Hal yang Harus Dimiliki Saat Usia Sudah Menginjak Kepala 3

Hal yang Harus Dimiliki Saat Usia Sudah Menginjak Kepala 3
Hal yang Harus Dimiliki Saat Usia Sudah Menginjak Kepala 3 – Ilustrasi

Lebahmaster.com – Kalau usia mudamu biasa kamu habiskan untuk bersenang-senang, mulai dari shopping  hingga travelling. Maka ketika usia mu telah menginjak kepala 3, bukan saatnya lagi untuk berfoya-foya. Katakan “good bye” pada pemborosan dan party-party  yang tidak penting. Di usiamu yang sudah menginjak kepala 3, kamu perlu memikirkan hal-hal yang lebih penting. Lalu, hal apa yang harus dimiliki saat usia sudah menginjak kepala 3?

Di usia yang sudah menginjak kepala 3, kamu perlu selektif dalam menanggapi setiap hal hal yang terjadi. Mana kegiatan yang bermanfaat dan mana kegiatan yang hanya membuang waktu sia-sia. Jika di kepala 2, kamu sering meng-iyakan ajakan mereka, maka saatnya kamu menolak ajakan temanmu yang tidak bermanfaat. Kamu juga perlu memiliki hal-hal berikut saat usia sudah menginjak kepala 3.

Biar kamu gak bingung mesti sudah punya Apa sajakah itu ketika usia sudah menginjak kepala 3 maka berikut Kami berikan ulasannya untuk kamu semua:

1. Mandiri financial

Diusiamu yang telah menginjak kepala 3, harusnya kamu telah memiliki pekerjaan tetap dan mapan. Atau bahkan telah mampu membuka usaha sendiri. Mandiri secara financial, artinya kamu tak lagi meminta uang pada orang tuamu, tapi saatnya kamu memberikan uang pada orang tuamu dengan pekerjaan yang kamu jalankan.

2. Kebiasaan mengelola uang dengan baik

Memiliki penghasilan yang besar juga akan sia-sia jika kamu tidak bisa mengelola uang dengan baik. Jika selama ini kamu mengabaikan pengelolaan uang yang baik, maka saat usiamu menginjak kepala 3, saatnya kamu membagi-bagi penghasilan yang kamu dapatkan untuk memenuhi kebutuhan dan menabung. Alokasikan penghasilan yang kamu dapatkan secara jelas.

3. Miliki tabungan dana darurat

Kalau diusiamu yang menginjak kepala 3 masih sering mengeluh gak punya uang, berarti pengelolaan uangmu kurang baik. Mulailah memiliki tabungan atau dana darurat. Sisihkan penghasilan untuk dana darurat yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sewaktu-waktu yang besar.

4. Kurangi hutang

Berhutang memang tidak dilarang, jika kamu disiplin melunasinya. Kalau kamu malas melunasi hutang, jangan harap kamu bisa menabung dengan penghasilan yang kamu dapatkan. Alhasil penghasilanmu hanya numpang di ATM sebelum akhirnya kamu gunakan untuk membayar hutang. Maka, lebih baik kurangi berhutang dan mulailah menabung.

5. Punya properti pribadi

Selain itu, hal yang harus kamu kamu miliki saat usia menginjak kepala 3 yakni punya properti. Artinya, mulailah membeli properti dari penghasilan yang kamu miliki, misalnya rumah. Jika penghasilanmu belum cukup untuk membayar secara lunas, maka kamu bisa mencicil setiap bulannya hingga lunas.

6. Lakukan Investasi

Kalau kamu sudah memiliki tabungan yang banyak, maka jangan lupa untuk melakukan investasi. Dan properti merupakan salah satu investasi yang dapat kamu lakukan. Di usia yang menginjak kepala 3, paling tidak kamu memiliki 1 jenis investasi.

7. Miliki asuransi

Kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi dengan kita. Termasuk musibah yang bisa menimpa kita sewaktu-waktu, oleh sebab itu memiliki asuransi sangat dianjurkan. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir resiko saat terkena musibah.

8. Buat dana pensiun

Di usia yang sudah menginjak kepala 3, kamu juga perlu menyiapkan dana pensiun. Meskipun terlihat terlalu dini, namun mempersiapkan dana pensiun sejak dini akan membantumu, ketika pensiun diusia tua nanti.

Baca Juga: 7 Pertanyaan Penting Untuk diri Sendiri Sebelum Berusia 30 Tahun

Itulah 8 hal yang harus dimiliki saat usia sudah menginjak kepala 3. Saat usianya sudah seperti itu, menunda-nunda pekerjaan dan bersantai-santai bukanlah hal yang layak kamu lakukan. Tapi, diusia yang memasuki usia dewasa dan akan menginjak usia tua tersebut, saatnya kamu menjadi manusia yang mapan dan matang, khususnya dalam hal financial.