5 Tips Presentasi Memukau

2592

Tips Presentasi Menarik

Tips Presentasi Menarik
Tips Presentasi Menarik

Presentasi adalah hal yang sangat penting untuk menyampaikan apa ide – ide anda. Apalai kalau anda adalah seorang pebisnis. Presentasi yang menarik dan memukau akan menentukan keberhasilan tujuan anda. Akan tetapi, banyak yang belum bisa membuat presntasi yang memukau. Nah mau tahu tips agar presentasi memukau ? mari langsung saja kita simak tips – tipsnya berikut ini.
1. Topik dan objektif ( topic and objective )
Pemilihan topik dan tujuan presentasi yang sesuai audience. Agar presentasi menarik maka anda harus bisa menyesusaikan topik dengan siapa audience anda. Jangan sampai anda presentasi tentang lingkungan hidup di depan audience pebisnis. Secara otomatis mereka tidak akan tertarik. Jadi perlu diingat agar presntasi memukau dan menarik harus sesuai dengan tujuan dan audience.
2. Struktur ( structure )
Komponen kedua adalah sturktur presentasi. Struktur di sini adalah apa saja topik – topik yang akan anda sampaikan ke audience harus sudah dipersiapkan agar saat presentasi tidak berbelit – belit. Kadang ada presenter yang presentasinya tidak berstruktur sehingga audience dibuat kebingungan. Maka struktur presentasi yang akan anda sampaikan harus sudah siap jauh – jauh hari untuk hasil presntasi yang memukau dan tujuan tersampaikan.
3. Konten ( content )
Konten adalah tehnik dan cara presentasi yang baik. Kebanyakan orang kalau presntasi hanya menjelaskan. Padahal banyak cara presentasi yang lain selain hanya menjelaskan. Jadi buatlah presntasi dengan konten yang menarik dan bervariasi. Tambahkan video dalam presentasi. Bisa juga penyampaian presentasi dengan bentuk cerita atau game. Intinya agar presentasi memukau anda harus kreatif dalam pembuatan konten.
4. Penyampaian ( Delivery )
Delivery atau penyampaian adalah hal yang paling penting dalam presentasi. Ketika 3 hal diatas sudah sangat matang dan siap tempur tapi jika penyampaian yang dilakukan membosankan maka orang akan bosan, mengantuk, jenuh bahkan tertidur. Saat berpresentasi body languange dan intonasi sangat mempengaruhi respon audience. Selain itu faktor lain yang mempengaruhi adalah penguasaan materi. Kalau penguasaan materi dan body languange serta intonasi yang anda bawakan menarik dijamin presentasi akan memukau.
5. Setting
Setting merupakan faktor eksternal dalam presntasi. Bisa dalam bentuk tata ruang, tata letak kursi , sound system dan faktor lain yang bisa menghambat presntasi. Kadang ruangan yang penataannya tak sesuai maka akan membuat presentasi tidak maksimal. Sound system juga faktor eksternal yang sering membuat presentasi gagal. Jadi sebelum presentasi dimulai pastikan faktor – faktor eksternal ini sudah di cek terlebih dahulu.

Demikian 5 tips yang bisa membantu anda untuk membuat presentasi yang anda sampaiakan mampu memukau audience dan diakhir acara anda mendapatkan tepuk tangan meriah serta tujuan anda bisa diterima dengan baik oleh audience. Untuk anda yang berbisnis anda wajib menerapkan tips – tips diatas kalau ingin presentasi yang anda sampaikan memukau.

Baca juga :

6 Cara Menjadikan Bahasa Tubuh Mampu Menaik Perhatian