pemasukkan dan pengeluaran Anda dapat terkontrol dengan baik.

3. Besaran Pengeluaran Living Cost
Diskusikan dengan pasangan untuk menentukan batas pengeluaran atau living cost dalam sebulan. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya pemborosan untuk hal-hal yang kurang penting.

4. Batas Atas Pengeluaran
Kalian juga perlu menetapkan batas maksimum pengeluaran setiap bulannya. Artinya, pengeluaran dalam satu bulan tidak boleh melebihi batas maksimum yang telah kalian tetapkan. Apabila suatu ketika, terjadi pengeluaran yang melewati batas atas, maka perlu melakukan evaluasi keuangan kembali.

5. Pos Tabungan sebagai Pengeluaran Wajib
Jadikan tabungan sebagai pengeluaran yang wajib. Jadi, ketika kalian mendapatkan gaji per bulan, jangan lupa potong sebagian gaji untuk ditabungkan. Usahakan menabung langsung setelah mendapatkan gaji, sehingga uang tidak terpotong untuk kebutuhan yang lain.

6. Catat Transaksi Pengeluaran dan Pemasukan
Mencatat setiap pemasukkan maupun pengeluran adalah hal yang wajib kalian lakukan, bahkan pengeluaran sekecil apapun. Meskipun terkesan sepele, namun hal ini untuk memantau penggunaan keuangan yang telah kalian lakukan. Agar lebih simpel, Anda dapat memanfaatkan transaksi melalui kartu kredit atau debit. Print setiap bulan, untuk mengetahui transakasi yang telah dilakukan.

7. Kelola Asset
Setelah Anda menikah, artinya asset yang ada adalah milik Anda dan pasangan. Sebaiknya, mulailah berdiskusi bagaimana memonetisasi asset yang kalian miliki agar mendapatkan penghasilan tambahan. Sebagai contoh, menyewakan rumah dan kendaraan dan ikut berinvestasi pada perusahaan finansial yang aman dan tepercaya.

8. Asuransi atau Dana Darurat
Pikirkan juga untuk mengalokasikan dana Anda untuk asuransi, baik asuransi kesehatan ataupun pendidikan untuk anak kalian. Hal ini untuk menjamin apabila terjadi hal-hal yang darurat yang tidak diinginkan.

9. Ubah Perencanaan Keuangan
Apabila perencanaan keuangan yang telah kalian buat tidak sesuai dengan keadaan, maka Anda dapat merevisinya dan menyesuaikan dengan keadaan sekarang.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Penghasilan Minim

Itulah 9 Tips mengelola keuangan yang dapat Anda dan pasangan lakukan, agar kehidupan rumah tangga kalian lebih bahagia, khususnya bahagia dalam hal finansial.

loading...