6 Menu Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sedang Haid

3175

Menu Makanan Yang Perlu Di Hindari semasa Menstruasi

Menu Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sedang Haid
Menu Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sedang Haid

Menu makanan yang harus di hindari ketika anda sedang dalam masa haid perlu di ketahui agar kesehatan tetap terjaga dan menstruasipun tidak menjadi beban penyakit yang menambah emosi dalam kesehaian semasa haid anda.

Ada banyak menu makanan yang harus di hindari ketika haid namun kali ini kita akan share 6 menu yang lebih sering dan mudah sekali anda temukan dan secara otomatis juga akan membuat anda lebih gampang tergoda.

Apa saja menu makanan yang harus di hindari ketika sedang menstruasi?… berikut daftarnya.

Daftar 6 menu makanan yang perlu di hindari semasa haid :

1. Makanan Mengandung Kafein
Semasa haid sobat wanita harus menghindari makanan atau minuman yang di dalamnya terdapat kandungan kafein, karena kandungan tersebut akan membuat pembuluh darah akan mengalami penyempitan dengan begitu tubuh anda akan mengalami dehidrasi yang berlebihan. Jika sudah demikian maka kondisi tubuh anda akan menjadi mudah lemes, lelah, gugup dan bahkan sering pusing atau sakit kepala.

2. Menu Makanan yang di proses dengan cara di Panggang
Ketika sedang menstruasi anda harus bisa menghindari makanan yang di olah dengan cara panggang, jika tidak maka akan beresiko membuat perut anda menjadi kram dan nyeri yang lama. Kanapa demikian?… karena kandungan lemak trans yang terdapat di dalam makanan yang di panggang jauh lebih besar di bandingkan makanan lainnya, hal tersebut memicu meningkatnya kadar estrogen yang menjadikan Rahim anda terasa sakit dan perih.

3. Makanan dengan kandungan Kadar Gula Tinggi
Semasa haid anda juga harus menghindari menu makanan yang mengandung kadar gulanya tinggi, apa saja contohnya?…seperti permen dan soda dll. Kenapa harus di hindari ?… karena di dalam makanan yang mengandung kadar gula tinggi akan menjadi penyebab kadar gula dan darah di dalam tubuh menjadi meningkat dan itu juga akan berpengaruh terhadap emosi anda. Sehingga ketika haid anda sering sekali dan lebih mudah sensitive terhadap hal – hal sepele yang terjadi.

4. Menu Makanan Olahan
Menu makanan dan minuman olahan kaleng sering menjadi alasan instan ketika malas masak dan lainnya, tapi anda juga harus tahu bahwa di dalam makanan olahan seperti makanan kaleng dan sebagainya tersebut mengandung sodium dan natrium yang sangat tinggi, sedangkan efeknya bagi anda adalah tubuh menjadi membengkak. Itu mengapa anda sering terlihat lebih gemuk dan padat isinya ketika sedang menstruasi.

5. Makanan berupa Biji Olahan
Menu makanan yang berupa Biji olahan seperti pasta, roti, dan lainnya ternyata memiliki kandungan nutrisi yang kurang penuh dibandingkan sumber aslinya sehingga menjadi penyebab kadar gula dalam darahmu menjadi tidak stabil dan itu menjadi penyebab kondisi Rahim anda menjadi mudah kram.

6. Makanan Berupa Gorengan
Mengkonsumsi makanan yang di olah dengan cara di goreng juga harus anda hindari, karena makanan yang di goreng menjadi penyebab kadar estrogen meningkat dan kalau kadar tersebut meningkat tinggi akan menjadikan anda lebih mudah merasa nyeri tau istilah nyeri haid. Karena di dalam makanan yang di goreng mengandung kadar lemak dan minyak yang sangat tinggi.

Lalu solusi pengganti makanan di atas apa ?
Ketika dalam masa haid atau mentruasi sebaiknya anda mengkonsumsi air putih dan sayuran serta buah – buahan segar alami agar tubuh ternurisi dengan baik. Dengan begitu keadaan hormon di dalam tubuh anda pun tetap berada pada kondisi yang stabil.

Baca Juga: Omega-3 Solusi Nyeri Saat Haid

Demikian ulasan mengenai enam menu makanan yang harus di hindari ketika masa haid, semoga bermanfaat sobat wanita. Salam sehat untuk sahabat semuanya.