8 Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh

1356

Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh

Dosa yang menghalangi datangnya jodoh – Maut, rezeki, dan jodoh telah ditetapkan oleh Allah sejak sebelum manusia dilahirkan. Namun, setiap orang tidak dapat mengetahui dengan pasti kapan maut menjemput, bagaimana rezeki mengalir, dan kapan jodoh datang.

Dalam hal jodoh, ada kalanya telah menjalin hubungan bertahun-tahun. Namun, hubungan tersebut tidak dapat bermuara ke jenjang pernikahan. Di sisi lain, dua orang yang tak saling kenal sebelumnya bisa tiba-tiba saja bertemu dan mengikat janji suci.

Perihal jodoh memang sulit ditebak. Ada orang yang mudah menemukan jodohnya, tetapi ada pula yang sulit menemukan jodohnya.

Perihal jodoh telah ditetapkan oleh Allah sedemikian rupa. Namun, manusia juga memiliki peran dalam cepat atau lambatnya ia bertemu dengan jodohnya. Tanpa disadari, kita kadang melakukan dosa yang menghalangi datangnya jodoh.

Baca: Al Quran Tidak Mengajarkan Keseimbangan Hidup, Tapi Mengajarkan Kesungguhan Hidup

Agar dosa tersebut tidak berulang, ada baiknya mengetahui bentuk-bentuk dosa yang menghalangi datangnya jodoh tersebut.

1. Syirik

Syirik merupakan salah satu perbuatan yang berdosa besar, karena menyekutukan Allah SWT. Saat galau karena jodoh tak kunjung datang, mungkin kita abai meminta pada Allah. Kita jusru mendatangi dukun atau peramal yang jelas tidak ada dalilnya.

Berbuat syirik benar-benar sebuah ketersesatan bagi manusia. Kita seharusnya mengintrospeksi diri terkait kegiatan ibadah, bukan malah menyekutukan Allah. Mungkin kita masih sering lalai dalam melaksanakan salat wajib atau kurang bersedekah.

Ada baiknya kita memperbaiki hubungan dengan Allah. Untuk mendapatkan jodoh terbaik, tidak ada salahnya mulai mencari jodoh dengan cara yang sesuai syariat Islam, seperti taaruf.

2. Lalai Sholat

Allah mewajibkan umat manusia untuk menjalankan sholat wajib lima waktu. Sholat adalah tiang agama yang tidak boleh ditinggalkan. Melalaikan sholat dapat berdampak pada cepat atau lambatnya Allah merespons doa hamba-Nya, termasuk dalam hal jodoh.

Menunda pelaksanaan sholat hingga akhir waktu juga bisa berdampak pada cepat atau lambatnya kedatangan jodoh. Manusia terkadang dilalaikan dengan kesibukan pekerjaan hingga mengakhirkan pelaksanaan sholat. Padahal, Allah mengutamakan doa-doa orang yang salat di awal waktu.

3. Berzina

Zina adalah salah satu perbuatan keji yang sangan dibenci oleh Allah. Zina menjadi alasan rusaknya hubungan natara manusia dengan Allah. Pun, zina akan menghalangi datangnya jodoh.

Apabila pernah melakuka zina, sebaiknya segera bertaubat dengan sebenar-benar taubat. Mohon ampun pada Allah atas segala dosa yang telah diperbuat. Apabila ikhlas dalam bertaubat, Insya Allah jodoh juga akan mudah didapat.

4. Berdosa (Durhaka) kepada Orang Tua

Karena orang tua, kita bisa terlahir di dunia. Mereka yang merawat kita dengan sepenuh kasih sayang hingga menjadi manusia dewasa yang berakal. Namun, terkadang ada anak yang tega saja menyakiti hati orang tua. Ini pula yang menjadi sebab sulitnya jodoh mendatangi. Murka orang tua adalah murka Allah. Ketika Allah murka, tidak sulit untuk menutup pintu rezeki bahkan jodoh seseorang.

5. Memutus Silaturahmi

Silaturahmi dapat memperpanjang umur seseorang dan mempermudah dala mendapatkan rezeki. Bukan tidak mungkin saat menengok kerabat jauh, kita justru bertemu dengan jodoh yang dinanti. Namun, saat kita memutus tali silaturahmi, jodoh juga bisa menjauh.

6. Menggunjing dan Mengadu Domba

Perbuatan dosa yang sangat mudah dilakukan manusia  adalah menggunjing. Bertemu dengan teman lama lalu tanpa sadar membicarakan keburukan teman yang lain. Padahal, perbuatan ini juga bisa menghalangi datangnya jodoh seseorang. Apalagi jika menggunjing diikuti dengan mengadu domba yang mengarah pada fitnah. Hal tersebut jelas akan merugikan diri sendiri.

7. Mengonsumsi Makanan Haram

Dunia terbagi atas sesuatu yang halal dan haram. Saat mengonsumsi makanan yang haram, seseorang akan dijauhkan dari jangkauan rezeki. Dalam hal ini, seseorang juga bisa dijauhkan dari datangnya jodoh.

Ada baiknya untuk mulai mengintrospeksi diri terkait makanan yang dimakan selama ini. apakah makanan tersebut didapat dengan cara yang halal atau justru haram? Pun, apakah harta yang dimiliki sudah dizakatkan atau belum.

8. Kikir

Salah satu kunci sukses mendapatkan jodoh adalah dengan bersedekah. Orang yang kikir dan enggan bersedekah secara otomatis akan dijauhkan dari jodohnya. Pun, sudah banyak kisah pasangan yang mendapat jodoh karena rajin bersedekah. Tidak ada salahnya meniru dari mereka, kan?

Itulah delapan dosa yang menghalangi datangnya jodoh, semoga kita semua terhindarkan dari melakukan delapan hal terlarang diatas, tidak hanya soal jodoh tapi juga demi kebaikan hidup selamat dunia dan akhirat kita.

Baca Juga: Wahai Para Muslimah, Inilah Hukum Istri Membentak Suami Menurut Islam