Karakter Yang Di Miliki Oleh Pengusaha Sukses

Karakter Pengusaha Sukses
karakteristik Pengusaha Sukses – Sumber Gambar Google Image

Menurut konsultan bisnis marketing James Stephenson setidaknya ada 25 karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha jika ingin sukses dalam menjalankan bisnis yang ia geluti.

Dari tulisan panjang beliau di laman situs Entrepreneurdotcom kami menyimpulkan point – point penting ada 25 karakter maupun sifat yang dimiliki oleh seorang entrepreneur sukses dalam menjalankan apapun itu bentuk usaha mereka secara legal, diantaranya ialah :

1. Do What you Enjoy ( lakukan apa yang membuatmu enjoy / minati melakukannya )
Saat menjalankan atau memilih bisnis yang akan digeluti maka pilihlah untuk melakukan apa bisnis yang benar – benar kita sukai dan kita bisa menikmati saat menjalankan bisnis tersebut, bukan malah sebaliknya merasa sangat terbebani sehingga menyebabkan hasil yang kurang memuaskan karena terpaksa melakukannya.

2. Take What you Do Seriosly
Ambillah bagian bisnis yang anda kira – kira benar – benar bisa serius menjalankannya, bukan setengah – setengah belum berhasil lalu malah berpindah – pindah sehingga menyebabkan semua rencana bisnis yang telah anda pilih tidak satupun yang bisa berhasil.

3. Plan Everything
Rencanakan segalanya, bisnis bukanlah permainan asal – asalan, karena semuanya pasti membutuhkan modal. Bisnis tanpa rencana ibarat perahu berlayar ditengah lautan tanpa tentu arah dan tujuan sehingga tidak sesuai pada poros bisnis dan itu akan menyebabkan bisnis anda tanpa tujuan yang jelas.

4. Manage Money Wisely
Kelola kekuangan bisnis dengan baik, bisnis tanpa adanya pengelola keuangan dengan baik maka system keuangan akan hancur dan tidak pernah terkontrol arus kas keluar maupun yang masuk bisa menjadi penyebab bisnis tiba – tiba bangkrut.

5. Ask For The Sale
Saat menjalankan misi bisnis anda harus mampu menarik orang lain untuk mau membeli produk bisnis anda, jika tidak maka bisnis anda akan mati tanpa pelanggan atau konsumen.

6. Remember it’s all about Customer
Perhatikan service pelanggan, anda harus benar – benar memperhatikan dan sering mengevaluasi bagaimana cara pelayanan anda terhadap pelanggan bisnis, apakah mereka puas dengan pelayanan yang anda berikan atau malah sebaliknya lebih banyak yang merasa kecewa.

7. Become a Shameless Self Promoter
Seorang pembisnis tidak boleh menjalankan promosi bisnisnya secara malau – malau, anda harus berani dan mampu melawan rasa malu anda saat menjalankan bisnis. Karena malu akan menghambat langkah bisnis anda.

8. Project a Positive business Image
Penting bagi anda untuk senantiasa memperhatikan image atau citra bisnis anda ditengah – tengah masyarakat, jangan sampai lebih besar citra negative yang merugikan orang disekitar.

9. Get to Know Your Customer
Kenali pelanggan anda, disini anda harus mempelajari prilaku konsumen dalam bisnis. Kebiasaan, usia, budaya dari pelanggan bisnis anda.

10. Level The Playing field with technology
Seorang pengusaha harus senantiasa meningkatkan kemampuan mereka menguasai technology, terlebih dijaman sekarang dimana dunia sudah serba digital. Pada intinya bsinis anda jika ingin tetap bersaing harus bisa menjalankan bisnis menggukan sarana technology modern.

