4 Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Walau Belum Lulus Kuliah

1552

Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Walau Masih Berstatus Mahasiswa

Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan
Lebahmaster.com – Tips Mudah Mendapat Pekerjaan walau belum lulus kuliah kali ini terlepas dari pembahasan tuisan yang telah diposting sebelumnya bagaimana kita harus mempekerjakan diri kita agar tidak menjadi pengangguran, ad acara lain yang akan membantu setiap mahasiawa yang belum lulus agar mudah mendapat kerja meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa.

 

Walau saat ini persaingan didunia kerja sangat ketat sekali dengan persaingan dari berbagai lulusan universitas yang juga sudah terkenal tidak seharusnya membuat anda berkecil diri karena sebenarnya mendapatkan pekerjaan tidak selalu diukur dari lulus universitas apa melainkan lebih bagaimana usaha kanda mencari kerja serta keahlian yang dimiliki. Banyak kasus yang terjadi yaitu penolakan terjadi terhadap mereka yang banyak prestasi hanya karena mereka tidak punya keahlian serta terkadang ditolak karena kalau terlalu pintra biasa cenderung lebih sulit diatur ketika sudah bekerja nantinya. Tapi semoga anda bukan tipe orang yang sulit diatur saat sudah bekerja nanti.

 

Ada banyak tips mudah mendapat pekerjaan walau belum lulus kuliah telah diberikan oleh penulis lain, tapi tidak ada salahnya bila kali ini kita juga berbagi kembali beberapa tips mendapatkan kerja meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa, diantaranya :

 

1. Mulailah Mencari Informasi Lowongan kerja sebanyak mungkin
Sekarang ada banyak sumber informasi lowongan kerja baik online maupun ofline, bahkan bisa dibilang via online lebih mudah menemukan lowongan karena kita tinggal ketikan saja lowongan kerja yang sesuai dengan profesi dan lulusan kita. Untuk itu sebelum lulus sebaiknya mulailah mencari informasi sebanyak – banyaknya lowongan kerja, dapatkan juga informasi dari para pekerja lain yang sudah berpengalaman kerja bagaimana mereka bisa diterima dan proses mereka mendapatkan kerjaan dan jangan malu meminta arahan dari mereka yang telah punya pengalaman kerja.

 

2. Cari Pengalaman dengan mencari peluang Magang Kerja
Ada banyak manfaat dari kita mengikuti program magang kerja, selain untuk memperkenalkan diri , kita juga akan mendapatkan pengalaman yang nantinya bisa dijadikan pendukung sebagai pengalaman kerja di CV lamaran kerja.

 

Istimewanya lagi dengan berusaha untuk bisa Ikut Magang kerja, jika nanti cara kerja kerja kita bagus dan memuaskan maka tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan penwaran kerja tetap dan ditunggu setelah lulus sarjana nantinya. So, jangan anggap remeh bila ada kesempatan untuk magang dan manfaatkan itu dengan sebaik mungkin.

 

3. Membangun Networking sebanyak Mungkin
Mulailah untuk membangun Jaringan ( Networking ) sebanyak mungkin sejak masih kuliah secara baik dan professional maupun personal, banyak jaringan atau relasi akan sangat banyak manfaatnya untuk memudhkan kita mendapatkan peluang dan informasi selain itu juga memudahkan kita untuk masuk kerja bila kebetulan ada relasi kita disana yang bisa membantu dengan baik tanpa harus curang.

 

Ada banyak cara membangun jaringan dan relasi, baik dengan banyak ikut berorganisasi, mengikuti seminar, mulai menyebarkan kartu nama anda dan mengikuti ivent – ivent yang sesuai dengan profesi dan jurusan kuliah kamu.

 

4. Bangun Kedekatan dengan Dosen jangan dimusuhi
Biasanya mahasiswa sering menganggap dosen sebagai musuh, terlbih bila ada dosen yang disebut kiler atau sangat membosankan karena banyak memberikan tugas kuliah, mulailah hapus presepsi buruk atau negative tentang dosen anda, dekatilah dan jalinlah hubungan baik dengan mereka. Kamu harus tahu bahwasanya dosen banyak mengenal banyak orang yang ahli dan professional serta memiliki banyak link pada penyedia kerja. Mintalah saran dosen anda untuk solusi kerjaan yang sesuai dengan jurusan dan minat anda serta mintalah agar dosen mau memberikan informasi tentang dunia kerja dan semoga bisa memperkenalkan kamu dengan orang – orang dikenalnya yang bisa memberikan pekerjaan kepada kamu.

 

Tentu saja dengan cara ini kamu harus bisa menunjukan peforma yang baik selama dikampus, baik secara akademis maupun professional personal. Kamu juga harus mampu menujukan diri kalau kamu memang memiliki kemampuan yang layak untuk diberikan rekomendasi oelh dosen yang bersangkutan.

 

Baca : 4 Pertanyaan Interview Kerja yang Harus Dijawab Secara Profesional

 

Demikianlah Tips mudah mendapat kerja walau belum lulus kuliah yang bisa kita share kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencari pekerjaan yang sesuai.