4 Makanan Mengandung Serat Yang Harus Kamu Konsumsi

1716

Daftar Makanan Mengandung Serat Paling Tinggi

Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi
Makanan mengandung serat merupakan makanan yang sebaiknya menjadi perhatian bagi kita semua yang menginginkan kehidupan berada dalam kondisi sehat wal’afiat, karena makanan mengandung serat akan membantu kita dalam mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya yang mengancam kehidupan.

Kita sudah mengetahui akan manfaat makanan yang mengandung serat ternyata memiliki peran yang sangat penting sekali terlebih begitu banyak sekali telah disebutkan oleh para ahli daftar penyakit yang disebabkan oleh kurangnya asupan serat kedalam tubuh. Untuk itu sekarang waktunya untuk mulai memperbaharui pola makan yang salah menuju perbaikan dengan mencukupi asupan tubuh dengan makanan yang mengandung serat tinggi.

Diantara makanan yang mengandung serat paling tinggi sebagaimana yang berhasil kami saring dari berbagai sumber terkeit makanan yang mengandung serat dan baik bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

Pertama : Kentang
Kentang sangat baik untuk di konsumsi untuk menambahasupan serat kedalam tubuh kita, karena dalam 100gram kentang mengandung 3 gram serat.

Kedua : Jagung
Jagung di kenal sebagai makanan yang mengandung antioksidan, jagung juga mengandung serat yang tinggi berdasarkan penelitian dalam 3 cangkir popcorn/jagung terdapat 3,5 kandungan serat tentu al ini akan sangat baik untuk memenuhi asupan serat bagi tubuh.

Ketiga : Sayuran
Sayuran menjadi sumber serat yang umum bagi kesehatan tentunya sayuran yang telah di uji akan kandungan seratnya. Sayuran seperti bayam, lobak, kentang, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, kacang kedelai, dan labu adalah sumber tinggi serat. Jika anda sedang mengalami kesulitan BAB, mungkin mengkonsumsi diantara sayuran bagus untuk mengatasinya. Tak diragukan lagi, selain kaya serat, sayuran juga banyak mengandung nutrisi penting lainnya bagi kesehatan.

Ke empat : Buah Buahan
Di dalam buah buahan juga menyimpan khasiat yang luar biasa untuk memenuhi asupan serat kedalam tubuh kita, diantara buah – buahan yang mengandung serat tinggi adalah Apel, papaya, berry, Alpukat,Buah Pir, Jambu Biji Merah, Tomat Buah Mangga, Kacang Polong, kacang almod, kacang putih, Kacang hitam,Pisang, Buah Nanas, Jeruk dll. Semua buah – buahan yang telah disebutkan diatas sudah teruji mengandung serat yang tinggi dan baik bagi tubuh kita untuk mencukupi asupan serat kdalam tubuh agar tetap sehat.

Beberapa manfaat penting dari mengonsumsi makanan berserat, antara lain:

  • Mencegah sembelit
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah penyakit jantung koroner
  • Mencegah kanker usus
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menjaga kadar gula darah tetap stabil
  • Mengurangi risiko stroke dan hipertensi
  • Menurunkan risiko obesitas
  • Menurunkan risiko terkena wasir
  • Menurunkan risiko kanker kolokteral dan kanker gastrointestinal.

Berapa kebutuhan asupan serat yang seharusnya kita penuhi setiap harinya?… bagi perempuan dan laki – laki asupan serat yang di perlukan perharinya tidaklah sama. Berikut kebutuhan serat yang harus kita penuhi kedalam tubuh setiap harinya:

  • Kebutuhan serat Laki – Laki : 38 % Per Hari
  • Kebutuhan Serat Perempuan : 25% Perharinya.

Itulah diantara daftar makanan yang mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk di konsumsi setiap harinya agar kebutuhan serat yang di perlukan oleh tubuh bias terpenuhi dengan baik dan maksimal, dengan begitu kesehatan tubuh akan senantiasa berada dalam batasan normal.

 

Baca : Akibat Kurang Serat Di Dalam Tubuh