11. Build a Top noth Business Team
Membangun Tim Bisnis anda, bagaimanapun juga jika ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar anda harus membangun tim untuk membantu dan bersama – sama membesarkan bisnis anda. Bukan berkerja sendirian. Bukan bisnis yang sukses jika anda harus selalu ada didalamnya, setidaknya bsinis tetap jalan walaupun anda sedang berlibur karena ada tim lain yang mengerjakannya tanpa adanya anda.

12. Become Known As an Expert
Jadilah ahli dalam bisnis anda, dari bisnis yang anda jalani perlu sekali bagi anda untuk menguasai ilmu tentang bisnis yang anda jalani bukan hanya sekadar mau tapi tidak tahu menahu tentang bisnis tersebut.

13. Creat a Competitive advantage
Membangun keunggulan bisnis anda, dari bisnis yang anda geluti setidaknya andaharus punya keunggulan apa dari bisnis tersebut yang membuatnya bernilai lebih dari pembisnis lain.

14. Invest in Your self
Berinvestasi pada diri sendiri, dari hasil bisnis setidaknya kamu harus memikirkan untuk menginvestasikan pada diri sendiri, seperti untuk kesehatan, untuk kesenangan liburan bersama keluarga tercinta dll. bukan semata – mata bisnis untuk bisnis, kapan anda akan menikmati hasil bisnis jika tidak berinvestasi untuk diri sendiri.

15. Be Accessible
Jadikan bisnis yang anda miliki mudah untuk diakses, mudah dijangkau, cepat di ingat dll.

16. Build a rock – Solid reputation
Bangunlah reputasi yang baik untuk bisnis anda, buktikan bahwa bisnis anda yang terbaik dan penuh manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

17. Self benefith
Menjual hal yang bermanfaat bagi pelanggan, karena bisnis bukan soal keuntungan bagi diri sendiri melainkan juga bisa memberikan manfaat untuk pelanggan jika ingin bisnis tetap bisa terus berjalan.

18. Get Involved
Banyak terlibat dalam organisasi / komunitas bisnis untuk mendukung perkembangan bisnis anda, selain itu juga akan meningkatkan jaringan dan relasi diri anda dan bisnis anda untuk lebih dikenal luas.

19. Grab Attention
Memperhatikan arus kas bisnis, penting bagi pengusaha untuk senantiasa memperhatikan kelancaran dari arus kas bisnis baik kas masuk maupun kas keluar dalam sebuah bsinis, diperlukan adanya laporan keuangan.

20. Master The art Of negotiations
Jadilah master dalam bernegosiasi bisnis agar anda tidak selalu menjadi santapan bagi bisnis lain.

21. Design Your Workspace for success
Mendesain ruang kerja yang produktif untuk melayani klien bisnis, desain ruangan kantor dengan baik dan produktif agar saat bertemu klien mereka merasa nyaman dengan layanan anda dan andapun menikmatinya.

22. Get and stay Organized
Jadikan bisnis yang anda jalani lebih terorganisir , memiliki sistem yang baik dan terkontrol sehingga bisnis tetap berjalan sesuai dengan rencana awal.

23. Take Time Of
Buatlah jadwal kerja anda dengan baik dan terjdwal tersusun secara rapi dan professional baik bagi diri anda seniri maupun bagi karyawan agar kinerja bisa produktif.

24. Limit The Number Of Hats You Wear
Mampu membatasi diri anda untuk menentukan mana yang harus dilakukan atau tidak, tahu mana yang lebih prioritas dan penting sama yang tidak, sehingga tidak menghabiskan waktu secara sia – sia melakukan hal yang tidak mendatangkan manfaat bagi bisnis.

25. Follow Up Constanlly
Lakukan Follow Up atau tindak lanjuti pelanggan dan calon pelanggan bsinis anda sampai mereka bisa menjadi knsumen tetap dan loyal terhadap produk dan layanan dari bsinis anda.

Itulah dari 25 karakter seoarang pengusaha secara umum yang harus ada pada diri seorang pembisnis yang ingin sukses dalam menjalankan misi bisnisnya, semoga bermanfaat.