3 Tips Puasa Saat Hamil Agar Selalu Sehat

1744

Tips Puasa saat Hamil Pada Bulan Ramadhan agar tetap Sehat

Tips Puasa Saat Hamil
Tips Puasa Saat Hamil agar Selalu Sehat

Tips Puasa saat Hamil — berdasarkan dari banyak hasil penelitian para ahli kesehatan bahwasanya dengan berpuasa membawa dampak positif yang sangatbanyak sekali bagi seseorang. Tapi apakah juga demikian bagi ibu yang sedang hamil?…jawaban atas pertanyaan tersebut “ AMAN “ untuk sang calon ibu dan janin yang ada didalam. Selama calon ibu tetap dalam kondisi yang sehat.

Mengutip apa yang telah dijelaskan pada laman situs bidandotcom :

Selama masa hamil sang ibu telah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat dan telah dikonsultasikan dengan ahlinya, maka ibu hamil diperbolehkan untuk melakukan puasa khususnya selama bulan ramadhan.

Kendati demikian seorang ibu seharusnya juga tetap melakukan pemeriksaan rutin tentang kondisi kehamilannya walupun tidak dalam keadaan puasa atau di bulan romadhon, hanya saja pada saat bulan romadhon ibu hamil sebaiknya melakukan beberapa tips puasa saat hamil agar keduanya berjalan lancar, ibadah oke, sehatpun lancar.

Bagaimana sih keadaan Bayi saat sang Calon Ibu tengah berpuasa?…
Dari hasil Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa berat tubuhsang bayi yang baru lahir tidak dipengaruhi oleh kondisi berpuasa atau tidaknya sang ibu ketika masa hamilnya, begitu juga dengan kondisi IQ yang dimiliki sang bayi ketika lahir sama sekali tidak ada kaitannya dengan puasanya sang ibu.

Memang dari hasil beberapa kajian ilmiah menunjukan bahwa kondisi sample darah bagi ibu hamil yang berpuasa dan tidak ada sedikit perbedaan, hanya saja itu tidak membawa bahaya bagi kesehatan sang ibu yang bersangkutan.
Ada beberapa Tips Puasa saat hamil bagi calon ibu di bulan romadhon, diantaranya ialah :

1. Saat Sahur

  • Ketika Sahur Bagi Ibu Hamil sebaiknya memperbanyak minum air putih.
  • Usahakan juga untuk minum segelas air susu khusus untuk ibu hamil, karena itu bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil.
  • Hindari memakan makanan manis ketika sahur, karena berakibat menjadikan ibu hamil menjadi lemas atau cepat merasa lapar saat puasa berlangsung diakibatkan Insulin Shock.
  • Tambahkan Buah – Buahan pada menu sahur ibu hamil agar proses BAB lancar sehingga potensi wasir yang sering terjadi pada ibu hamil bisa diminimalisir resiko terjadinya.
  • Hindari makan makanan pedas ketika sahur bagi ibu hamil.

2. Tips Puasa Saat Hamil

  • Berpuasalah dengan ikhlas dan bergembira melaksanakan ibadah wajib ini, karena dengan demikian resiko stress saat hamil bisa terkurangi.
  • Lakukan istirahat yang cukup ketika sedang berpuasa.

3. Tips Berbuka Puasa Saat hamil

  • Saat berbuka puasa bagi ibu yang sedang hamil tidaklah jauh berbeda ketika dalam keadaan tidk hamil, di perbolehkan berbuka dengan yang manis – manis namun sehat, fungsinya untuk meningkatkan gula darah, dan perlu di ingat harus dibatasi, jangan berlebihan.
  • Disarankan bagi ibu hamil saat berbuka meminum minuman dingin agar sistem kerja lambung kembali normal setelah berpuasa seharian.
  • Selepas sholat Magrib bagi ibu hamil dianjurkan untuk mekan dengan jumlah porsi yang lebih besar, ketika makanan berbuka sudah “ Turun” kelambung.
  • Terakhir saat hendak tidur, bagi ibu hamil disarankan untuk memakan makanan ringan dan minum air hangat agar kondisi tubuh dapat memproses dan memproduksi ASI dengan cukup bagi si janin.

Demikian beberapa Tips puasa saat hamil bagi calon ibu, semoga dengan berpuasa serta menerapkan tips sehat saat berpuasa di bulan romadhon ini, ibu hamil semakin meningkat kesehatannya, pahala berlipat ganda demi memperjuangkan kesehatan diri dan janin serta mentaati perintah wajib bagi seorang Muslim dari Allah Ta’ala. Amiinnn. Semoga Tips puasa saat hamil ini bermanfaat.