7 Penyebab Hp Sering Hang Dan Solusi Mengatasinya

42646

Solusi Mengatasi Penyebab hp sering Hang – Smarphone

Ponsel Hang Samsung Galaxy S 6
Penyebab hp Sering Hang Dan Solusi Mengatasinya

Penyebab hp sering Hang adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik smartphone. Saat hang terjadi jangan anda abaikan karena jika dibiarkan maka akan menyebabkan kerusakan pada smartphone anda dalam jangka waktu yang dekat. Kemudian apa saja yang menyebabkan smartphone hang dan bagaimana cara mengatasinya ?

Sesuai lansiran dari laman AartiiFormatics, Selasa (24/3/2015), penyebab hp sering hang dan solusi untuk mengatasinya:

1. Jangan jalankan banyak aplikasi dalam satu waktu
Menjalankan aplikasi yang banyak secara bersamaan akan menyebabkan kinerja smartphone menjadi berat dan resiko mengalami hang sangat besar. Gunakanlah aplikasi yang ada secara bergantian untuk mencegah smartphone hang dan error.

2. Jangan menginstall aplikasi di memori internal smartphone
Kebanyak orang pada umumnya saat menginstall aplikasi tidak memilih memori mana yang digunakan sebagai media penyimpannya. Memori internal itu memliki kapasitas terbatas sehingga jika ditambah dengan aplikasi tambahan yang membutuhkan ruang besar akan membuat perangkat anda kewalahan dan akibatnya akan menjadi hang.

3. Hapus aplikasi yang tidak terpakai dan tidak penting dari smartphone
Sering sekali orang menginstall aplikasi yang dikira menarik , namun setelah diinstall ternyata aplikasi tersebut tidak disukai tapi sering sekali diabaikan dan tidak di uninstall atau dihapus. Akibatnya memori tetap terpakai dan kinerja ponsel semakin berat. Maka akan lebih baik jika video, foto atau aplikasi yang tersimpan dipindah ke memori eksternal atau dihapus saja.

4. Jangan biarkan memori eksternal full
Memori eksternal yang penuh bisa mengakibatkan smartphone anda hang. Solusinya adalah hapus data yang tidak diperlukan atau segera pindahkan ke komputer atau laptop anda.

5. Kelola file dengan baik dan bijak
Kelolalah file di dalam smartphone anda dengan baik, hapus fiel yang tidak diperlukan , cache dan cokies yang masih bersarang di smartphone anda. Menginstall aplikasi yang tidak didukung oleh spesifikasi smartphone anda juga bisa menyebabkan error.

6. Update software secara rutin dan berkala
Pengguna smartphone sangat disarankan dan dianjurkan untuk memberbaharui setiap aplikasi yang terpasang di ponsel karena ini bisa menyebabkan smartphone hang sewaktu – waktu.

7. Gunakan dan update antivirus
Smartphone memiliki operating system yang sudah medekati OS komputer dan laptop jadi sangat perlu pengguna untuk memasang antivirus dan mengupdatenya. Apalagi jika anda sering online maka hal ini mutlak dibutuhkan untuk mencegah virus masuk ke dalam smartphone anda.

Atasilah masalah hang pada smartphone anda sebelum terjadi kerusakan yang membuat kinerja perangkat anda jadi tidak maksimal bahkan sampai hang. hp sering Hang yang terlalu kebanyakan akan membuat ponsel rusak atau bahkan mati total. Sangat disayangkan bukan ?

By : Dani Ramadhan

Related :

Kenapa Hp Android Cepat Panas?