10 Jenis Bisnis Sampingan bagi Mahasiswa

3013

Bisnis Sampingan Bagi Mahasiwa Untuk Menambah Uang Saku

Bisnis Sampingan Mahasiwa
Bisnis sampingan Bagi mahasiswa sebenarnya dimasa sekarang sudah bukan hal yang asing lagi di kalangan para pelajar, terutama bagi mereka yang juga sekolah atau kulyahnya jauh dari kota asalnya.

Memiliki bisnis sampingan bagi mahasiswa merupakan hal yang sangat membantu sekali untuk menambah tebal uang saku harian. Terlebih jika keinginan untuk bisa membeli barang – barang lucu di mall, bagi mahasiswai yang juga suka mengoleksi aksesoris tentunya jika hanya mengandalkan bantuan dana dari yayasan ayah bunda akan tidak cukup sekali ya, disamping itu kasian juga orang tua harus peras keringat terus sementara usianya sudah sangat memprihatinkan sekali.

Akan lebih penting juga memiliki bisnis sampingan kalau kamu sebagai mahasiswa yang suka pacaran, masa kamu mau membiayai pacar kamu dengan uang hasil kiriman orang tua dari rumah, itukan bisa bikin kamu jadi anak durhaka yang menyalah gunakan amanah orang tua. Kalau jadi cewek sih bagusnya jangan mau di pacari sama cowok yang membiayai pacaran dengan kamu dari hasil kiriman orang tuanya, lebih baik kamu pacari aja orang tuanya dari pada anaknya yang kere, hehe.

Bukan hal yang sulit sekarang untuk mendapatkan uang saku tambahan dengan menjalankan bisnis sampingan bagi mahasiswa,terlebih bagi kamu yang punya handphone keren seperti Smartphone dan Blackberry akan sangat memantu sekali. Mungkin kamu mau tapi belum tahu apa bisnis yang bisa dijalankan, nah beriku kami kan berikan sedikit tipsnya

Berikut ini beberapa alternatif pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu coba jalankan disela kesibukan kulyah:

1.Menjadi reseller atau Dropshipper
Berdagang jangan dianggap remeh sebagai sarana untuk menambah uang saku kamu, banyak sekali para jutawan bahkan milyader yang sukses karena jualan, dalam hal ini menjadi reseller atau dripshipper. Cara ini kamu tidak perlu memiliki stok barang sendiri, melainkan kamu bisa menjadi penjual barang orang lain lalu mengambil keuntungan dari harga yang kamu tentunkan diatas harga yang diberikan oleh supplier kamu itu. Disini kamu bisa memnafaat kan handphone kmau sebagai mesih penghasil uang. Pelajari cara menjadi reseller dan drpopshipper di internet sudah sadah banyak yang berbagi cara menjalankan bisnis sampingan ini.

2. Jual beli barang bekas
Kalau kamu punya barang – bekas yang masih berfungsi dengan baik dan layak di gunakan tapi kamu sudah tidak memerlukannya lagi, kamu bisa menjualnya di situs jual beli seperti : olx, berniaga dll. kamu juga bisa membeli hp bekas dll secara ofline di tempat kamu kemudia di jual kembali dengan harga diatas harga beli.

3. Jual foto di internet
Kamu yang hobi foto atau gambar, nggak ada salahnya menjual hasil karyamu di internet. Ada banyak situs yang bisa memfasilitasi, kok. Misalnya saja PhotoShelter, Shutterstock, Dreamstime, dan 123RF.

4. Nge-Blog
Kamu suka dunia tulis menulis, manfaatkan dengan membuat sebuah blog yang bisa kamu isi dengan dengan berbagai tulisan karya kamu atau melakukan CopyWriting, dengan begitu kalau blog kamu banyak di kunjungi kamu bisa meraup uang dari situ dengan mengikuti program “ penyedia papan Iklan Online” orang bisa kamu tawarin buat memasang iklan di blog kamu dengan bayaran tertentu. Atau bisa mengikuti program pay Per Clik lainnya di internet sangat banyak sekali penyedia bisnis yang bisa mengantarkan kamu untuk mendapatkan uang dari blog. Kamu tentunya kenal dengan sosok pemuda bernama Adrian fitra seorang yang berhasil menjadi Milyader melalui blog – blognya di internet bahkan mengantarkan dirinya sebagai sosok yang berperan penting sebagai tim sukses Presiden Amerika Barack Obama dan Juga Bapak Presiden Jokowi. Begitu juga dengan Seorang wanita Cantik Anne Ahira yang termasuk guru saya sendiri karena pernah belajar di komunitas beliau di Asian brain, berhasil menjadi wanita sukses meraup milyaran dollar dari blog yang ia kelola.

5. Menjadi penulis freelance
Lagi – lagi bagi kamu yang hobi menulis ini sangat menggiurkan sekali sebagai sarana penghasil uang besar, kamu menjadi penulis freelance. Biasanya sangat mudah sekali. Karena kamu hanya dengan menulis ulang sesuai bahasa kamu sendiri artikel – artikel yang ada di internet, untuk ini kamu akan dibayar per artikelnya sesuai jumlah kata yang kamu tulis. Banyak sekali orang yang sukses menjadi penulis freelance apalagi sekarang begitu banyak sekali para perusahaan dan juga pemilik website yang tidak sempat menulis artikel untuk dirinya sehingga mencari penulis lepas untuk dibayar menulis artikel untuk mereka. Kamu cukup mempromosikan diri sebagai penulis atau menarkan diri sebagai penulis artikel dengan tariff tertentu.

Kalau kamu hobi nulis, bisa juga part time dengan menjadi penulis freelance. Biasanya kamu tinggal re-write dari beberapa sumber artikel. Tarifmu dibayar per-tulisan.

6. membuka les private di kos kamu atau dating kerumah – rumah yang mencari guru les bagi anak2nya.

7. Menyewakan barang ( punya kamera, alat music dll. itu bisa kamu sewakan )

8. Jadi asisten dosen
Kalau kamu termasuk mahasiswa berprestasi, daripada mengisi masa perkuliahan dengan rutinitas kuliah, makan, tidur, kuliah lagi, mendingan kamu mendaftarkan diri jadi asisten dosen.

Pengalaman menjadi asdos ini akan melatih kepiawaianmu menghadapi orang lain dan juga bisa mempercantik portofoliomu saat sudah lulus nanti.

9. Jadi surveyor freelance
Kalau kamu suka bepergian dan bertemu banyak orang, coba saja jadi surveyor freelance. Biasanya organisasi nirlaba banyak membutuhkan tenaga surveyor untuk proyek mereka.

10. kamu juga bisa jadi Guide bagi para turis
Kalau kamu belajar di kota – kota besar seperti Jogja
Kamu bisa membuka jasa sebagai Guide bagi turis luar negeri maupun dalam negeri yang memerlukan pendamping sebagai penunjuk arah perjalanan mereka, namun, kamu juga harus membekali diri dengan pengetahuan seputar tempat wisata dan sejarah kota tersebut agar terkesan sebagai guide yang professional. Ini bisa kamu lakukan ketika libur kulyah dan waktu senggang lainnya.

Itulah 10 bisnis sampingan bagi mahasiswa yang mudah dijalankan namun sangat berpotensi untuk menambah uang saku agar kebutuhan yang kamu pengen miliki bisa terpenuhi tanpa menjadi penodong orag tua dirumah. Semoga bermanfaat ulasan seputar bisnis sampingan mahasiswa ini ya.

Baca :

14 Cara Menjadi Orang Sukses Di Usia Muda