10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

44109
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda
makanan Sehat Untuk Ibu hamil Muda

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan sehat untuk ibu hamil muda perlu untuk di perhatikan dengan benar oleh kaum wanita yang sedang dalam masa hamil, karena jika tidak di perhatikan jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda akan beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda bukanlah makanan yang asal instan dan yang penting enak saja, melainkan juga harus di ketahui dari segi gizi dan kandungan yang ada di dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil muda tersebut.

Ada banyak daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda yang telah di bahas oleh pakar kesehatan ibu hamil, namun kali ini kami akan berbagi beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda yang lebih pokok untuk di konsumsi.

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Berikut makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil muda yang bisa anda persiapkan semasa hamil :

Makanan Bersereal

Makanan sehat untuk ibu hamil muda ini adalah makanan yang mengandung sereal atau yang memang sudah di olah khusus menjadi makanan bersereal, sehingga dengan mengkonsumsi makanan sereal akan menghilangkan rasa mual anda ketika ingin makan, dan juga meningkatkan nafsu makan anda. Makanan Sereal mengandung aneka mineral, vit B, karbohidrat, dan kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan anda.

Daging Tanpa Lemak

Makanan sehat untuk ibu hamil muda kedua ini adalah dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak, daging tanpa lemak menjadi sumber protein yang tinggi bagi anda, namun jangan mengkonsumsi daging yang di panaskan dengan uap, dan ketika membeli daging usahakan daging segar dan sudah di pisahkan dari lemaknya. Daging ikan salmon bisa menjadi pilahan anda karena mengandung Omega -3 dan protein yang tinggi. Namun demikian batasi mengkonsumsinya hanya 12 ons saja dalam seminggu demi menghindari gejala merkury pada janin anda.

Mengkonsumsi Susu

Susu merupakan makan sehat untuk ibu hamil muda, kerana kandungan didalam susu bisa mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak serta membantu dalam pembentukan otot juga transportasi oksigen ke janin dalam kandungan. Susu yang baik untuk ibu hamil adalah susu kedelai karena bisa mencukupi kebutuhan akan Vitamin D yang baik untuk ibu hamil muda.

Kacang Kacangan

Makanan sehat untuk ibu hamil muda berupa kacang – kacangan sangat baik untuk janin wanita hamil muda, karena kacang di perlukan untuk membangun system saraf pada bayi dan juga di dalam kacang mengandung asal folat dan vitain B yang baik untuk menjaga kesehtan wanita hamil muda. Kacang yang disarankan adalah berupa kacang hijau dan sejenisnya.

Makanan berupa Ubi jalar

Makanan sehat untuk wanita hamil muda berupa ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Di dalam Ubi jalar sumber kandungan vitamin C, folat, dan serat. Ubi jalar sebenarnya seperti kacang hijau yang serba guna untuk kesehtan dan tentunya sangat baik untuk menjadi menu makanan sehat untuk ibu hamil muda, namun tetap dalam batasannya karena kelebihan vitamin A juga tidak baik.

Mengkonsumsi Telur

Makanan sehat untuk ibu hamil muda berupa telur di rekomendasikan berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward, dia pernah berkata “ bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana Anda mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya sekitar 90 kalori”.

Kandungan di dalam telur Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. “Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein,” jelas Ward lebih lanjut. “Plus, sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein sendiri.” Maka telur merupakan makanan sehat untuk wanita hamil muda.

Di dalam Telur juga terdapat kaya akan kolin, yang berfungsi untuk mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, telur juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Di dalam telur juga mengandung omega-3, yang berperan penting bagi otak dan pengembangan penglihatan kita manusia.

Buah – Buahan

Mengkonsumsi buah buahan segar juga merupakan daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda. Buah yang mengandung Vitamin C seperti jeruk segar untuk membantu memerangi infeksi pada janin dan Rahim dan kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi Air dan Vitamin

Ibu hamil muda disarankan sekali untuk banyak mengkonsumsi air putih yang sehat di campur dengan sari buah segar untuk menghilagkan rasa mual yang sering datang.

Mengkonsumsi vitamin juga penting untuk membantu kesehatan dimasa hamil muda, untuk vitamin anda perlu konsultasi kedoter agar di berikan saran vitamin yang cocok untuk masa kehamilan anda.

Mengkonsumsi Biji-bijian

Makanan sehat untuk ibu hamil muda seperti biji – bijian Popcorn atau gandum. Di dalam gandum mengandung serat dan nutrisi yang tinggi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien – tanaman senyawa yang melindungi sel-sel anda selama hamil.

Mengkonsumsi sayur sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran bhiaju sangat baik untuk ibu hamil muda, seperti sayur bayam, sawi dan sauran hijau lainnya yang mengandung zat besi yang mampu mencegah anemia serta meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Dalam sayuran hijau juga mengandung vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting untuk untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi sayuran hijau segar juga dapat meningkatkan kesehatan penglihatan mata kita.

Demikian 10 daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda, semoga bermanfaat. Salam sehat.

 

Baca Juga Artikel terkait :

Ketahui 6 Tips Cepat Hamil Setelah Menikah