5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidup Lebih Ceria

1724

Kesehatan mental dan tanda – tandanya

Cara Menjaga Kesehatan Mental
Cara menjaga Kesehatan mental – Foto Internet

Kesehatan mental merupakan keadaan dimana seseorang merasa ketenanagan dalam dirinya dan bisa berbahagia dalam melakukan semua bentuk aktivitas yang ia lakukan dalam kesehariannya. Sedangkan Kesehatan mental menurut WHO di definisikan sebagai keadaan dimana individu merasakan kesejahteraan dalam dirinya.

Kesehatan mental layaknya kesehatan lain juga memiliki tanda – tanda khusus yang lebih mencolok sebagai penanda apakah diri kita benar – benar memiliki kesehatan mental atau tidak.

Berikut tanda – tanda kesehatan mental ada dalam diri kita :
Kesehatan mental berkaitan erat dengan potensi seorang individu lalu kemudian ia berusaha untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya.

Kesehataan mental mendorong seseorang untuk mengatasi segala bentuk ketertekanan yang ada dalam dirinya. Seseorang yang memiliki kesehatan mental akan bisa bekerja lebih produktif dan memberikan manfaat yang banyak kepada orang lain. Dalam dunia kerja orang yang memiliki kesehatan mental akan bisa menikmati perkerjaannya dan bisa memberikan hasil kerja yang maksimal.

Dalam keluarganya mereka bisa membangun keharmonisan antar sesame keluarganya. Memiliki kesehatan mental akan bisa menjadikan seseorang bisa bergaul dengan cara yang baik dan mampu membuat suasana menjadi nyaman dan penuh kehangatan diantara teman dan yang lainnya.

Dari mana sebab terganggunya kesehatan mental kita?…
Kesehatan mental bisa terganggu dari berbagai aspek baik lingkungan dan juga cara berinteraksi dengan manusia lain dan alam. Seringkali semua kegiatan menjadikan kita tertekan mental dan juga pergaulan yang salah merubah keadaan seseorang menjadi tidak sehat mentalnya.

Lingkungan yang tidak nyaman juga akan menjadikan suasana hati seseorang menjadi gersang ibarat tanah lapang yang lama tidak di turuni hujan, begitu juga dengan kesehatan mental kita, apabila suasana yang tidak kondusif dan laingkungan serta keadaan dimana kita tinggal tidak membawa kedamaian maka akan menjadi kesehatan mental kita untuk berinteraksi dengan yang lainnya tidak sebagaimana mestinya.

Dunia kerja yang selalu menuntut kita untuk berkerja setiap waktu, hutang yang menumpuk menjadikan pikiran kita menjadi tidak bisa kosentrasi dengan baik dan pada akhirnya berdampak pada kesehatan mental kita, menjadi terlihat seperti manusia yang tertekan, stress dan sebagainnya.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan agar kesehatan mental kita tetap bisa terjaga. Diantaranya sebagai berikut :

1. Menghargai dan menerima keadaan diri sendiri.
Banyak orang yang tidak bisa menghargai jerih payah dirinya. Setelah berkerja banting tulang siang malam kemudian setelah behasil ia menjadi orang yang lupa akan jerih payahnya dengan se enaknya menghambur – hamburkan hasil jerih payahnya pada hal – hal yang tidak bermanfaat. Mereka juga berkerja tidak memperhitingkan kesehatan dirinya pada akhirnya mudah sakit dan semua kesehatannya terganggu.

Oleh sebab itu untuk menjaga kesehatan mental hendaklah kita bisa menghargai diri sendiri dan menerima keadaan diri sendiri tidak ingin menjadi orang lain. Mengenali kelamahan dan kelebihan diri sendiri serta mencari tahu dimana skill anda bisa di jalankan. Dan lain sebagainya.

2. Libatkan keluarga
Ketika menghadapi berbagai permasalahan hidup rumah tangga, jangan melakukannya sendiri dalam mencari solusi, libatkan keluarga, minta pendapat mereka dengan begitu masalah dalam kehidupan rumah tangga akan mudah di temukan solusinya.

3. Aktif berkegiatan mengembangkan wawasan tentang dunia luar
Banyak cara enjadikan kesehatn mental menjadi lebih kondusif diantaranya dengan membuka lebar wawasan kita, ikut bergabung bersama organisasi – organisasi kegiatan social dyangmempunyai tujuan yang jelas dan baik, dengan begitu kita akan banyak tahu tentang dunia luar yang sebelumnya tidak pernah kita sentuh bahkan selalu hidup sendiri tanpa pernah ikut campur dalam kegiatan social dan berorganisasi.

4. Curhatlah pada orang yang bisa di percaya
Ketika menhadapi permaslahan yang bersifat menekan dan pribadi, cobalah untuk melakukan curhat kepada orang lain, dengan begitu ketika semua permasalahan dalam otak sudah di lepaskan dan keluarkan melalui cerita atau curhat semua masalah yang menekan akan menjadikan pikiran kita menjadi lebih fresh. Tetap memperhatikan kepada siapa anda berbagi masalah, jangan bercerita kepada orang yang salah yang nanti justru bukan memberikan solusi melainkan malah mematikan hidup anda dengan masalah baru.

5. Aktif bergerak
Temukan olahraga yang kita sukai dan mulai lakukan. Latihan pada badan dipercaya dapat mengeluarkan senyawa kimiawi di dalam otak yang membuat kita merasa lebih baik. Oleh karena itu, olah raga teratur dapat membuat kita merasa lebih positif,membantu konsentrasi, tidur, serta membuat kita merasa dan terlihat lebih baik. Bergerak tidak harus dengan olahraga, namun dapat dilakukan melalui kegiatan lain seperti berjalan di taman, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Lakukan selama minimal 30 menit, 3 – 5 kali seminggu.

Selain itu anda juga bisa elakukan hal – hal ringan di bawah ini untuk menjaga kesehatan mental:

Istirahatlah yang cukup, jangan memaksakan tubuh anda untuk berkerja jika sudah tidak kuat lagi.Lakukan kegiatan sesuai minat dan bakat anda agar hasilnya bisa maksimal.Atur pola makan yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat menyehatkan.

Jangan malu meminta bantuan dan bertanya kepada orang lain perihal permasalahan yang anda hadapi. Belajar dan teruslah belajar bagaimana bisa menjadi manusia yang selalu berpikir positif dan selalu memandang betapa indahnya hidup ini.

Baca Juga: Tips Buat yang Muda Begini Cara Menjaga Kesehatan Dengan Baik

Demikanlah ulasan seputar kesehatan mental dan bagaimana cara kita bisa menjaga mental kita agar tetap berada dalam garis kesehatan sehingga bisa menjadikan hidup lebih ceria penuh kebahagiaan. Karena hidup akan terasa indah apabila kesehatan mental kita terjaga dan tanpa adanya tekanan – tekanan mental yang memaksa kita untuk berpikir negative. Salam sehat.