Cara Menjadikan Sepeda motor Matic Irit Bahan Bakar

Sepeda Motor Matic Terbaru

Cara menghemat bahan bakar sepeda motor matic mungkin sering menjadi pertanyaan di benar para pengguna sepeda motor matic jenis Yamaha, karena seperti yang kita ketahui bersama matic sejenis Yamaha memang lebih boros bahan bakar ketimbang sepeda motor lain sejenis Honda dan lainnya.

Tips menghemat bahan bakar sepeda motor matic kali ini akan kita bagikan kepada anda semua setidaknya bisa membantu mengurangi pengeluaran untuk biaya bensin atau bahan bakar motor sobat semua.

Berikut beberapa tips menghemat bahan bakar sepeda motor yang bisa anda terapkan sehari – hari terhadap motor kesayangan sobat semua dimanapun berada.

#1. Jangan terlalu lama panaskan mesin
Memanaskan mesin sebelum beraktifitas menggunakan sepeda motor memang sudah menjadi kewajiban bagi pemilik sepeda motor agar mesih terlebih dahulu melakukan kerja mengocok pelumas dan menyebarkannya keseluruh komponen mesin didalam, ketika anda memanaskan mesin sebaiknya jangan terlalu lama cukup di panaskan sekedarnya saja dan jangan memainkan gas motor sesuka anda, biarkan mesin hidup secara normal tanpa di gas – gas.

#2. Hidupkan motor dengan menggunakan Kick Stater
Ketika menghidupkan motor saat melakukan pemanasan mesin usahakan anda menggunakan kick stater jangan menggunakan tombol instan stater, hal ini akan lebih baik bagi kinerja pertama kali mesin anda hidup. Jika memang harus menggunakan tombol stater pastikan anda memencet rem belakang dan hindari menarik gas, hal ini menghindari uapan bensin secara percuma.

#3. Tariklah gas secara berlahan – lahan.
Hindari suka menggeber – geber tarikan gas motor anda, ketika habis berhentipun usahakan memulai perjalanan dengan menarik gas secara berlahan naik agar aliran bensin berjalan normal.

#4. Hindari Mengerem Secara Mendadak
Menggunakan motor matic tidak seperti menggunakan motor bergigi, karena motor bergigi bisa memanfaatkan operan atau engine untuk mengurangi keepatan, tapi motor matic anda hanya menggunakan rem depan dan belakang saja jika dalam kecepatan yang berlebihan anda tiba – tiba mengerem maka akan sangat membahayakan dan juga berpengaruh pada system erja mesinnya sehingga bahan bakarpun terkuras begitu sia – sia. Usahakan melaju dengan kecepatan normal, keselamatan jauh lebih berharga dari pada kecepatan anda mencapai tujuan.

#5. Pakai bensin dengan kualitas terbaik
Isi motor anda menggunakan bahan bakar bensin berkualitas terbaik, seperti mengisi motor di tempat pengisian bensin atau pom bensin sesungguhnya bukan di pinggiran jalan, karena biasanya ketika bensin sudah di ecer – ecer kualitasnya akan berkurang karena terkontaminasi dengan bahan bakar lain di jerigen yang di gunakan. Bensin yang memiliki oktan di atas 90 % akan menjadikan system pembakaran jauh lebih baik dan sempurna, suara mesinpun akan normal.

#6. Perhatika berat bawaan anda
Jangan memaksakan kapasitas muatan motor anda melebihi yang telah di tentukan, membawa muatan barang yang beratnya berlebihan menjadikan anda harus mengegas lebih besar sehingga bukaan gas menjadi jauh lebih lebar dari biasanya, bahan bakar yang terkuraspun jauh lebih banyak dan cenderung lebih boros, selain itu membawa barang berlebihan juga akan menjadikan motor anda cepat rusak atau tidak nyaman lagi di gunakan, entah itu berupa oleng, goyang dan lain sebagainya. Anda juga akan tidak nyaman mengendarai sepeda motor yang membawa muatan berlebihan.

Demikian 6 tips cara menghemat bahan bakar sepeda motor matic secara sederhana namun jika anda terapkan secara baik dan rutin anda akan bisa mendapati motor anda jauh lebih hemat dari seelum anda memperhatikan tips – tips ini.

Baca juga yuk :

6 Motor Termahal Di Dunia