7 PENYEBAB TUBUH CEPAT MERASA LELAH

1691

Berikut Ini Penyebab Tubuh Cepat Merasa Lelah

kelelahan
7 Penyebab Tubuh Cepat Merasa Lelah

LebahMaster.Com – Bukan hanya padatnya aktivitas dan kurang tidur yang bisa menyebabkan tubuh anda cepat merasa lelah. Ada banyak penyebab tubuh cepat lelah. Paling tidak berikut 7 alasan seseorang merasakan mudah lelah seperti dilansir Health, Kamis (28/8/2014).

1. Tidak minum cukup air
“Dehidrasi 2 persen saja sudah bisa membuat tubuh kurang berenergi,” tutur Amy Goodson, RD, ahli nutrisi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine. Penuhi konsumsi air dalam tubuh anda dengan teratur minum air minimal 8 gelas per hari.

2. Kurang zat besi
Kekurangan zat besi membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak fokus. “Ini membuat Anda lelah karena sel dan otot kekurangan oksigen,” terang Goodson. Segera penuhi kebutuhan zat besi bisa anda dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau tua , kacang – kacangan, telur dan makanan lain yang mengandung zat besi.

3. Perfeksionis
“Berjuang untuk melakukan hal dengan sempurna, tak perlu membuat Anda bekerja lebih keras dan lebih lama dari yang diperlukan,” tutur Irene Levine, PhD, psikiatri dari New York University School of Medicine. “Seorang perfeksionis membuat tujuan yang tidak realistis, dimana sulit atau tak mungkin untuk dicapai,” tutur Levine. Lakukanlah pekerjaan anda sesuai dengan kemampuan yang anda miliki tanpa harus terlalu memaksakan diri karena tidak ada yang sempurna di dunia ini.

4. Melewatkan sarapan
Karena kesibukan yang padat dan demi menghindari kemacetan sering kali anda melupakan sarapan. Pagi hari tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk memulai beraktifitas. Saat tidur tubuh pun butuh bahan bakar untuk memompa darah dan oksigen mengalir. Jadi sarapan pagi sangatlah penting sebelum memulai hari dan aktifitas anda.

Goodson merekomendasikan sarapan yang mencakup biji-bijian, protein dan lemak sehat. Seperti outmeal, susu rendha lemak, roti gandum, dan telur.

5. Banyak makan makanan cepat saji
Kebiasan cepat dan tuntutan pekerjaan sering menjatuhkan kita pada pilihan makanan cepat saji. Padahal di dalam makanan cepat saji biasanya mengandung kadar gula dan karbohidrat yang cukup tinggi yang tidak baik bagi tubuh apabila dikonsumsi secara berlebih.

“Lonjakan gula darah akan menyebabkan tubuh merasa lelah,” tutur Goodson.

6. Ruang kerja/belajar berantakan
Ada yang bilang ruang kerja yang berantakan menunjukan kalau diri anda adalah orang kreatif, tapi itu bukan alasan bagi anda untuk mebiarkan meja kerja/belajar berantakan dengan sengaja. Segera rapikan meja kerja atau belajar Anda. Meja berantakan membatasi kemampuan Anda untuk fokus dan membatasi kemampuan otak untuk memroses informasi menurut studi dari Princeton. Orang kreatif itu bukan tidak mau merapikan meja kerja/belajar tapi akan segera berantakan kembali tanpa mereka sadari.

7. Tidur dengan lampu menyala
Lampu yang menyala, gadget, dan peralatan elektronik yang dibiarkan menyala dan berdekatan dengan tubuh anda saat tidur akan mengakibatkan terganggunya ritme alami tubuh untuk tidur. “Cahaya tersebut menekan hormon melatonim yang mengatur tidur dan bangun tidur,” ujar dokter Allen Towfigh, MD, direktur medis New York Neurology & Sleep Medicine, P.C.

Sudah menemukan penyebab tubuh cepat lelah pada diri Anda? Segera perbaiki dan dapatkan tubuh bugar sepanjang hari dan nikmati hari esok anda yang lebih menggairahkan.

Baca Artikel Lain :

5 Akibat Kulit Kering Yang di Biarkan Tanpa Dicegah