5 Pelajaran Bisnis dari Milyader Mark Cuban Dan Richard Branson

1825

Pelajaran Bisnis

Pelajaran Bisnis – Saat hendak memulai membangun sebuah bisnis sebetulnya bisa saja kita mencari banyak pelajaran bisnis di internet, kita bisa banyak menemukan berbagai tulisan ide bisnis dan strategi yang beragam, sayangnya kita belum pernah tahu sisi lain dari penulis tersebut yang kita dapatkan hanyalah apa yang terkandung saja didalamnya tanpa mengenal apakah benar si penulis menjalankan hal tersebut, maka kali ini dengan tema mengambil pelajaran bisnis dari Milyader sukses seperti Mark Cuban dan Richard Branson akan menjadi hal menarik karena mereka benar – benar telah melalui apa yang disampaikan dirinya.

Berikut 5 pelajaran bisnis yang dikemukakan oleh dua Milyader sukses Mark Cuban dan Richar branson dilansir dari laman entrepreneurdotcom :

1. Membangun Bisnis Yang benar – benar memberikan dan memecahkan Masalah
Kedua milyader menyampaikan , apabila kita hendak membangun sebuah bisnis maka bangunlah bisnis yang benar benar memberikan solusi dan memecahkan masalah nyata yang terjadi di masyarakat

Perusahaan yang paling sukses di dunia bisa bertahan lama muncul dari kebutuhan asli dan akibatnya menciptakan peluang nyata dan nilai. “Inovasi” hanya proses pemecahan masalah dengan solusi kreatif yang tidak pernah memikirkan atau dieksekusi sebelumnya.

2. Kegagalan yang Cepat Mengalihkan Bisnis
Saat pertama kali kita menjalankan misi bisnis untuk bisa menjadikannya sebuah bisnis yang sehat dan berkembang tak selamanya bisa berjalan dengan mulus.

Dari situlah kita harus cepat bertindak mencari dan menemukan solusi dari masalah bisnis yang terjadi, semakin cepat menemukan masalah dan solusi maka akan semakin baik bagi bisnis kita. Kuncinya adalah segera menemukan solusi atau cepat berlaih.

Membangun sesuatu yang memberikan nilai pasar masing-masing akan membutuhkan beberapa upaya dan kegagalan. Ini adalah kasus dengan setiap perusahaan yang saya telah membangun. “ ujar mark.

3. Membangun tim yang hebat dan Anda akan berakhir dengan produk atau layanan yang juga hebat.
Sebagian besar pengusaha saat memulai sebuah bisnis banyak berpikir tentang ide dan ide bisnis saja, pada akhirnya karena kelamaan sibuk memilih ide bisnis tak satupun ada produk yang keluar ke pasar.

Investor seperti Kuba dan Branson melihat tim sebanyak produk. Jika Anda memiliki tim yang tahu bagaimana memecahkan masalah dan bertahan, Anda dapat bertukar pikiran dengan mereka, iterate dan prototipe sampai Anda tiba di ide yang tepat. Tim yang tepat memiliki hak campuran sikap, kecerdasan, ketekunan, semangat dan keahlian khusus.

4. Membangun Budaya didalam bisnis dari awal.
Kebiasaan atau Budaya adalah dasar dari perusahaan Anda, dan budaya berasal dari orang yang berada di ruang lingkup bisnis yang anda bangun bersama mereka, bukan teori. Hari ini, saya mengikuti rumus SWAN: Cerdas, berkerja keras, ambisius dan teliti. Jika dari awal sebuah bisnis sudah menciptakan budaya buruk dan negative dalam setiap perkerjaan yang mereka lakukan maka lambat laun budaya yang dibuat oleh orang yang berkcimpung didalamnya terus mengakar dan menghancurkan bisnis anda.

5. jangan Pernah takut Menembus Batasan Kemampuan Diri
Milyader Kuba dan Branson mengatakan bahwa perusahaan yang paling sukses di dunia menciptakan warisan dengan melanggar aturan dan tidak mengikuti keyakinan atau pola pikir yang umum terjadi. Dalam hal ini jika anda berani mengambil tindakan yang benar dan menantang, maka disitu disebut dengan istilah “pergeseran paradigma,” “transformasi” atau istilah apa pun yang membuat Anda termotivasi.

Mengambil “jalan yang jarang dilalui oleh kebanyakan orang” akan menjadi tantangan dan membawa perubahan besar bagi diri dan bisnis yang dijalani, ini juga berlaku sejak anda mulai membangun bisnis model.

Seperti itu juga yang terjadi, jika anda berani, maka tips dan pelajaran bisnis yang telah dituliskan diatas bisa saja anda abaikan dan mulai membuat jalan untuk bisnis anda sendiri dengan strategi hebat dan Model Bisnis yang matang. Jika anda berhasil maka itu akan menjadi pelajaran terbaik dan menjadi kebanggaan bagi anda kelak untuk mengajarkannya kepada orang lain dari pengalaman dan terobosan baru yang telah anda buat sendiri.

Baca : 25 Karakter Umum Seorang Pengusaha Sukses