6 Tips Menjaga Keamanan Kartu Kredit Dari Pembobolan

1284

Tips Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda

Kartu Kredit

Saat ini sangat marak sekali aksi pembobolan kartu kredit yang dilakukan oleh oknum – oknum yang sangat membuat resah para pengguna kartu kredit, walaupun dari pihak Bank Indonesia  telah membuat kebijakan  dengan membuat peraturan kepada pengguna kartu kredit dengan membuat peningkatan keamanan mengharuskan pengguna agar menggunakan 6 digit PIN, sayangnya kebijakan Bank tersebut tidak semuanya memathui, entah apa karena lupa atau memang sengaja tidak mengikuti saran, tapi yang jelas kelalaian walau kelihatannya sepele tapi membawa dampak besar bagi pemegang kartu kredit yang akhirnya memberikan peluang bagi oknum kejahatan untuk membobol Kartu kredit milik nasabah dengan mudah.

 

Mengingat kasus pembobolan kartu kredit tidak hanya sekali dua kali terjadi, maka sangat penting sekali bagi anda untuk mengetahui tips menjaga keamanan kartu kredit dari pembobolan.

 

Ada beberapa tips menjaga keamanan kartu kredit bagi Nasabah yang bisa diterapkan dengan baik dan mudah  utnuk mejaga keamanan transaksi anda dengan kartu kredit, diantaranya ialah :

 

1. Menjaga  Keamanan Username dan password

Langkah awal ini harus benar – benar diperhatian dengan baik oleh pemilik kartu kredit, pilih username yang sesaui dengan nama asli anda karena hal ini untuk memudahkan pendataan oleh pihak bank, sementara untuk password pastikan anda membuat password seunik mungkin dan tidak gampang ditebak oleh siapapun, jangan menggunakan angka tanggal lahir atau yang berkaitan dengan data lahir dan keluarga anda, dan jangan pernah memberitahukan kepada siapapun password kartu kredit anda walau kepada keluarga atau teman dekat sekalipun.

 

 

2.  Jangan pernah Memberikan pinjaman kartu kredit kepada siappun

Pastikan anda jangan pernah memberi pinjam kepada orang lain kartu kredit anda dan jangan pernah memberikan bocoran terkait informasi kartu kredit anda. Pastikan juga menjaga rahasia data pribadi kartu kredit seperti ibu kandung dan tanggal lahir serta informasi lain tentang kartu kredit.

 

Apabila terjadi kehilangan kartu kredit segera anda melaporkan kepada customer service Bank terkait demi menghindari pemakaian dari pihak yang tidak berwenang terhadap kartu kredit anda.

 

3. Jangan Mudah tergoda promo belanja Online

Saat ini sering terjadi penipuan belanja online, untuk itu anda harus berhati – hati jika ada promo belanja  di internet terutama yang memberikan fasilitas belanja dengan kartu kredit. Jangan mudah tergoda untuk memasukan data kartu kredit karena tergiur promo karena bisa jadi itu hanya modus belaka untuk menipu anda, kecuali anda belanja di toko online yang benar – benar sudah terpercaya. Jika anda tidak berhati – hati, kartu kredit anda akan terancam kena hack oleh penjahat online.

 

 

4. Tetaplah Berhati-hati ketika melakukan transaksi dengan kartu kredit

Saat melakukan transaksi dengan kartu kredit, tetaplah teliti dan waspada baik saat ketika kartu anda diproses di Bank, Merchant, Pertokoan. Simpan jangan sampai hilang struk transaksi karena nantinya anda bisa menggunakan struk pembelian untuk menyesuaikan dengan billing kredit pada saat setelah melakukan pembayaran.

 

 

5.  Jangan Pernah Melakukan transaksi kartu kredit menggunakan Koneksi Wi-fi

Hati-hati saat berada di area koneksi wi-fi gratis dan ngebut, karena  kelalaian anda menggunakan kartu kredit dengan koneksi wi-fi gartis bisa mengundang kejahatan untuk mencuri password kartu kredit anda.

 

6.  Pahami konsep kartu kredit dengan benar

Ketahuilah bahwasanya orang yang memegang kartu kredit adalah mereka yang memeiliki penghasilan tambahan yang cukup, jika memang penghasilan pas – pasan jangan memaksakan diri memiliki kartu kredit. Kartu kredit juga pada umumnya merupakan pengganti bayaran tunai yang harus dilunasi sebelum jatuh tempo, agar lebih bijak mengerti Kartu kredit ketahuilah bahwasanya kartu kredit merupakan kartu Hutang.

 

Untuk itu sebagai pemegang kartu kredit, usahakan anda untuk melakukan pembayaran tagihan pada kartu kredit sebelum jatuh tempo, itu demi menghindari biaya tambahan serta pemblokiran kartu kredit anda, selain itu membayar sebelum jatuh tempo juga berfungsi untuk menjaga kredibilitas anda sebagai pemegang kartu kredit agar bisa terus mendapatkan kepercayaan dari Pihak Bank.

 

Baca : 10 Tips Untuk Mengelola keuangan Pribadi Dengan Baik

 

Itulah beberapa tips menjaga keamanan kartu kredit anda agar terhindar dari kejahatan pembobolan kartu kredit oleh oknum yang malas bekerja untuk mencari rezeki yang Halal, semoga bermanfaat.