4 Hal Yang Membuat Orang Tak Pernah Memulai Bisnis

Diposting pada

4 Hal Yang Membuat Orang Tak Pernah Memulai Bisnis

Memiliki bisnis adalah sesuatu yang menjadi impian bagi sebagian atau bahkan setiap orang. Terlebih jika bisnis tersebut bisa membuat hidup seseorang berkecukupan dan bahagia. Tapi, sayangnya, saya menemukan fakta bahwa tidak semua orang yang bermimpi memiliki bisnis, bisa mewujudkan impiannya untuk memiliki bisnis. Tidak sedikit orang yang bercerita kepada saya tentang rencana dan impian bisnis mereka yang tak pernah kesampaian untuk diwujudkan. Bahkan oleh orang yang sudah jauh di atas saya secara usia.

Dari berbagai sharing yang saya dapat dari orang yang hanya punya impian dan rencana untuk berbisnis namun tetap tidak bisa mewujudkan impiannya, saya merumuskan empat faktor yang membuat seseorang tidak akan pernah memulai bisnis. Pada sajian kali ini saya akan berbagi tentang empat faktor tersebut

4 Hal Yang Membuat Orang Tak Pernah Memulai Bisnis

1. Tidak Punya dan Atau Bingung Menentukan Bisnis Yang Akan Digeluti

Banyak yang bertanya kepada saya, baik melalui jejaring sosial yang kami kelola, melalui website yang kami punya, maupun langsung bertanya ketika bertemu tentang bagaimana menentukan ide bisnis.

“Ikutikah Kesukaan Anda, Maka Kesuksesan Akan Mengikuti Anda” (3 Idiots)

Jika Anda terhalang faktor ini, maka cobalah cari ide dari apa yang Anda sukai dan atau kompetensi apa yang Anda miliki saat ini. Seperti kata penghujung di film “3 Idiots” tentang kesuksesan yang sangat tertanam di otak saya, “Ikutikah Kesukaan Anda, Maka Kesuksesan Akan Mengikuti Anda”. Jadi sekali lagi cobalah untuk mencari ide dari apa yang Anda sukai atau kemampuan apa yang Anda miliki. Jika Anda suka sepakbola, coba cari bisnis apa yang bisa Anda ciptakan dari dunia sepakbola. Jika Anda punya kemampuan melukis, coba cari ide apa yang bisa Anda ciptakan dari kemampuan melukis yang Anda miliki.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Dari Nol Yang Efektif

2. Takut Gagal dan atau Rugi

Faktor ketakutan akan kerugian dan kegagalan menjadi faktor yang senantiasa menghalangi seseorang untuk memulai bisnis. Untuk melewati faktor ini Anda hanya butuh untuk menghadapinya.

Pertama, ingatlah, bagi kami setiap aktivitas pasti memiliki resiko masing-masing. Baik resiko yang langsung dirasakan, maupun resiko yang mungkin akan dirasakan nanti. Dengan Anda bekerja, Anda tidak serta merta aman. Pasti ada resikonya. Anda jadi artis, Anda jadi pejabat, Anda jadi pesepakbola, dan sebagainya selalu ada resikonya. Oleh karenanya setiap aktivitas punya resiko, maka lakukanlah aktivitas yang benar-benar kita sukai yang membuat kita bahagia menjalaninya. Jangan sampai Anda jadi orang yang melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai. Sudah dapet resiko, tidak bahagia pula. Sudah jatuh, tertimpa tangga pula.

Kedua, pahamilah bahwa orang-orang yang saat ini sukses berbisnis adalah orang yang berani. Mereka berani untuk mengambil resiko yang kemungkinan terjadi atas tindakan mereka untuk berbisnis.

3. Tidak Punya Kemampuan Bisnis

Saya percaya, kemampuan bisnis itu bukan bakat yang ada sejak kita lahir. Kemampuan bisnis adalah sesuatu yang bisa setiap orang asah. Kemampuan bisnis adalah sesuatu yang bisa setiap orang kembangkan. Itu artinya, jika Anda mengeluh tidak punya kemampuan bisnis, sama artinya dengan Anda mengeluh tidak ingin belajar. Kemampuan bisnis bisa dipelajari dan dikembangkan oleh setiap orang. Itulah sebabnya setiap orang pada dasarnya bisa jadi pengusaha. Bukan bisa atau tidak bisa, tapi mau atau tidak mau.

4. Modal

Alasan yang sangat klasik. Kalau mendengarnya sering kesel sendiri. Sering berpikir dalam hati kalau ada yang mengemukakan alasan ini, “Duh, kemana aja sih, ga pernah baca ya. Mau bisnis, tapi ga suka cari tau tentang kesuksesan orang dalam berbisnis.” Jika hari ini Anda masih mengandalkan alasan tersebut ketika Anda ditanya kenapa Anda belum memulai bisnis maka bagi saya Anda termasuk yang tidak masih minim pengetahuan tentang kisah para pengusaha sukses hari ini baik di indonesia maupun di luar indonesia.

Saya terkadang mengikuti Indonesian Idol. Terkadang ada kalimat menarik tentang idola dari Ahmad Dhani, salah satu musisi yang pernah jadi juri di ajang tersebut. Terkadang Ahmad Dhani bertanya kepada peserta audisi, “Siapa Idola Kamu?” Yah, yang idolanya biasa-biasa saja biasanya juga biasa-biasa saja. Yang idolanya memang Top relatif punya kemampuan. Begitu juga dalam bisnis. Anda harus mencari tahu tentang kisah-kisah pengusaha. Tidak sedikit pengusaha yang sukses tanpa modal. Juga tidak sedikit pengusaha yang mendapatkan modal dari ide yang cemerlang dan pada hakikatnya bisa kita contoh. Karena sukses meninggalkan jejak, dan gagal meninggalkan pelajaran.

Baca Juga : 9 Ide Usaha Sampingan Kekinian Dan Potensial

Bagaimana? Apakah ada dari keempat faktor di atas yang membuat Anda tidak memulai bisnis? Cobalah pikirkan kembali, dan mulailah. Karena dengan mimpi yang baik adalah mimpi yang sudah mulai kita kerjakan

Demikianlah sajian kami mengenai 4 Hal Yang Membuat Orang Tak Pernah Memulai Bisnis ini. Semoga sajian ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *