Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Menjaga Baterai LaptopCara merawat baterai laptop yang baik dan benar sudahkah anda berusaha untuk menarapkannya, atau sebaliknya malah baterai anda tidak terawatt sama sekali sehinga hampir setiap tahun baterai laptop anda selalu minta ganti yang baru, sudah berapa banyak uang di habiskan hanya untuk mengurus baterai saja, padahal anda hanya perlu sedikit menerapakan cara merawat merawat baterai laptop agar tahan lama dengan begitu akan mengirit pengeluaran anda.

cara merawat baterai laptop agar tidak cepat drop tidaklah begitu sulit anda hanya perlu ketelatenan sedikit saja sehingga dengan perhatian sedikit terjhadap baterai laptop yang anda miliki keawetannya bisa terjaga lebih lama, memang cara merawat baterai lapto dengan baik dan benar tidak memberikan jaminan kalau baterai anda akan bertahan seumur hidup tapi setidaknya dengan melakukan tips cara merawat baterai laptop biar awet agan meminimalisir resiko keborosan pada daya baterai laptop anda.

Berikut 5 cara merawat baterai laptop dengan benar :

#1. Rajin rajinlah anda memersihkan logam pada baterai
Meskipun terlihat sepele logam pada baterai laptop kalau tidak di perhatikan dengan baik akan membawa dampak yang jelek pada ketahan baterai laptop anda, karena apabila bagian logam baterai jarang di bersihkan akan menjadi karatan dan penuh kotoran jika sudah demikian maka akan menjadi penyebab daya yang masuk ketika di lakukan pengecasan akan terganggu dan kurang maksimal.

#2. Jaga kondisi suhu pada laptop anda.
Anda harus menjaga tingkat kepanasan laptop, adanya kipas dalam laptop berfungsi agar system kerja laptop tidak menjadi terlalu panas, jika laptop anda kepanasan yang berlebihan maka otomatis baterai anda akan berkerja dengan keras dan akan mengeluarkan daya yang besar juga itu sebabnya cepat drop. Jika anda sudah mendengar suara kipas tidak normal atau sangat keras sebaiknya gunakan bantuan kipas dari luar agar kondisi suhu laptop tetap stabil.

#3. Jangan menggunakan Laptop pada suhu ruangan yang tingkat panasnya tinggi
Jika anda menggunakan laptop pada tingkat suhu suatu ruangan yang tinggi maka akan mengurangi peforma daya baterai anda di akibatkan system kerjanya yang keras dan panas dengan begitu baterai akan lebih cepat habis, jika sering habis dan di lakukan charger terus menerus bateraipun akan cepat drop.

#4. Jangan Melepas baterai jika kestabilan listrik tidak baik
Biasanya ada orang yang suka menggunakan laptop dengan mecabut baterai, jika anda termasuk yang demikian sebaiknya waspadalah. Tentunya anda tidak mau laptop anda rusak mati total bukan di karenakan kestabilan listrik terganggu, jika listrik mati secara tiba – tiba makan akan berakibat konslet di dalam laptop anda, jika demikian maka berakibat pada herdware laptop menjadi rusak. Baterai berfungsi mengontrol arus listrik pada laptop , jika di lepas maka mesin laptop secara langsung yang akan menjadi sasarannya, lebih baik baterai yang rusak dari pada laptop anda mati total. Jadi waspadalah kalau mau cabut baterai ketika di gunakan sambil di charger.

Baca Juga : Cara Menghemat Baterai Laptop

#5. Jangan lupa dimatikan jika laptop tidak di gunakan atau di tinggal tidur
Biasanya karena sedang berkerja kemudian istirahat laptop di biarkan menyala, kebiasaan ini tidak baik bagi laptop anda, akibatnya akan merusak bagian heasting laptop juga berakibat pada sitem pendingin laptop, apalgi bagi anda yang suka mencharger sambil di tinggal tidur sebaiknya jangan di biasakan karena kalau di charger terlalu lama sementara baterai sudah penuh tapi listrik tetap tersambung akan merusak baterai dan ini penyebab menjadi gambang ngedrop. Karena daya yang sudah masuk akan kembali bolak balik karena kepenuhan sementara arus listrik tidak di cabut.

Kalau mau tidur lepas saja colokan charger ke laptop anda, silahkan di lanjutkan mengecas jika sudah bangun.

#6. Jangan membiasakan mengecas laptop sambil di gunakan untuk berkerja, sebenarnya bisa – bisa saja namun ketika sudah penuh harus segera di lepas chargernya jangan di biarkan tetap ngecas meskipun sudah terlihat penuh karena berakibat menjadikan baterai juga cepat ngedrop dan tidak bisa bertahan lama.

Demikian 6 cara merawat baterai laptop yang baik dan benar semoga dengan memperhatikan 6 cara merawat baterai laptop agar cepat awet akan membantu dalam menjaga laptop dan baterainya tetap dalam keadaan baik – baik saja ya.

Artikel di tulis dan di kirim oleh Muhammad Abral, terimakasih atas pertisipasinya ya…

You May also Like :

Cara Mempercepat Startup Windows 7