8 Prinsip Dalam Etika Bisnis Yang Harus Dipegang Teguh Dalam Berbisnis

1950
Prinsip Dalam Etika Bisnis
Prinsip Dalam Etika Bisnis – Ilustrasi

Prinsip dalam etika bisnis mencakup banyak hal yang berkaitan dengan aturan dalam menjalankan berbagai hal tentang bagimana sebuah perusahaan memberikan manfaat bagi para pekerja maupun terhadap lingkungan disekitar, karena tidaklah bisa dikatakan sebagai bisnis yang berhasil apabila di dalamnya masih membuat beberapa pihak merasa tertekan maupun terganggu atau masih merasa tidak nyaman baik bagi yang bekerja di dalamnya dan masyarakat disekitar.

Sebagaimna diketahui bahwa Etika Bisnis adalah Perilaku etis atau tidak etis dari seorang pimpinan perusahaan atau karyawan sebuah perusahaan.

Perilaku etis dalam etika bisnis adalah perilaku yang wajar dan sesuai dengan norma masyarakat yang diterima secara umum.

Baca: Pengertian Manajemen Pemasaran

Dalam Ilmu etika bisnis terdapat delapan prinsip bisnis yang harus dipegang teguh oleh pelaku bisnis jika ingin membawa perusahaan atau bisnisnya cepat berkembang dan memberikan manfaat kepada banyak orang, diantaranya:

1. Prinsip Kepatuhan Terhadap Hukum

Prinsip Kepatuhan terhadap hukum adalah ketaatan penyelenggara an usaha atau bisnis terhadap hukum yang berlaku.

Secara tertulis hukum dapat berupa undang-undang dan peraturan pemerintah, atau bisa juga berupa kesepakatan secara tertulis antara dua orang atau lebih.

Selain ada hokum formal ada juga hukum yang bersifat non-formal yang merupakan konsensus sebuah kelompok masyarakat.

2. Prinsip Transparansi / Keterbukaan

Prinsip Transparansi merupakan prinsip untuk bersedia melakukan keterbukaan dalam melakukan proses pengambilan keputusan dan mengemukakan informasi materiil yang relevan mengenai produk atau jasa dan kebijakan dari insitusi atau perusahaan kepada shareholder, baik yang berhubungan dengan internal maupun eksternal.

Transparansi sering juga diidentikan dengan prinsip etika bisnis yang bersifat kesempurnaan atau keutuhan informasi yang disampaikan oleh pelaku bisnis.

3. Prinsip Akuntabilitas (Accountability)

Prinsip dalam etika bisnis yang berkaitan dengan kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertangungjawaban manajemen perusahaan atau institusi sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif dan efesien.

4. Prinsip PertanggungJawaban (Responsibility)

Prinsip kesesuaian adalah prinsip kesesuaian pengelolaan perusahaan atau institusi dengan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

Prinsip dalam etika bisnis ini juga bermakna pemenuhan kewajiban institusi atau perusahaan kepada semua pemang-ku kepentingan, baik internal maupun eksternal, yang menjadi hak mereka.

5. Prinsip Kewajaran (Fairnes)

Prinsip kewajaran merupakan prinsip pengelolaan perusahaan atau institusi yang didasarkan pada keadila dan kesetaraan didalam memenuhi hak-hak stakeholders yang timbul berdasarka perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

6. Prinsip Kejujuran (Honesty)

Prinsip dalam etika bisnis dalam praktek kejujuran adalah prinsip kesesuaian antara perkataan dan perbuatan dengan kondisi sebenarya dan atau aturan yang ada menyangkut materi atau informasi yang relevan dalam kegiatan, praktek atau pengelolaan perusahaan atau institusi.

Prinsip ini juga termasuk tidak adanya kebihingan antara perusahaan dengan semua stakeholder dan shareholder menyangkut materi dan informasi yang relevan bagi mereka.

7. Prinsip Empaty (Compassion)

Prinsip dalam etika bisnis penerapan empaty adalah perlakuan kepada shareholder dan stakeholder oleh perusahaan atau institusi sebagaimana mereka sendiri igin diperlakukan dalam pengelolaan bisnis.

Bagaiaman memperlakukan pihak lain seolah-olah memperlakukan diri sendiri. Jika diri sendiri tidak ingi dibohongi, maka bergitupun dengan pihak lai juga tidak ingin dibohongi.

8. Prinsip Kemandirian (Endependance)

Prinsip Kemandirian merupakan prinsip suatu keadaan dimana perusahaan atau institusi dikelola secara professional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh atau tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

Baca: 6 Keahlian Marketing Yang Harus Dikuasai Oleh Para marketer Di Era Modern

Itulah delapan prinsip dalam etika bisnis yang harus diperhatikan oleh semua pelaku bisnis atau perusahaan yang ingin menjadikan usahanya bisa sesuai dengan orma bisnis yang benar, karena bisnis buka soal keuntungan semata melainkan juga harus memperhatikan beberapa hal penting terkait kemaslahan dan manfaat bagi anyak orang.