5 Cara Agar Tidak Rugi Dalam Menggunakan Promosi Free Ongkir

69

Dalam bisnis online, biaya pengiriman adalah hal-hal yang disatukan dalam satu paket transaksi pembelian. Karena biaya pengiriman atau ongkos kirim, inilah yang kemudian banyak konsumen yang keberatan berbelanja online. Mak, dari situ, kemudian muncul dengan strategi pengiriman gratis untuk membangkitkan antusiasme konsumen untuk berbelanja online. Penerapan strategi pengiriman gratis tentunya harus seimbang dengan pertimbangan yang tepat. Karena jika ceroboh, strategi gratis ini dapat menjadi bumerang bagi bisnis Anda. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk membuat strategi atau promosi gratis dalam bisnis online tanpa kehilangan uang.

  1. Pengiriman Gratis untuk Beberapa Produk

Pertama, tips untuk membuat promosi ongkos kirim gratis tanpa kehilangan uang adalah dengan mengaturnya pada beberapa produk. Jika Anda tidak dapat mengambil terlalu banyak risiko dalam strategi ini maka menghilangkan ongkos kirim untuk beberapa produk bisa menjadi solusinya. Sehubungan dengan tips pertama ini, Anda dapat melakukan promosi dengan tema-tema tertentu, seperti hari manusia. Jadi dalam promo tema pria hari ini, hanya produk khusus untuk pria yang gratis. Sedangkan produk lain masih dikenakan ongkos kirim atau promosi lainnya seperti diskon. Dengan menetapkan promo ongkos kirim gratis pada beberapa produk, Anda dapat menghindari terlalu banyak risiko.

  1. Menerapkan Batas Pembelian Minimum

Selanjutnya, tips untuk membuat promosi gratis tanpa kehilangan uang adalah menerapkan batas pembelian minimum. Kiat-kiat ini adalah metode yang paling sering dijalankan oleh bisnis untuk menghindari kerugian. Dengan menetapkan batas pembelian minimum, Anda dapat memiliki perhitungan terpisah untuk menutupi biaya biaya pengiriman. Untuk menerapkan tips ini, tentu saja Anda harus memiliki perhitungan yang cermat dan tepat sehingga promosi tidak lantas membuat Anda overdraw.

  1. Tetapkan Lokasi Tertentu Untuk Ongkir Gratis

Lokasi pengiriman juga dapat menjadi referensi yang Anda simpan untuk promosi ongkos kirim gratis. Dalam hal ongkos kirim, aturan berlaku, semakin jauh lokasi pengiriman, biaya pengiriman akan semakin mahal. Agar Anda menjadikan beban biaya ini terlalu besar, maka pengaturan lokasi khusus untuk promo ini akan membantu bisnis Anda. Tentu saja ongkos kirim tidak terlalu besar, sehingga Anda dapat menentukan lokasi terdekat dengan lokasi bisnis Anda yang berhak mendapatkan promo ongkos kirim gratis.

  1. Membangun kemitraan dengan Ekspedisi

Anda yang memiliki mitra atau telah lama bekerja dengan ekspedisi atau setelan kurir tertentu dapat berkolaborasi untuk mempresentasikan promo pos. Beberapa ekspedisi tentu ingin bisnis mereka menjadi ramai dan tidak menderita kerugian ketika menjalankan bisnis mereka. Dengan kendaraan besar untuk mengirimkan barang, tentu saja ekspedisi akan menderita kerugian jika hanya mengirimkan beberapa barang. Karena itu dari sini sebenarnya ada peluang dan peluang bagi Anda untuk berkolaborasi dengan kurir untuk memberikan promo atau strategi pengiriman gratis. Tetapi ketika Anda akan bekerja sama dengan kurir ini, jangan hanya memikirkan keuntungan Anda sendiri. Tetapi Anda juga harus memikirkan solusi win-win yang juga memberikan manfaat kepada kurir. Ini dilakukan agar kolaborasi dan kemitraan yang Anda bangun dapat bertahan dan berjalan dengan sukses.

  1. Jual Produk melalui Marketplace

Akhirnya, tips menjalankan strategi atau promosi online tanpa harus kehilangan uang adalah menjual produk melalui pasar. Opsi ini memang dapat digunakan sebagai metode terakhir jika Anda tidak dapat memberikan solusi lain untuk promosi, gratis dari bisnis Anda sendiri. Pasar saat ini memang banyak terobosan untuk menghidupkan gairah belanja online dari publik. Salah satu terobosan tersebut adalah promo pengiriman gratis. Promo ongkos kirim gratis yang disajikan oleh marketplace sendiri adalah sebuah ide dan strategi dengan bekerja sama dengan ekspedisi tertentu dalam suatu perjanjian atau kemitraan. Nah, di sinilah Anda sebagai pedagang dapat menjadikan pasar sebagai tempat untuk menjual, yang dapat menawarkan promosi pengiriman gratis. Menariknya, dalam promo ongkos kirim gratis di pasar ini Anda tidak perlu repot memikirkan dan menanggung biaya biayanya.