6 Tips mencegah Kanker Payudara !

1781

Tips Mencegah kanker Payudara Secara Alami

Kanker Payudara
Tips Mencegah kanker Payudara Secara Alami

Kanker payudara adalah penyakit yang mematikan untuk seorang wanita. Kanker ini bisa menyerang wanita yang masih single maupun sudah menikah. Riset awal yang dikepalai Profesor Chung S. Park dari North Dakota State University menyebutkan, asupan wanita hamil yang mengandung zat gizi tertentu dapat menurunkan risiko kanker payudara pada anak perempuannya. Dr. Park meneliti 45 tikus dan dibagi ke dalam dua kelompok. Satu kelompok diberi suplementasi methyl pada makanannya. Hasil studi menunjukkan, anak-anak betina yang induknya mendapat suplementasi nutrien tersebut mengalami penurunan insiden dan perkembangan tumor.

 

Menurut Dr. Park, diet ibu yang mengandung nutrien lipotropik (methionin, kolin, folat, dan vitamin B12) dapat meningkatkan metabolisme methyl yang menurunkan risiko kanker payudara. “Studi tersebut menunjukkan bahwa kita dapat mencegah perkembangan kanker payudara pada anak perempuan yang berisiko dengan cara memberi suplementasi pada makanan selama hamil,” kata Dr. Park.

 

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara

 

1. Hindari Alkohol
Jika anda seorang yang mengkonsumsi alkohol maka sebaiknya anda mengkonsumsi alkohol sesuai takaran yang masih bisa ditoleransi yaitu maksimal lima gelas cocktail per minggu. Jika anda mengkonsumsi alkohol melebihi batas toleransi dan kadar folat dalam tubuh Anda rendah, risiko kanker pun akan meningkat. Ayo sobat kita sayangi kesehatan kita demi keluarga kita tercinta.

 

2. Konsumsi rempah.
Tumerik, salah satu bumbu yang digunakan sebagai bahan bubuk kari, mengandung phytochemical curcumin yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel tumor. Statistik yang menunjukkan perbandingan kasus kanker payudara antara orang Amerika dan orang India yang banyak mengonsumsi kari menunjukkan kasus baru kanker payudara di AS sebanyak 101 per seratus ribu orang. Sementara di India hanya tercatat 19 kasus baru per 100 ribu orang.

 

3. Memberi ASI.
Hasil analisis terhadap 47 studi yang dirangkum dalam The Lancet—jurnal medis kelas dunia yang terpercaya—menyatakan bahwa risiko kanker payudara turun hingga 4 persen pada wanita yang menyusui minimal 15 bulan sepanjang hidupnya. Hal itu disebabkan pemberian ASI mengurangi total siklus menstruasi yang artinya mengurangi paparan estrogen. Jadi masih enggan memberikan ASI yang bisa menyehatkan anda dan bayi anda ?

 

4. Pelajari riwayat Kesehatan keluarga.
Mengetahui riwayat kesehatan keluarga baik dari pihak ibu maupun ayah, sangatlah penting. Jika Anda tergolong ke dalam orang dengan risiko kanker payudara yang tinggi, punya dua atau lebih kerabat dekat yang menderita kanker payudara atau kanker rahim maka sangatlah penting untuk mengecek riwayat kesehatan keluarga anda.

 

Terutama jika kanker didiagnosis sebelum usia 50 tahun—ada beberepa prosedur yang bisa Anda ambil. Sebagian perempuan perlu menjalani tes untuk memastikann adanya mutasi gen BRCA1 dan BRCA2 sebagian lain perlu mengonsumsi obat-obatan, dan tindakan medis lain bisa cepat dilakukan jika riwayat keluarganya terdeteksi dini.

 

5. Lakukan pemeriksaan payudara.
Periksa payudara sangat dianjurkan untuk mendeteksi berbagai penyakit maupun gangguan payudara. Terutama anda yang berusia antara 20 sampai 39 tahun sangat dianjurkan melakukan pemeriksaan klinis payudara minimalnya tiga tahun sekali. Untuk Anda yang berusia 40 tahun ke atas, pemeriksaan klinis payudara di rumah sakit hendaknya dilakukan lebih sering yaitu setiap tahun.

 

6. Pintar memilih dan Hindari obat-obatan ilegal dan murah
Banyak kasus didunia, orang yang mengidap kanker payudara disebabkan pasien telah menggunakan obat-obatan ilegal atau yang berbahaya, seperti : obat pembesar payudara, obat pengencang payudara, obat pemutih payudara, dll. Niatnya ingin tampil lebih seksi malah berbuah penyakit berbahaya.

 

Dari kasus diatas, rata – rata penyebabnya adalah obat – obatan yang digunakan pasien adalah obat – obatan yang tidak terdaftar secara resmi yang bisa didapatkan dengan cara yang mudah tapi pasien tidak mengetahui bahaya yang mengancam yang tersimpan didalamnya yang bisa memacu kanker. Jadi, janga sembarangan memakai obat.

 

Demikian beberap tips mencegah kanker payudara yang sangat ditakuti kaum hawa. Mencegah lebih baik daripada mengobati, sadari bahayanya dan hindari resikonya.

 

You May Also Like :
7 Tips Mudah Menghilangkan Lemak di Perut