3 Tips Bangkit Dari Bangkrut Usaha Menuju Sukses Ala James Riady

Tips Bangkit Dari Bangkrut Ala James Riady

LBMC, Jogja – Bangkrut adalah kata yang sangat ditakuti oleh para pengusaha, hanya saja tidak semua orang memikirkan apa strategi untuk bangkit dari kebangrutan. Kebanyakan orang selalu berpikir dan bertanya seperti apa dan bangaimana bisa sukses bisa diraih. Padahal sangat penting dalam bisnis kita harus juga memikirkan apa strategi menghindari kebangkrutan dan bagaimana nantinya cara mengatasinya jika terjadi kebangkrutan agar usaha atau bisnis tetap bertahan.

Tidak sedikit pengusaha yang mengalami keangkrutan, tak sedikit pula yang bangkrut lalu tak bisa bangkit kembali karena mereka tak tahu bagaimana cara untuk bangkit. Dalam hal kebangkrutan sendiri seorang pengusaha sukses sekaliber James Riady juga pernah mengalaminya, hanya saja beliau tahu dan memiliki strategi bagaimana cara mengatasinya itulah mengapa beliau terus bertahan bahkan selalu mengalami kemajuan dan sukses besar dalam menjalan usahanya. Pemilik Grup Lippo ini pernah mengalami keterpurukan lantaran terlalu sibuk dan melupakan keseimbangan. Padahal ini penting untuk menjaga roda bisnis tetap stabil.

Walaupun ia Pernah mengalami kebangkrutan dalam bisnisnya, James Riady kini berhasil masuk dalam jajaran orang terkaya Indonesia versi Majalah Forbes 2014. James juga tak seperti kacang lupa akan kulitnya setelah berhasil meraih kesuksesan besar. Ia tetap mau berbagi bagiaman cara meraih sukses walaupun harus mengalami kebangrutan terlebih dahulu, seperti apa tips sukses ala James Riady dalam meraih keberhasilan usahanya bersama Group Lippo? Berikut Tips sukses ala James Riady :

1. Fokus Pada Satu Bisnis Tertentu

Mengalami Keterpurukan dan bangkrut menjadi momok yang menghantui pebisnis. Penyebabnya pun beragam. Seorang James Riady, pemilik Grup Lippo juga pernah mengalami keterpurukan. Dari ceritanya, pada 1990 dia pernah mengalami sisi kelam dari perjalanan bisnisnya. Penyebabnya, dia terlalu sibuk.

Kesibukan saya menjadi bangkrut, tahun 1990 saya bertobat kurang mengerti keseimbangan, lalu saya undur diri semua perusahaan besar,” ujar James Riady di Jakarta, Kamis (26/2).

Terpuruknya bisnis yang dijalaninya tak lantas membuat James patah semangat untuk terus berjuang membangun usahanya. Dia justru termotivasi dan kembali bersemangat. Namun kali ini dengan pertimbangan yang lebih matang dan serius dengan misi besar kedepannya.

James sangat menyadari betul , kalau ia terlalu sibuk, punya banyak perusahaan, banyak ide serta gagasan tidak serta merta membuat seseorang sukses menjalankan roda bisnisnya. Karena itu dia memilih fokus pada satu perusahaan yang benar – benar ia kuasai dan ia miliki.

Setiap tahunnya saya memfokuskan 5-10 keputusan besar, saya undur diri semua perusahaan besar. Lalu saya pindah kantor di pendidikan, supaya bisa lebih banyak mikir, waktu saya lebih baik,” ungkapnya.

2. Harus Bisa Membuat keseeimbangan kerja dan keluarga
James Riady mengaku pernah mengalami keterpurukan lantaran terlalu sibuk dan melupakan keseimbangan waktu untuk keluarga. Padahal ini penting.

Jangan hanya kerja keras, harus mengerti juga keseimbangan antara relasi, saudara, dan keluarga,” ujarnya .

3. Jadilah Bertanggung Jawab

James Riady seorang Bos Grup Lippo mengingatkan, kemajuan bisnis tidak terjadi dalam waktu singkat dan tidak akan datang tanpa kerja keras.

Persiapan pebisnis harus jadi orang bertanggung jawab, sekolah yang baik, mengerjakan banyak hal, menunggu waktu yang pas untuk terjun untuk satu bidang ditekuni. Tapi sekarang kan semua orang maunya pop mie (praktis),” ujarnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (26/2).

Untuk itu jika memang anda ingin menjadi pembisnis sejati jangan pernah mengabaikan tanggung jawab anda dalam memajukan bisnis. Karena jika bukan anda mereka yang bekerja ditempat anda tidak akan mau tahu apa nasib bisnis anda.

4. Jangan hanya sebatas ide, tapi aksi
James menilai, pebisnis di Indonesia harus lebih berani beraksi secara langsung. Jangan pernah takut mencoba dalam suatu bidang usaha.

Pebisnis itu harus kuat tekad untuk beraksi. Yang terjadi saat ini, pebisnis kurang beraksi, kurang terjun. Padahal dengan beraksi kita tahu dapat melakukan apa yang harus dikerjakan,” jelas dia.

James Riady adalah seorang pengusaha Indonesia sukses yang memiliki banyak ide, ia sendiri menilai para pengusaha Indonesia lainnya juga sebenarnya memiliki banyak ide cemerlang, hanya saja tak sedikit yang mau mengembangkan ide mereka lebih lanjut “ Ide Banyak tidak kekurangan yang kurang itu Aksi” Tutup James Riady.

Demikianlah sobat LBMC, tips sukses bangkit dari kebangkrutan yang telah dibocorkan oleh seorang pengusaha Sukses James Riady, semoga dengan apa yang telah beliau bagikan kepada kita semua bisa juga menjadi sumber inspirasi dan motivasi agar kita semua bisa menjadi pengusaha sukses dan banyak memberikan manfaat bagi orang banyak.