Solusi Alergi Anak Sederhana Agar Masa Kecilnya Aman
Solusi Alergi Anak Sederhana Agar Masa Kecilnya Aman – Image Ilustration

Anak yang mengalami alergi tentunya menjadi masalah bagi orang tua. Anak menjadi tak bisa menikmati hal-hal yang seharusnya normal bagi anak sebayanya, serta menjadi lebih rentan dengan hal-hal yang sudah lazim di lingkungan. Jika ini dibiarkan terus, maka mental anak juga akan mengalami masalah, tak cuma segi fisiknya saja. Karena itulah, sebaiknya Anda memikirkan solusi alergi anak yang ampuh.

Langkah awal agar Anda sebagai orang tua bisa mengatasi masalah untuk alergi anak adalah mencari tahu apa yang memicu alergi nya tersebut. Amati anak Anda dan segera cari tahu apakah alergi yang dialaminya berasal dari makanan, lingkungan, cuaca, atau bahkan semuanya sekaligus. Ini karena memiliki lebih dari satu alergi bukanlah hal yang aneh, dan justru cukup banyak orang yang mengalami lebih dari satu macam alergi.

Jika Anda sudah lebih tahu tentang apa yang membuat anak Anda alergi, Anda bisa mengambil solusi berikutnya dengan cara berikut:

1. Memastikan gizinya terjaga

Kesulitan alergi adalah anak bisa jadi tak mendapatkan gizi cukup. Karena itu, Anda harus memastikan kondisi badannya selalu bagus, baik dengan mencari alternatif sumber gizi, atau dengan suplemen.

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Bisa jadi juga, anak Anda alergi karena kondisi rumah yang tak bersih atau adanya hewan peliharaan. Makanya, pastikan Anda selalu membersihkan rumah secara teratur setiap hari.

3. Sedia obat alergi setiap saat

Ketika symptom alergi anak Anda cukup parah, selalu pastikan Anda membawa obat alergi yang dibutuhkan untuk menenangkan symptom tersebut. Ajari anak menggunakannya, demikian juga dengan orang-orang dewasa yang di dekatnya seperti pengasuh maupun anggota keluarga.

4. Meningkatkan daya tahan

Berikan anak segala makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh seperti bawang putih, jeruk, dan macam-macam lagi yang mengandung anti-oksidan.

Solusi dari gangguan alergi anak di atas memang tak akan membuat alergi hilang begitu saja, karena alergi tidak selalu bisa diprediksi. Tapi dengan cara di atas, setidaknya anak Anda akan bisa menikmati kehidupan sehari-harinya dengan lebih baik, dan mengerti benar bahaya dari symptom yang dialaminya, serta bisa mencari bantuan ketika dia merasakan symptom mulai menyerang.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini Agar tetap Stabil Setiap Hari