4 Pertanyaan Interview Kerja yang Harus Dijawab Secara Profesional

1340

Jawaban Pertanyaan Interview Kerja Yang Salah dan Harus Dihindari

Pertanyaan Interview Kerja

LebahMaster.Com – Saat seorang pelamar kerja mengikuti proses interview kerja disana ada pertanyaan – pertanyaan yang sebenarnya hamper setiap penyedia lowongan kerja sering menanyakan hal yang sama sebelum memberikan pertanyaan lain yang lebih spesifik pada produk dan kemampuan lainnya yang berkaitan dengan perusahaan yang melakukan pencarian karyawan baru.

 
Pertanyaan yang dimaksud lebih menjurus pada ke personal orang yang melamar kerja, hal ini pertanyaan mendasar yang akan memberikan dukungan atas jawaban pertanyaan interview kerja lainnya agar pelamar bisa memberikan keyakinan kepada perusahaan bahwa ia cukup mumpuni untuk diterima kerja. Apa saja pertanyaan tersebut dan jawaban yang harus dihindari saat ditanyakan kepada anda, berikut diantara 4 jawaban dan pertanyaan yang dimaksudkan:

 
1. Pertanyaan Seputar Motivasi Melamar Kerja
Apabila anda diajukan pertanyaan seperti :
Apa yang memotivasi anda hingga memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini?

 

Pastikan anda tidak memberikan jawaban seenaknya kepada pewawancara, missal menjawab “ ingin bisa dapat gaji tinggi, inggin dikatakan hebat karena bisa bekerja disitu atau ingin dibilang keren” jika jawaban anda menjurus kesana maka jawaban anda akan membuat pewawancara bisa garuk – garuk kepala gak gatal.

 

2. Pertanyaan mengenai bagaimana Ketahanan Anda terhadap tekanan Kerja

Biasanya anda akan diajukan pertanyaa bernada : Apakah anda bisa atau mampu bekerja di bawah tekanan?

 

Saat anda menerima pertanyaan senada, pastikan anda jangan memberikan jawaban yang akan menimbulkan presepsi bahwa anda tidak sanggup atau tidak mampu, jangan mengemis atau melakukan penawaran keringanan pada saat itu.

 
Misal : Apakah tidak ada kerjaan yang santai pak ? saya lebih suka bekerja yang ringan tapi gajinya tinggi. Atau anda menjawab, saya tidak suka dikejar deadline tapi saya bisa bekerja sampai selesai walau lambat”.
Jangan pernah melakukan tawar menawar saat sedang dalam kondisi wawancara atau interview kerja karena itu akan membuat pewawancara bisa geleng – geleng kepala sendiri.

 

 

3. Pertanyaan yang menjurus pada Inisiatif Anda tentang perusahaan
Mungkin anda akan ditanyakan tentang hal yang berkaitan dengan perusahaan seperti, Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami? Dari mana anda mendapatkan informasinya?

 

 

Jika anda dihadapkan dengan pertanyaan senada diatas maka jangan pernah anda memberikan jawaban yang nyeleneh, seperti “ saya dengar dari tetangga, mereka bilang disini gajinya besar itu sebabnya saya mau kerja disini, apakah benar informasi itu pak? “.. Pastikan anda hindari menjawab dengan nada seperti itu yang akan menimbulkan presepsi bahwa anda sebenarnya tidak mengetahui apa – apa tentang perusahaan itu.

 

 

4. Pertanyaan Seputar Sikap kerja Anda
Saat anda ditanyakan tantang sikap kerja, misal : bagaimana sikap and jika ditempatkan dicabang perusahaan yang berlokasi jauh dari tempat tinggal?, bagaimana sika panda bila ditempatkan pada lokasi kerja yang jauh dan terpencil?

 
Pastikan anda tidak memberikan jawaban yang akan membuat kesabaran pewawancara Hilang, missal anda malah Negosiasi : “ kalau bisa saya mau ditempatkan yang tidak jauh dari rumah saja pak ” apakah saya boleh minta ditempatkan dilokasi kerja yang tidak terlalu jauh pak , karena saya takut nyasar nanti” dan jawaban aneh lainnya jangan sekali – kali anda berikan kepada pewawancara kerja saat itu, karena anda hanya akan membuat masalah tersendiri yang membuat anda langsung diputuskan tidak diterima kerja. Lebih berbahaya lagi jika sampai pewawancara berharap tidak bertemu dengan anda lagi.

 

Itulah keempat pertanyaan interview kerja yang harus anda jawab dengan baik jangan sampai anda memberikan jawaban yang nyeleneh atau aneh yang justru membuat anda sama sekali tidak dapat tempat diperusahaan penyedia lowongan kerja, semoga bermanfaat.

 

Baca Juga : Ini Keahlian yang Dapat Membawa Anda Keliling Dunia