6 Strategi Menjadikan Produk Mampu Bersaing Di Pasar International

10172

Strategi Jitu Agar Produk Mampu Bersaing Di Pasar Internetional

Cara Menghadapi persaingan International
Persaingan Produk Di Pasar International anda akui ataupun tidak kini semakin ketat melebihi ketatnyanya persaingan pasar nasional, terlebih lagi dihadapan kita terbentang pasar bebas yang mana masing – masing Negara harus mampu memasarkan produk mereka sendiri dengan cara yang lebih jitu agar mampu memenangkan persaingan pasar bebas tersebut.

Mereka yang mampu menembus pasar international dengan produk mereka tentunya tidak begitu saja dengan mudahnya masuk kenagara lain, melainkan harus mengerahkan berbagai strategi jitu agar produk mereka bisa diterima konsumen international. Kita kali ini akan membahas 6 tips menjadikan produk yang kita tawarkan mampu bersaing di pasar international.

Berikut 6 strategi agar produk mampu bersaing di pasar International:

#1. Menciptakan Produk yang berbeda
Dalam persaingan bisnis seorang pengusaha yang ingin erperan sebagai market leader maka mereka harus bisa meluncurkan produk – produk baru yang berbeda, bukan hanya sekedar berbeda saja melainkan juga diiringi dengan kualitas yang diminati oleh konsumen, ide kreatif harus benar – benar bisa anda jalankan. Dalam hal ini beberapa hal yang mencakup dalam peluncuran produk dengan model berbeda diantaranya : Kualitas, fitur, rasa, hegienis, kemasan dll. semakin anda bisa melakukan inovasi menjadikan produk anda berbeda dari produk yang sudah ada maka peluang untuk mampu bersaing di pasar international makin terbuka lebar untuk anda.

#2. Gencar dalam mempromosikan keunggulan produk anda
Anda harus tahu bahwasanya konsumen modern kini lebih jei dalam memperhatikan keunggulan dan manfaat suatu produk yang ditawarkan kepada mereka, oleh sebab itu anda harus bisa menonjolkan keunggulan produk yang anda tawarkan agar lebih terkenal luas di pasaran.

#3. Menulis Berita atau di tempat bacaan Publik
Anda bisa menulis berita baik disurat kabar, website berita atau di forum – forum terkenal di internet, berikan ulasan seputar profil, kualitas perusahaan dan produk anda. Disana juga anda bisa membuat tulisan perbandingan seputar keunggulan produk anda dengan produk lain yang sejenis. Semakin anda bisa menjelaskan keunggulan produk anda disana maka respon positif dari konsumen akan banyak anda dapatkan.

#4. Meningkatkan Nilai Produk ( Value Added )
Apabila anda ingin produk anda bisa mengalir deras bagaikan air diterima oleh berbagai kalangan konsumen, maka anda harus bisa meningkatkan dan menciptakan nilai lebih dari produk anda dibandingkan produk orang lain yang sejenis, dalam hal Nilai disini mencakap beberapa hal diantaranya :

Haraga yang lebih murah, kualitas produk yang lebih baik, kemasan yang lebih unik, mudah dijangkau atau didapatkan serta memberikan banyak manfaat dan memiliki citra rasa yang lebih enak . serta nilai tambah lainnya.

#5. Mengadakan program Khusus
Program khusus disini maksudnya anda bisa membuat program special hari raya, dimana dihari – hari tertentu produk anda dijual dengan memberikan diskon besar atau program lain yang menawarkan ketertarikan bagi konsumen. Dengan begitu para konsumen akan lebih loyal terhadap rpoduk anda dan selalu menantikan program – program lain yang anda adakan ketika adanya hari – hari tertentunya, bahkan mereka bisa mengantri lebih awal menunggu toko anda dibuka. Anda juga mungkin tahu bahwasanya perusahaan besar telekomunikasi seperti indosat sering mengadakan program nelpon Gratis beberapa jam di hari Raya.

#6. Memanfaatkan Fasilitas Digital Internet
Dengan Melakukan pemasaran atau promosi di internet baik dengan Video ataupun website akan sangat mudah sekali bagi anda menjangkau pasar dunia international.

Misalkan saja dengan Video Youtube anda akan sangat mudah sekali memperkenalkan produk anda sambil melakukan promosi disana, buatlah video – video yang menarik lalu menyelipkan merek produk anda sambil diarahkan agar setelah mereka menonton video langsung mengunjungi website anda. Jika anda tidak mahir dalam mengolah video bisa memanfaatkan tenaga orang yang ahli dibidangnya dengan bayaran ternetu, tentunya anda pernah melihat beberapa kejadian dimana sebuah video yang baru saja di unggah ke youtube mampu mendatangkan penonton jutaan orang karena mereka tertarik untuk menonton yang ditampilkan dalam video tersebut. Nah anda juga bisa sekali melakukan ini untuk meningkatkan penjualan dan memenangkan persaingan produk di pasar internasional.

Demikian 6 Strategi Promosi produk agar mampu bersaing di pasar Inernational, selamat mecoba dan semoga sukses.

Baca : 6 kesalahan Strategi Pemasaran Dalam Bisnis