8 Cara Mengirim Artikel Ke Koran Harian Jogja

7073

Cara Mengirim Artikel Ke Koran harian jogja agar Bisa Diterima

Cara Mengirim Artikel Ke Koran Harian Jogja
Koran Harian Jogja

Cara Mengirim artikel Ke Koran harian Jogja khusus untuk rubric mahasiswa yang akan saya bahas dalam artikel kali ini adalah berdasarkan apa yang disampaikan oleh sahabat blog Muhammad Mansur yang sudah pernah bahkan sering tulisan beliau di muat di berbagai media cetak, pembahasan ini sengaja saya tulis ulang tentunya dengan gaya bahasa saya sendiri dan tidak copy paste dari tulisan asli beliau yang juga membahas tema yang sama cara mengirim artikel ke Koran harian jogja.

Menulis adalah kegiatan yang selalu akrab dengan kehidupan kita sehari – hari, mau tidak mau kegiatan menulis akan selalu kita jalani, baik menulis di social media, menulis sebuah SMS atau bagi mahasiswa menulis untuk mengerjakan tugas kulyah adalah hal yang sudah biasa. Namun yang tidak biasa adalah bagaimana agar tulisan kita bisa menjadi sumber penghasilan atau dengan menulis kita di bayar atas hasil tulisan kita yang berhasil di muat pada media cetak itu yang perlu kita pikirkan caranya

Sesuai judul artikel ini tentunya pembahasan kali ini adalah bagaimana cara mengirim artikel ke Koran harian jogja khusus rubric mahasiswa, artinya yang menjadi tujuan kita adalah ruang di Koran yang di khususkan untuk menampung tulisan mahasiswa yang masuk seleksi. Selain dari mahasiswa tentunya ada caranya tersendiri meskipun tidak jauh beda.

#1. Pelajari serta Pahami Tema Dengan Benar

Pertama anda harus membaca dan Mehami dengan Benar Tema Yang Telah di tentukan oleh pihak Koran Harian Jogja, untuk tema yang akan di bahas biasanya sudah di cantumkan pada kota bagian bawah Koran harian jogja. Karena untuk rubric mahasiswa hanya akan terbit pada hari selasa maka untuk mengetahui tema yang akan di bahas untuk munggu depannya itu artinya harus anda tahu terlebih dahulu temanya pada hari selasa minggu ini.

#2. Mencari Dan Mengumpulkan Referensi bahan Tulisan

Setelah anda mengetahui tema yang akan muncul pada minggu depan selanjutnya langkah anda adalah segera mencari informasi atau referensi seputar tema yang telah di tentukan baik lewat Tv, majalah, baca buku, radio dan lain sebagainya.

#3. Tentukan Judul Tulisan Anda

Selanjutnya jika sudah mendapatkan bayak referensi valid, tentukan judul tulisan anda, buatlah judul yang sesuai dengan tema pembahasan, jika memungkinkan buatlah judul yang powerfull mampu menarik perhatian dan rasa penasaran orang lain untuk mau membaca tulisan anda sampai habis

#4. Take Action : Segera Mulai Menulis

Setelah anda memahami tema dan mengumpulkan berbagai sumber referensi serta sudah menentukan judul tulisan, mulailah untuk menulis seputar tema yang di bahas, buatlah struktur alur tulisan seputar tema, tulislah berdasarkan apa yang ada di pikiran anda dan jangan sampai melenceng dari judul dan tema yang telah di tetapkan, jangan dulu memikirkan apakah tulisan anda bagus atau tidak, hindari pikiran apakah tulisan anda akan masuk seleksi atau tidak, yang penting anda menulis dulu, biarkan proses menulis anda berlalu sampai selesai.

#5. Berapa Jumlah Karakter tulisan yang di syaratkan ?

Untuk jumlah karakter tulisan di rubric mahasiswa pada Koran harian jogja , kalau tidak ada perubahan dan kebijakan lagi hingga saat ini masih disediakan kolom penampungan untuk jumlah minimal sebanyak 2500 karakter tulisan.

#6. Review Hasil Tulisan Anda.

Langkah selanjutnya setelah anda berhasil menyelesaikan tulisan maka yang harus di lakukan adalah mereview kembali hasil tulisan anda, baca dengan pelan – pelan perhatikan kesalahan tulisan, kekurangan kata dan perbaiki tulisan yang menurut anda kurang pas dan tidak sesuai, hapus yang kira – kira tidak sesuai, terus lakukan editing sampai anda yakin sudah tidak ada lagi kesalahan.

Penting ! : jangan sampai ada kesalahan baik penulisan kata walaupu hanya kurang satu huruf, karena pihak redaksi tidak mau repot – repot lagi mengedit tulisan anda.

#7. Saatnya Mengirimkan Tulisan anda

Jika sudah beres semua sampai proses editingnya dan andapun sudah yakin dengan tulisan anda, kini saatnya anda meluncurkan atau mengirimkan tulisan anda via email di : Redaksi@harianjogja.com

Lakukan pengiriman tulisan anda sebelum hari sabtu karena untuk rubric mahasiswa akan muncul pada hari selasanya.

Hal yang tidak boleh anda lupa ketika mengirimkan tulisan adalah menyertakan Foto dan scan Kartu mahasiswa anda.

#8. Proses Menunggu

Setelah selesai proses pengiriman kini saatnya anda dalam proses menunggu hari terbitnya Koran harian jogja yang memuat rubric mahasiswa, apakah tulisan anda akan di muat atau tidak semuanya tergantung dari hasil seleksi dari redaksi harian jogja. Berdo’alah semoga bisa di muat.

Anda harus memastikan pada hari yang bersangkutan apakah tulisan anda di muat atau tidak, karena biasanya yang sering terjadi tidak semua redaksi memberitahukan kepada anda bahwa tulisan anda di muat. Ini juga agar tulisan anda bisa di kalim honornya jika di muat.

Jika berhasil di muat jangan lupa bersyukur dan sisihkan sebagian hasil honornya untuk kegiatan amal atau infakkan agar berkah.

Jika belum berhasil di muat Never Give Up !, teruslah menulis dan menulis karena menulis bukan hanya sekedar untuk tujuan materi saja, melainkan diniatkan juga untuk berbagi ilmu dengan tulisan kita dan itu jauh lebih bernilai jika tulisan kita mampu memberikan inspirasi dan menambah ilmu orang lain. Karena anda bisa berbagi tulisan tidak hanya di Koran melainkan bisa via media social, blog dan lain – lain.

Demikian sobat ulasan cara mengirimkan artikel ke Koran harian jogja khusus untuk rubric mahasiswa, semoga bermanfaat dan membantu anda agar bisa mudah dimuat tulisannya di Koran harian jogja. Salam menulis dari sahabat menulis anda Muhammad Tohir.

 

 

Baca Juga Ya :

Cara Menghemat Baterai BB

Cara Menghemat Baterai Laptop