6 Cara Membuat CV Surat Lamaran Kerja Yang Sulit Ditolak

1127

Tips Cara Membuat CV Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan sulit Ditolak

Cara Membuat CV Surat Lamaran Kerja Yang Sulit Ditolak

Cara membbuat CV Surat lamaran kerja yang benar sangat penting untuk dipelajari sebelum benar-benar anda memutuskan melamar kerja, tanpa mengetahui penulisan surat lamaran kerja yang benar maka akan membuat anda kesulitan dan justru akan asal menulis lamaran, hingga akhirnya sama sekali tidak dibaca oleh pihak pencari kerja.

Salah satu Dokumen penting dalam surat lamaran kerja adalah Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup yang menjelaskan secara singkat tentang diri seseorang, mulai dari pendidikan, skill atau keahlian yang dimiliki, hingga pengalaman kerja yang pernah dijalani.

Penulisan Surat Lamaran kerja termasuk CV yang baik dan benar menjadi langkah awal nasib anda apakah bisa membuat perekrut mau melirik atau malah sebaiknya ikut bersama surat lamaran yang lain menumpuk di tong sampah, Minimal anda sudah bisa membuat CV anda mau dibaca dari awal hingga habis itu saja sudah lumayan, karena beberapa kasus bahkan ketika menulis tanggal dan nama perusahaan yang salah di awal maka akan menyebabkan bagian isi juga justru tidak akan dibaca sama sekali oleh pihak perekrut.

Berikut Ini ada 6 Cara membuat CV Surat Lamaran Kerja Yang bisa membuat anda bisa lngsung diterima oleh perusahaan tujuan anda:

1. Memperhatikan Format Penulisan yang Benar
saat anda menulis surat lamaran kerja atau CV pastikan menulis dengan tulisan yang rapi dan mudah dibaca oleh HR, Jangan sampai ada kesalahan penulisan atau Typo serta menggunakan format huruf yang mudah dibaca.

Ukuran font yang huruf yang bisa digunakan 10 hingga 12 dengan jarak spasi 1,5. Gunakan Format Font huruf yang standar dalam pembuatan surat Lamaran yaitu ” Time New Roman” atau ” Arial” Pilih salah satunya jangan di kombinasi.

 

2. Jangan membuat Seni Tulisan Berwarna -Warni
Sebisa mungkin saat anda membuat CV hindari membuat tulisan berwarna warni, kecuali anda menuju perusahaan yang berkaitan dengan seni dan desain grafis dan itu diminta, kalau tidak diminta maka hindarilah.Karena akan membuat kesan surat lamaran anda tidak formal.

3. Sertakan Informasi yang Lengkap
Ketika membuat CV usahakan anda menuliskan informasi secara lengkap tentang diri anda, keahlian, pengalaman kerja, deskripsi tentang diri anda, bahkan jika ada referensi dari orang yang tepercaya dan tuliskan semuanya secara jujur sesuai dengan yang ada pada anda, ini akan lebih memudahkan bagi perekrut untuk menilai sebelum anda mendapatkan panggilan wawancara.

 

4. Membuat CV yang Ringkas dan Jelas
Kamu juga perlu memperhatikan ketika membuat cv tulislah dengan bahasa yang jelas dan ringkas mudah dipahami, agar lebih mudah bagi mereka untuk mengetahui siapa diri anda dan tujuan anda. Karena cv yang terbelit-beli akan membosankan untuk dibaca akhirnya hanya menumpuk di tempat sampah.

 

5. Cantumkan Juga Prestasi yang Relevan
beberapa perusahaan pencari tenaga mungkin akan menjadikan prestasi sebagai salah satu pertimbangan ketika mencari orang yang bisa bekerja untuk mereka, jika anda memiliki prestasi maka cantumkan prestasi yang relavan dengan tujuan pekerjaan dimana anda melamar, karena itu akan menjadi pertambangan dan nilai lebih bagi diri anda untuk bisa keterima.

 

6. Ikuti Persyaratan Yang ditentukan oleh Perekrut
Tidak dipungkiri setiap perusahaan yang sedang menyediakan lowongan kerja pasti mencantumkan syarat dan kebijakan masing-masing dalam mencari tenaga kerja. Jadi, Pastikan anda mengikuti Syarat yang diminta dan melengkapinya dengan sebaik mungkin, selain sebagai bukti anda serius ingin mendapatkan pekerjaan itu juga akan menjadi pertimbangan dari perusahaan dalam memilih anda sebagai salah satu kandidat yang bisa diterima kerja di tempat mereka.

Hindari membuat syarat sendiri tanpa diminta, jika memang ingin mendapatkan kesempatan kerja pada perusahaan yang anda tuju.

Baca: 4 Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan Walau Belum Lulus Kuliah

Itulah Enam Cara Membuat surat lamaran kerja yang sulit ditolak oleh perusahaan pencari tenaga kerja, jika anda serius mengikuti presedur yang ada serta membuat dan menulis surat lamaran dengan benar maka peluang kesempatan kerja terbuka untuk anda.

Baca Juga: Sulit Mendapatkan Pekerjaan, Lakukan 4 Hal Ini