7 Langkah Menghadapi Konsumen Yang Merasa Di Tipu

4453

Tips menghadapi Konsumen Bisnis Yang merasa Di Tipu

Konsumen Kecewa
Langkah menghadapi konsumen yang merasa di tipu karena produk yang mereka terima tidak sesuai dengan permintaan harus anda kuasai agar strategi marketing anda bisa berjalan denga lancer. Betapa banyak para pembisnis yang kehilangan pelanggannya di karenakan mereka tidak pandai dalam menghadapi dan memberikan solusi bagi konsumen yang merasa tertipu oleh produk yang mereka beli dari penjual.

Konsumen adalah tenaga yang bisa menjadi sebab berkembangnya bisnis anda, apabila konsumen semakin hari semakin berkurang itu artinya bisnis anda dalam keadaan sakit dari segi strategi manajemen dan marketing. Oelh sebab itu kali ini lebah master akan berbagi tips menghadapi konsumen yang merasa di tipu atau di rugikan ketika tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Cara menghadapi Konsumen Yang Kecewa
#1. Jangan lari dari konsumen anda
Penting sekali anda tidak boleh lari dari tuntutan konsumen apalagi melemparkan sebab masalah yang terjadi kepada orang lain yang terikat dalam transaksi baik bawahan dan pengurus lainnya, konsumen ingin mendengar jawaban jujur dari anda jadilah penjual yang bertanggung jawab atas semua yang terjadi.

#2. Tetaplah bersikap tenang
Meskipun konsumen memaahi atau bahkan mencaci anda jangan ditanggapi dengan sikap yang sama, pahami konsumen marah karena mereka kecewa tapi itu tidak lama jika anda sikapi dengan tenang, berusahalah bersikap tanang dan tetap memberikan solusi terbaik kepada konsumen anda.

#3. Jangan mudah tersinggung
Ketika konsumen berkata kasar dan lain sebaginya ketahuilah bahwasanya saat itu mereka sedang meluapkan emosinya tapi tidak untuk anda melainkan untuk mengeluarkan semua kekecewaan yang ada di hatinya.

#4. Dengarkan keluhan mereka
Ketika konsumen merasa di bohongi atau di tibu dengarkan omongan mereka jangan di bantah dan mengelak dengan begitu anda bisa merangkul mereka untuk di tanyai sebab kekecewaan yang mereka hadapi terkait produk anda dan jadikan itu bahan perbaikan.

#5. Menjadi penjual yang simpati
Ketika berbagai keluhan di lontarkan oleh konsumen anda , tunjukanlah rasa simpati anda, ajukan pertanyaan terkait kekecewaan dan keinginan mereka terhadap masalah tersebut, bila perlu dan memungkinkan berikan solusi dengan bijak dan sopan saat itu juga . jika tidak bisa segera katakana kepada konsumen untuk bisa bersabar menunggu solusi terbaik yang anda sampaikan bisa menjadi buki tanggung jawab anda terhadap kekecewaan mereka.

#6. Minta Maaflah dengan Ikhlas
Disaat konsumen mendapat kekecewaan jangan malu untuk meminta maaf kepada mereka, idiom tentang konsumen adalah raja sebaiknya anda lakukan saat itu, minta maaflah dengan ikhlas kepada mereka seraya menunjukan bahwa anda penjual yang bertanggung jawab.

#7. Tawarkan produk Gratis atau kemudahan layanan lain
Setelah anda meminta maaf kepada konsumen yang merasa tertipu, tawarkan produk gratis dan pelayanan terbaik khusus untuk mereka sebagai bentuk permintaan maaf serta rasa tanggung jawab anda terhadap kesalahan fatal tersebut, jika tidak bisa memberikan produk gratis 100% karena harganya mahal maka tawarkan diskon harga, missal memberikan diiskon hingga 50% – 70% untuk produk yang mereka inginkan hal ini akan membuat konsumen anda mau kembali membeli produk anda.

Demikian Strategi Tips Menghadapi Konsumen yang merasa tertipu oleh produk yang anda jual, semoga bermanfaat.

Baca : 6 Kesalahan strategi Pemasaran Dalam Bisnis