Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini Agar Terkontrol

Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini
Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini – Ilustrasi Image

Tips menjaga kesehatan anak usia dini semua orang sudah seharusnya menjadi perhatian khusus bagi setiap orang tua yang menginginkan anaknya tetap dalam kondisi sehat dan ceria, karena sangat menyedihkan sekali bila melihat si buah hati murung karena menderita penyakit tertentu akibat kurang perhatiannya orang tua terhadap kesehatan mereka.

Ada banyak sekali tips menjaga kesehatan anak yang bisa dilakukan baik yang telah dikemukan oleh para dokter ahli kesehatan anak maupun dari para pakar parenting tanah air maupun dunia, begitupun juga banyak artikel kesehatan anak telah ditulis. namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah sudah di lakukan berbagai tips menjaga kesehatan anak tersebut, apakah sudah konsisten diterapkan atau hanya sesekali saja?… itulah PR besar bagi orang tua yang tidak ingin si kecil terkena penyakit di usia dini mereka.

Untuk menjaga kesehatan anak mesti harus mahal dengan membelikan mereka makanan yang harganya mahal, karena sejatinya jika orang tua teliti ada banyak cara murah meriah dan sederhana agar si anak bisa tetap sehat dengan diberikan perhatian khusus, berikut ini ada lima tips menjaga kesehatan anak yang bisa diterapkan oleh para orang tua dirumah:

1. Menjaga Pola Tidur mereka secara teratur

Tips menjaga Kesehatan anak pertama adalah dengan memperhatikan jam tidur dan durasi tidur merek. Anak yang kekurangan jam tidurnya bisa menyebabkan mereka terkena iritanbilitas dan sulit untuk konsentrasi pada berbagai hal juga bisa menjadi sebab kegemukan jika keseringan tidak tidur. Orang tua perlu tahu bahwa anak yang berada di rentang usia 6 tahun hingga 12 tahun memerlukan durasi tidur sekitar 9-11 jam sehari.

Baca Juga: Pendidikan Anak Usia Dini Seberapa Pentingkah?

Mengontrol jam tidur anak secara teratur menjadi sangat penting, terlebih sekarang berbagai acar TV bisa menjadikan mereka lupa akan kewajiban tidur untuk menjaga kesehatan diri mereka, jika bukan orang tuanya yang menertibkan lalu siapa lagi yang harus peduli dengan jam tidur mereka, jangan sampai mereka terbiasa begadang hanya karena banyak nonton televise atau melakukan hal yang tidak bermanfaat sama sekali.

2. Mendorong Anak Agar mau Berolahraga Secara rutin dan Teratur

Usahakan sebagai orang tua membeikan motivasi bagi anak agar mau berolahraga, sekarang berbagai hal kemudahan membuat anak menjadi jarang melakukan aktivitas yang bisa menguatkan tulang, bahkan untuk pergi belanja saja perlu motor dan mobil, lalu kapan lagi mereka melakukan kativitas olahraga dengan baik jika tidak diberikan dorongan dari orang tua.

Perlu sekali untuk mengarahkan si anak agar berolahraga dan menemukan olahraga favorite mereka sehingga mereka menjadi senang melakukannya, terutama pagi hari sebelum berangkat sekolah tidak ada salahnya ajak mereka jalan santai mengitari perumahan atau komplek atau membuat jadwal olahraga khusus.

3. Biasakan mereka membawa bekal dan Camilan sehat dari rumah

Kemudahan untuk mendapatkan makanan diluar membuat anak menjadi kurang perhatian terhadap makanan yang masuk kedalam perut mereka, uang jajan yang diberikan terkadang habis dalam sekejap karena digunakan untuk membeli jajan yang lebih banyak tidak bagus bagi kesehatan.

Ajarkan kepada anak dan membiasakan diri mereka untuk membawa bekal dari rumah, sebagai ibu atau ayah bisa menyiapkan bekal beruma camilan ringan seperti buah-buahan, selai atau roti gandum dan sayuran sehat bagi mereka. Selain untuk kesehatan juga bisa bermanfaat untuk membiasakan mereka tidak boros dengan uang jajan sehingga bisa menabung sejak dini.

4. Memenuhi kebutuhan sayuran dan buah-buahan mereka

Perhatikanlah kebutuhan akan sayuran hijau nan sehat dan juga buah-buahan yang baik dan menyehatkan anak anda, Manfaat sayuran dan buah-buahan sehat bagi si anak diantaranya untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan tulang, gigi dan juga memperlancar pencernaan mereka.

Kebiasaan mengkonsumsi sayur sejak dini akan dibawa mereka hingga dewasa dan menjadi tidak alergi dengan sayur mayor sehat buatan rumah, Jangan memanjakan mereka dari awal dengan memberikan makanan mewah tapi tidak sehat jika memang bisa melakukan hal yang sederhana, murah dan menyehatkan.

Uang bisa dicari tapi kesehatan lebih berharga daripada harta yang dimiliki dan anak merupakan amanah tuhan yang harus dijaga dengan baik.

5. Memberikan sarapan bagi anak dengan makanan bergizi

Selain bentuk pembiasaan kepada anak agar mau sarapan dan rutin mengatur jadwal makan mereka juga yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan anak di usia dini agar tidak mudah sakit karena sering telat makan.

Baca Juga: Inilah 9 Manfaat Menyusui Bayi Bagi Seorang Ibu

Memberikan Srapan sehat bagi anak sebelum berangkat sekolah atau pergi keluar melakukan kegiatan lainnya bisa mencegah mereka makan berlebihan di siang hari.

Terkait pentingnya sarapan pagi bagi anak, Kepala Gastroenterologi Anak dan Gizi di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston sekaligus Profesor Pediatri di Harvard Medical School Dr. Ronald E. Kleinman pernah mengatakan, sarapan pagi berkontribusi dalam menimbulkan perilaku dan kinerja yang lebih baik pada anak. Terutama pada mata pelajaran tertentu, seperti mata pelajaran matematika dan berhitung lainnya.

Baca: 5 Kreteria Asuransi Kesehatan Yang Bagus Untuk Anda Pilih

Itulah lima info kesehatan anak dan tips menjaga kesehatan anak usia dini agar tetap dalam kondisi kesehatan yang stabil setiap harinya, Sesibuk apapun anda sebagai orang tua jangan pernah membiarkan anak anda menjadi tidak terkontrol, karena mereka jauh lebih berharga dari urusan dunia anda lainnya. Bayangkan betapa sedihnya mereka yang kesulitan memiliki buah hati agar anda lebih termotivasi dalam merawat dan menjaga kesehatan anak di usia dini mereka maupun hingga menjelang dewasa.