10 Tips Untuk Mengelola keuangan Pribadi Dengan Baik

2228

Cara Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Mudah

Tips Mengelola Keuangan Pribadi
Tips Mengelola Keuangan Pribadi

Tips mengelola keuangan pribadi menjadi hal yang juga perlu kita ketahui untuk mendukung kesuksesan hidup, karena berapapun penghasilan dari hasil kerja keras kita tidak akan pernah bisa cukup apabila hati ini tidak akan pernah merasa puas dan juga tidak di atur dengan benar.

Cara mengelola keuangan yang benar sangat berperan sekali dalam hidup ini, agar kita tidak termasuk kedalam pepatah yang mengatakan “ besar pasak dari pada Tiang “ akan menjadi hal yang percuma jika sudah bekerja mati – matian selama sebulan namun hasilnya hanya habis dalam beberapa saat saja.

Memang disisi lain karena kebutuhan hidup yang semakin semakin meningkat menjadikan seseorang menjadi begitu mudah mengeluarkan uangnya, terlebih di dukung dengan banyak bermunculan produk baru yang sangat menggoda.

Namun demikian jika anda tidak ingin terus terperosok dalam mengatur keuangan, berikut 10 cara sederhana namun begitu jitu yang bisa ditiru tentang pengelolaan keuangan pribadi, melansir laman US News tentang personal finance, Selasa (11/6/2013):

1. Tetapkan Tujuan Keuangan dengan benar
Jika tujuan keuangan anda benar maka setiap ada pendapatan anda akan bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk itu, misalkan ingin membeli rumah yang besar dan mewah serta bisa pergi keliling dunia dengan bahagia. Maka ini akan lebih membantu anda dalam memotivasi diri bekerja lebih giat untuk menghasilkan uang agar bisa mewujudkan impian tersebut.

2. Rencanakan Pengeluaran keuangan dengan bijak
Kesalahan yang sering terjadi dimana sebagian orang menghabiskan 2/3 penghasilannya untuk membeli hal – hal yang tidak begitu penting, sehingga apa yang telah mereka dapatkan habis dengan sia – sia.

sebaiknya anda mulai membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing dari yang sederhana sampai yang paling vital.

3. Berusaha menahan diri dari godaan produk yang di tawarkan orang lain
Berusaha untuk tidak mudah tergoda dengan berbagai penawaran menarik dari berbagai toko. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen mereka.
Tapi jika kita mengetahui trik mereka, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran-tawaran tersebut. Hal lebih mudah adalah segera mengatakan tidak atas semua tawaran tersebut.

4. Rutin untuk melacak Pengeluaran Pribadi

Melacak setiap pengeluaran selama dua minggu dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan biaya taksi yang sebenarnya bisa anda minimalisir sendiri.

5. Mencari Produk Serupa yang Menawarkan Harga Lebih Murah
Jika suatu hari anda ingin membeli sebuah produk, langkah cerdas adalah anda mencari beberapa tokoh untuk di jadikan referensi harga, bandingkan harga dari berbagai toko dengan produk serupa. Anda akan bisa menemukan mana toko yang bisa memberikan harga paling murah untuk anda, dengan begitu anda tidak sembarangan dalam mengeluarkan uang ketika ingin berbelanja.

6. Lakukan Riset Online Sebelum Mengunjungi Toko
Sebelum memutuskan untuk berbelanja, anda sebaiknya melakukan riset harga baik online maupun ofline, dengan begitu anda akan bisa menemukan toko yang memberikan penawaran terbaik untuk anda pilih sebagai tempat belanja.

7. Cari Pendapatan Lebih dari Satu Sumber
Ini penting sekali untuk di pikirkan dan kemudian anda jalankan, jangan hanya mengandalkan satu sumber pendapatan saja, karena tidak menutup kemungkinan suatu hari anda akan kehilangan pekerjaan tersebut.

8. Mulai Bisnis Sendiri
Jika memiliki uang lebih dari yang telah anda sisihkan, kenapa tidak berpikir untuk membuat bisnis sendiri, dengan begitu selain penghasilan dari bekerja anda akan bisa menyelamatkan keadaan financial dengan menjalankan bisnis sendiri yang juga bisa membantu dalam menambah penghasilan.

9. Negosiasikan Gaji Kembali
Banyak pekerja merasa beruntung memiliki pekerjaan dalam kondisi saat ini. Namun kadang meminta kenaikan gaji dapat menjadi langkah yang lebih cerdas.

Jika Anda baru saja berganti pekerjaan, menerima promosi, atau menyadari dibayar rendah dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain, mungkin sudah saatnya untuk duduk dengan atasan dan meminta kenaikan gaji.

10. Hutang antara menghindari dan mengambil hutang
Hutang memang menjadi beban tersendiri bagi kehidupan seseorang, jika anda bisa untuk menghindari hutang sebaiknya jangan pernah mau hidup anda di penuhi oleh hutang yang akan menambah beban pikiran anda.

Namun, jika memang harus berhutang anda jangan bersikap santai terhadap hutang, gunakan kesempatan berhutang dengan bijak. Kelola dengan baik agar bisa mengembalikannya secepat mungkin. Karena bagaimanapun bentuknya, Hutang bukanlah bukti kesuksesan seseorang. Percuma punya rumah mewah dan harta banyak jika hasil kredit atau hutang, karena anda akan semakin tertekan memikirkan bagaimana cara melunasinya.

Jangan bangga jika berhasil mendapatkan pinjaman kartu kredit karena itu adalah kartu hutang yang akan sangat hebat menggoda anda untuk berhutang dalam waktu sekejab mata.

Jika memungkinkan hindarilah berhutang, namun jika harus berhutang maka gunakan dengan bijak.

Demikianlah 10 tips mengelola keuangan pribadi agar tidak mudah terjerat kesulitan financial dalam hidup anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 7 BIAYA KEBUTUHAN PENTING YANG HARUS DI PERSIAPKAN