7 Hal Penting yang Harus Ada Pada Pengusaha, No 5 Wajib Tahu

1508

Karakter menjadi Pengusaha

Entrepreneur – Menjadi pengusaha sampai saat ini menjadi sebuah profesi yang semakin banyak diminati oleh semua kalangan baik laki maupun wanita, karena ada banyak kelebihan tersendiri yang akan diraih jika seseorang mampu menjadikan dirinya seorang pengusaha.

Apakah Menjadi Pengusaha tidak harus belajar ? apakah menjadi pengusaha kamu lalu keluar dari profesi atau jabatanmu sebagai karyawan di kantor yang selama ini tempat kamu berkerja?…

Menjadi pengusaha harus belajar, walaupun kita bisa menjadi pengusaha sukses tanpa sekolah atau kuliah tetap akan lebih sukses jika bisa menjadi pengusaha yang berpendidikan tinggi.

Menjadi pengusaha tidak harus menanggalkan jabatan atau status sebagai karyawan, karena dengan menjadi karyawan yang punya usaha sendiri akan bisa menambah pemasukan bulanan bahkan harian kamu. Kita akan lebih mantep jika mampu berjalan seiring dalam kedua profesi ini “ Pengusaha + Pekerja Karyawan”.

Hari ini baru saja kami pribadi bersama Mahasiswa lainnya masuk kelas pada pelajaran Mata Kuliah Entrepreneurship 5, kenapa Entrepreneurship 5? Karena di kampus kami mempelajari mata kuliah ini terbagi menjadi 5, setiap semester mempelajari satu level. Dari pelajaran hari ini kami mendapatkan Materi lauar biasa mengenai karakter dan bagaimana seseorang itu bisa menjadi pengusaha dengan menghadirkan 7 Hal penting yang akan membentuk kepribadian pengusaha pada diri seseorang, Diantaranya Ialah :

Pertama : Passion ( Keinginan menjadi Kesenangan ) = Hobi = hasrat = Minat
Passion sering diartikan secara umum adalah Hobi, Minat, bakat, hasrat dan lainnya, tapi ada hal yang lebih menarik untuk mengartikan Kata “ Passion” yaitu “Keinginan Untuk Menjadi” sekilas memang terlihat pengertian dari Kata Cita Cita, namun dalam Passion ini setiap orang pasti memiliki ambisi yang membuat dia bahagia dan menyenangi apa yang ia kerjakan, jika ia bisa berhasil menjadi apa yang dia inginkan maka hasil kerja orang tersebut akan lebih sempurna, maka disitulah letak Passion kita.

Kedua : Expertise ( Skill = keahlian )
Menjadi pengusaha kamu harus mengenal kemampuan apa, skill apa ,keahlian apa yang kamu miliki, lalu kemudian kamu bisa membangun bisnis mulai dari apa yang kamu bisa, setelah itu semua berkembang besar kamu bisa mencari orang lain atau membentuk Team bisnis dengan memadukan Keahlian yang berbeda – beda dan yang tidak kita bisa kuasai, dengan begitu adanya team akan menjadikan bisnis kita lebih cepat berkembang.

Ketiga : Resilenes ( kemampuan Bertahan dalam Situasi Sempit )
Karakter pengusaha satu ini adalah bagaimana kita mampubertahan dalam situasi sempit, ketika gagal kita mampu bangkit kembali, saat persaingan bisnis begitu ketat kita tidak dengan mudahnya mundur dan tutup bisnis, seseorang yang memiliki Karakter Resilenes dalam dirinya akan mampu melawan ancaman yang akan mematikan mental pengusaha dalam dirinya.

KeEmpat : Network ( Relasi, Teman, Jaringan, Link )
Network bagi pengusaha sangat berperan penting sekali, karena tanpa adanya relasi bisnis, tidak ada jaringan dan teman kita akan kesulitan membangun dan membesarkan sebuah bisnis atau usaha yang kita bangun, jika kita memiliki banyak teman, relasi walaupun kita tidak punya modal kemungkinan besar diantara relasi yang kita kenal ada yang bersedia membantu untuk itu. Network menurut rumor akan sangat terasa sekali apabila seseorang telah beruisa 40 Tahunan karena disaat kita seusia itu teman – teman seangkatan selama sekolah dan kuliah mungkin sudah banyak yang menjadi orang besar atau pejabat dan pembisnis disitilah kita akan menemukan betapa besarnya manfaat dari Memiliki Network.

Kelima : Business Acumen ( Kecakapan Menangkap peluang )
Menjadi pengusaha harus pandai mengambil peluang, pintar membaca peluang, bangunlah bisnis yang benar – benar akan memberikan solusi nyata terhadap permasalahan yang terjadi secara nyata didunia ini, contoh kecil : jika masyarakat kesulitan berpergian dengan mobil karena macet dan mereka tidak mau atau bahkan tidak bisa membawa motor sendiri maka kita ciptakan bsinis disitu dengan membuka Bisnis Ojek ( antar jemput manusia, makanan dll).

Baca Disini Juga : 5 Pelajaran Bisnis dari Milyader Mark Cuban Dan Richard Branson

Keenam : Manajemen Skill ( manajemen keahlian )
Sampai tahap Ini kita harus paham betul bahwa inilah yang sangat penting harus kita miliki, karena satu hal ini kita harus belajar baik sekolah, kuliah,seminar dll untuk bisa mendapatkan ilmu manajemen Skill tersebut, karena urutan dari nomer 1 – 5 semuanya adalah bawaan lahir atau sudah ada sejak anda berangkat dari rumah. Berbeda dengan manajemen skill hanya orang yang mau belajarlah yang akan mengetahui akan hal ini untuk memanajemen semua bisnis yang ia miliki.

Ketujuh : Key Resources ( Sumber Daya )
Key resources berperan dalam hal bagaimana kita bisa mendapatkan modal, alat bisnis, ide bisnis dan sumber penunjang perkembangan bisnis maupun disaat kita sedang membangun sebuah usaha. Pengusaha yang memiliki Key Resources akan lebih mudah berjalan meniti persaingan bisnis yang begitu ketat.

Demikianlah 7 Hal penting yang harus ada dalam diri seseorang agar tercipta karakter pengusaha yang handal dibidangnya. Semoga bermanfaat.