4 Ide Usaha Yang Bisa Kamu Jalani Sambil Membangun Berkarir

1811

Ide Usaha Yang Bisa Dijalani Sambil Membangun Karir
Ide Usaha Yang Bisa Kamu Jalani Sambil Membangun Berkarir

Lebahmaster.com – Memutuskan untuk berkarir sebagai seorang profesional memang telah menjadi hal yang umum dilakukan bagi kita semua. Pada saat kita kuliah, kita memilih jurusan tertentu sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, dengan harapan apa yang kita pelajari saat kuliah dapat juga digunakan saat masuk di dunia kerja. Namun seiring berjalannya waktu, kebutuhan kita akan meningkat, terutama setelah berkeluarga. Dengan meningkatnya kebutuhan hidup, maka solusi yang dapat dilakukan oleh kita sebagai seorang karyawan adalah dengan membuka usaha. Ide Usaha apakah yang cocok untuk seorang karyawan untuk meningkatkan penghasilannya? Berikut Ulasannya:

 

1. Toko Kelontong

Toko kelontong atau Mini Market (bahasa Inggris: convenience store) adalah suatu toko kecil yang umumnya mudah diakses umum atau bersifat lokal. Toko semacam ini umumnya berlokasi di jalan yang ramai, stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), stasiun kereta api maupun disekitar perumahan padat penduduk.

Baca Juga: 6 Bisnis Rumahan dengan Modl Kecil Yang Menguntungkan

Biasanya toko kelontong menjual barang-barang kebutuhan pokok seperti susu, roti, minuman ringan, makanan ringan, pulsa, kopi, barang sembako dan lain-lain. Seperti yang dikutip dari website infocarabisnis.com, beberapa hal yang harus dilakukan agar toko kelontong anda berjalan dengan baik adalah dengan menentukan lokasi toko kelontong yang kita bangun, belanja kebutuhan barang dagangan, melakukan promosi dan mematok harga yang wajar.

 

2. Jasa Fotokopi

Ide usaha dengan membuka jasa fotokopi sebagai penambah penghasilan anda memang merupakan langkah yang tepat. Bisnis fotokopi terbilang cukup menjanjikan apabila anda jeli dalam menyusun strategi bisnis yang tepat, salah satunya dalam menentukan lokasi, misalnya di perkantoran, sekolah, kampus maupun ditempat yang penuh keramaian.

Kamu juga bisa merangkap usaha jualan peralatan anak sekolah seperti buku tulis dan lainnya sehingga tidak semata – mata membuka jasa foto kopy saja.

3. Warkop Sederhana

Ide usaha dengan membuka Warung Kopi juga bisa kamu jalankan dengan mudah, apalagi kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh orang Indonesia. Bahkan sebagian orang memulai aktivitas paginya serta waktu istirahatnya dengan minum secangkir kopi. Dengan melihat peluang tersebut, maka bisnis warung kopi bisa menjadi pilihan bagi kita untuk menambah penghasilan sehari-hari sambil berkarir sebagai seorang profesional maupun karyawan.

 

Dalam membuka usaha warung kopi, hal yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan riset seperti lokasi yang strategis, menciptakan konsep yang berbeda dari warung kopi lainnya, membuat variasi dalam daftar menu yang ada,  memperhatikan fasilitas yang ada di warung kopi tersebut sampai pemasaran yang dilakukan.

 

4. Buka usaha Jual Peralatan Kantor

Ide usaha terakhir membuka usaha jual peralatan kantor ini akan sangat membantu kamu dalam menambah pemasukan selain dari hasil kamu bekerja, Memiliki usaha Jual peralatan kantor kamu juga bisa sekaligus menawarkan produk kamu pada kantor dimana kamu bekerja. Artinya menawarkan pada pihak penyedia perlengkapan kantor agar kamu bisa menjadi salah satu pemasok kebutuhan kantor.

 

Disini kamu tidak perlu punya toko besar, karena kamu bisa menghubungi supplier yang memiliki alat kantor lengkap dan menawarkan kerja sama dengan mereka kalau kamu ingin menjualkan produk mereka.

Baca Juga: Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

Diantara keempat ide usaha tersebut, masih banyak lagi jenis bisnis yang bisa kita lakukan untuk menambahkan penghasilan kita untuk sebagai seorang karyawan. Agar fokus kita tidak terpecah antara karir dan bisnis yang kita bangun, maka penting bagi kita untuk mempekerjakan seseorang agar bisnis kita tetap berjalan.

Editor: Akhmad Hasan

Penulis: Rant Guswandi