7 Strategi Jitu Pemasaran Yang Efektif

17826

Strategi Jitu Pemasaran Yang Efektif Dalam Bisnis

Strategi Jitu Pemasaran Yang Efektif
Strategi Jitu Pemasaran Yang Efektif – Ilustrasi

Strategi jitu pemasaran yang efektif adalah yang menyasar pada psikologis manusia yang menjadi tujuan promosi. Hal ini di ungkap penulis Dalam buku berjudul “Influence: The Psychology of Persuasion”, Dr. Robert Cialdini mengungkapkan beberapa konsep psikologi yang terkait dengan persuasi. Oleh karena itu akan saya bagikan 8 Strategi jitu pemasaran yang efektif untuk menjalankan bisnis anda.

Pertama : Strategi Pemasaran Timbal balik
Menurut Dr. Robert dalam buku yang disebutkan di atas,dalam hubungan antar manusia , manusia lain cenderung akan berbuat sesuatu yang di lakukan oleh manusia lain, misalnya, acong memberi ucok hp, maka si komeng juga akan meniru dengan memberikan si dono hp.
Dalam bisnis ini bisa di terapkan, msal anda punya toko online maka anda cobalah memberikan hadian atau ucapan terima kasih kepada konsumen anda secara gratis seperti hadian souvenir dll ini akan memberikan efek baik bagi bisnis dan relasi dengan konsumen anda.

Kedua : Lakukan Dengan Komitmen
Semua orang ingin kebenaran dan kejujuran, untuk itu anda ketika telah berjanji akan memberikan missal ongkir gratis pada pembeli produk anda maka penuhilah janji itu, begitu juga dengan janji kualitas barang anda jangan membedakan konsumen tapi komitmenlah dalam memberikan pelayanan terbaik pada konsumen bisnis online maupun ofline yang anda jalankan.

Ketiga : Membangun Wibawa (authority)
strategi berikut yang membantu proses persuasi adalah authority alias wibawa. Secara natural, menurut Dr. Robert, manusia lebih mudah ‘patuh’ terhadap perkataan atau perintah dari orang yang ia segani atau kagumi.
Dalam hal ini anda berusaha untuk membangun wibawa diri agar penyampaian anda bisa di terima ketika melakukan promosi produk, bisa juga dengan membangun relasi dengan tokoh masyarakat atau organisasi besar dengan begitu anda akan lebih mudah melakukan pemasaran.

Keempat : Social proof
Masih menilai dari sisi psikologis, orang akan lebih mudah memerhatikan suatu hal jika sebagian besar orang-orang yang ada di sekitarnya membicarakan hal tersebut. Cobalah anda memanfaatkan media social dan meminta teman media anda memberikan komentar dan tanggapan terhadap produk anda, mintalah sebanyak dan sebisa anda kepada teman2 di fb, twitter milik anda hal ini akan lebih menarik perhatian orang banyak juga apabila banyak yang memberikan tanggapan pada produk tawaran anda.

Kelima: Muatlah Mereka Sukai
Menurut Dr. Robert dalam tulisannya, jika manusia tertarik dan menyukai seseorang atau suatu hal, ia lebih mudah membuka dirinya dan berinteraksi dengan orang atau produk tersebut pemilik toko baik ofline maupun online sebaiknya membangun tips ini, buatlah desain kantor perusahaan atau toko online anda menjadi menarik sehingga konsumen menjadi lebih tertarik untuk datang atau berkunjung ke toko milik anda. Bangun juga pribadi diri yang di sukai orang lain. Berikan kemudahan pelayanan.

Keenam : Strategi Terhadap Kelangkaan Produk
Jika suatu barang yang benar – benar di butuhkan orang lain , maka akan menjadi sebuah ketakutan apabila barang tersebut kehabisan, ini menjadi peluang bagi anda untuk melakukan promosi dengan bijak.

Misalkan, ketika penjualan tiket pesawat melakukan promosi besar – besaran terhadap harga tiket murah yang berjangka waktu dengan menyebutkan jumlah kursi yang di promo harga murah hanya terbatas untuk 3 kursi saja , dalam hal ini pasti akan lebih mempercepat proses transaksi penjualan, namun hal ini jangan juga anda sering lakukan agar tidak mengalami kerugian apabila sering membuat promosi harga yang membuat keuntungan berkurang.

Ketujuh : Strategi Pemasaran Recency illusion
Konsep dari strategi pemasaran recency illusion akan mendefinisikan kondisi manusia yang selalu akan memperhatikan suatu hal sejak pandangan pertamanya, sehingga dimanapun ia berada akan merasa hal tersebut ada di benaknya, ibarat jatuh cinta pandangan pertama.

Untuk bisa Membangun kondisi ini pada benak konsumen anda tidaklah seperti membangun candi yang harus selesai satu malam. Menjadikan produk atau toko online sebagai top of mind pembeli memerlukan beberapa tahap dan prosesuntuk membangun hal ini anda harus berusaha menjadikan toko anda bisa di kenal banyak orang.

Delapan : Strategi pemasaran Verbatim Effect
Dikatakan oleh Dr. Robert, verbatim effect adalah kondisi umum yang dialami manusia di mana ia tidak akan mengingat secara detil setiap informasi yang ia temukan, tapi ia mengingat garis besarnya. Manusia akan selalu mengingat garis merahnya atau headline-nya. Dalam hal ini anda harus menentukan kalimat atau bahasa khusus yang mampu menjadi benteng utama bagi toko atau produk yang anda umumkan baik ketika adanya promo ataupun ada produk terbaik dan terbaru di toko anda, kalau dalam iklan maka Judul utamanya yang perlu anda perhatikan, karena perhatian manusia terhadap headline dipresentasikan kurang lebih 80% perhatian mereka ke judul.

Demikian 8 strategi jitu pemasaran yang efektif untuk melariskan jualan anda, semoga bermanfaat.

Sumber : di rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 8 Tips Menjalankan Bisnis Kaos Distro Paling Top