11 Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil

2116

Cara mengobati keputihan saat hamil yang sebaiknya anda tahu agar tetap sehat

Keputihan Saat Hamil
Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan saat hamil seringkali dianggap remeh oleh penderita, padahal kalau anda tahu, hal kecil yang di sepelekan akan berakibat sangat buruk sekali bagi tubuh, teruma disaat kehamilan sedang dalam proses pematangan. Telah kami bahas pada artikel sebelumnya mengenai ciri – ciri dan sebab terjadinya keputihan, untuk itu agar lebih memeberikan informasi tambahan kali ini kita akan mengetahui tips cara mengatasi keputihan saat sedang hamil.

Cara mengatasi keputihan saat hamil bisa anda lakukan mulai dari memperhatikan hal – hal remeh seperti air yang anda gunakan untuk melakukan pembersihan pada organ intim kewanitaan dan lain sebagainya. Jika anda rutin membiasakan diri untuk perhatian pada hal – hal kecil dalam kehidupan sehari – hari maka bukan hal yang tidak mungkin keputihan disaat hamil bisa anda atasi dengan mudah tanpa resiko.

 
Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Berikut beberapa cara untuk mengatasi keputihan disaat hamil :

#1. Biasakan untuk tidak menggukan pakaian berhari – hari lamanya, selalulah untuk menggunakan pakaian yang memang sudah benar – benar bersih dari kotoran.

#2. Hindari dari menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan sintesis dan model yang terlalu ketat karena itu tidak baik bagi kesehatan area kewanitaan.

#3. Hindari menggunakan air yang tidak bersih saat mencuci area kewanitaan, berhati – hatilah menggunakan air terutama pada saat berada di toilet umum.

#4. Jangan membiasakan untuk menggunakan party liner karena dapat menyebabkan daerah kewanitaan menjadi lembab.

#5. Gantilah pakaian anda secepat mungkin apabila terjadi lembab, karena basah dan sebagainya.

#6. Setiap habis buang air kecil dan besar bersihkan dengan sebersih – bersihnya mulai dari depan kebelakang, karena kalau tidak akan menjadi penyebab anda terkena kontaminasi mikroorganisme pada bagian saluran kantung kemih dan juga pada bagian anus.

#7. Kurangi mengkonsumsi makanan manis yang mengandung bahan kafein.

#8. Sehabis mandi jagan lupa untuk membersihkan bagian kewanitaan anda sampai kering, gunakan handuk lembut atau kain bersih yang terjamin steril.

#9. Hindari menggunakan sabun untuk membersihkan daerah kewanitaan disaat hamil.

#10. Jangan terlalu sering menggunakan obat – obatan untuk membersihkan daerah kewanitaan anda.

#11. Biasakan untuk menghindari melakukan douche pada bgaian kewanitaan anda.

Selain anda menerapkan 11 tips mengatasi keputihan disaat hamil diatas, anda juga perlu tahu bahwa pada saat masa hamil jika anda mengalami keputihan abnormal atau keputihan yang tidak biasa segeralah melakukan pemeriksaan kedokter, jangan malu untuk bertanya demi kesehatan anda dan juga menjaga kesehtan janin di dalam perut, karena apabila anda malau akan berisiko pada kesehatan anda dan juga berefek pada kesehatan janin.

Demikian cara mengatasi keputihan disaat hamil, semoga bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan terutama di bagian kewanitaan anda di masa hamil.

Baca Juga : Ladies Kamu Harus tahu Ini, 8 Obat Tradisional Keputihan Paling Ampuh