Cara Mengeringkan Handphone Yang Basah Terkena Air

Cara Mengeringkan Hp Yang Basah
Cara Mengeringkan Hp yang Basah Terkena Air

Cara Mengeringkan Hp Yang Terkena Air, siapa sih sekarang ini yang tidak memiliki ponsel canggih. Ponsel yang sudah tak bertombol dan memakai sistem berbasis android dengan sengala macam merk dagang bisa kita dapatkan dengan harga yang bervariasi.

Namun, sudahkah anda tahu cara Mengeringkan hp yang terkena air ? kebanyakan orang akan merasa sangat sedih dan bingung saat ponsel yang mereka bawa terkena air atau bahkan tercebur ke dalam air. Hal ini sering sekali terjadi terutama pada anda yang suka bepergian ke pantai. Jadi sebelum anda bermain air dipantai pastikan letakan ponsel di tempat yang aman dan jauh dari air, kecuali ponsel anda anti air.

Kecerobohan dan lupa sering membuat ponsel terkena air. Mau tahu apa saja tips mengeringkan ponsel yang terkena air atau tercebur ke dalam air. Mari simak bersama – sama.

1. Segera ambil ponsel anda yang terendam dan kemasukan air (jangan dihidupkan )

Saat ponsel terjatuh ke dalam air baik sengaja maupun tidak sengaja, anda harus dengan segera mengambil ponsel anda. Tapi ingat JANGAN DIHIDUPKAN. Kebenayakn orang akan panik ketika ponsel mereka masuk ke dalam air dan tanpa sadar langsung dihidupkan kembali. Padahal hal ini bisa membuat kerusakan yang lebih parah. Jadi ingat dengan baik saat ponsel terkena air jangan dihidupkan dahulu.

2. Hisap bagian yang sulit dikeringkan
Setelah bagian – bagian luar dan terjangkau sudah anda keringkan. Bagian berikutnya yang harus dikeringkan adalah bagian dalam. Jangan gunakan hair drayer karena mengandung panas. Untuk mengeringkan bagian yang sulit , gunakan vacum cliner berukuran kecil agar angin yang bertiup tidak terlalu kencang.

3. Taruh ponsel di dalam toples atau wadah yang rapat
Setelah setiap bagaian ponsel sudah dikeringkan, segera masukan ponsel ke dalam toples ataua wadah yang tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk. Bisa menggunakan toples ataupun kontainer. Tutup rapat dan jangan dibuka setelahnya.

4. beri beras dalam wadah tersebut
Sebelum wadah ditutup , ambil beras secukupnya lalu kuburlah ponsel anda yang terkena air dengan beras tersebut di dalam toples atau wadah yang sudah disiapkan tadi. Pastikan toples benar – benar tertutup rapat.

5. letakkan dan simpan di area kering dan terkena cahaya matahari selama 5 – 7 hari.
Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah letakkan toples di tempat yang kering dan paling banyak terjangkau sinar matahari. Diamkan dan tunggu selama 5 – 7 hari , setelah didiamkan maka ponsel anda sudah siap dinyalakan dan digunakan kembali.

Semoga Cara mengeringkan hp yang terkena air di atas bisa membantu anda saat ponsel anda tanpa sengaja terkena air. Kalaupun cara diatas tidak berhasil sepenuhnya maka kerusakan yang dialami ponsel juga tidak akan terlalu parah. Saya ingatkan kembali bahwa saat ponsel terutama ponsel pintar terkena air jangan pernah coba untuk menghidupkannya sebelum melakukan pertolongan pertama di atas.

Baca :

Kenapa Hp Android Cepat Panas?