Penentuan Lokasi BisnisCara Menentukan Lokasi Bisnis Agar Bisa Mendapatkan Konsumen Tertarget

Cara menentukan lokasi bisnis merupakan hal yang penting untuk di pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuka usaha, karena lokasi menjadi penentu kelancaran arus bisnis anda.

Penentuan lokasi bisnis juga termasuk dalam salah satu dari kompunen penting dalam SKB ( study kelayakan bisnis ) lokasi yang tepat akan mendukung untuk perkembangan bisnis agar bisa lebih cepat dalam meraih keberhasilan yang di impikan oleh setiap pengusaha.

Beberapa hal berikut ini yang perlu di perhatikan dalam penentuan lokasi tempat dimana kita akan memulai membuka bisnis baru :

1. Perhatikan Kondisi Arus Lalu Lalang
Lokasi yang ramai arus lalu lalang baik pejalan kaki ataupun pengendara akan lebih memberikan kebaikan bagi bisnis agar banyak orang yang tahu bahwa anda ada disitu membuka bisnis, meskipun anda sebenarnya juga bisa buka dimana saja tapi hal tersebut memerlukan keahlian dalam marketing memperkenalkan lokasi disamping itu juga memerlukan biaya besar, jadi solusinya pilih saja lokasi ramai agar meminimalisir biaya promosi.

2. Sesuaikan lokasi dengan target market
Dalam hal ini anda harus bisa memastikan tempat dimana anda membuka bisnis, apakah sudah dekat dengan target market produk bisnis anda, baik dari segi usia, ekonomi, lokasi yang sesuai dan dekat dengan target market akan lebih memudahkan akses target market anda untuk menjangkau toko milik anda.

3. Terbuka dan Gampang Untuk Di lihat
Kalau anda pelaku bisnis ritel, fashion atau distro lainnya ini penting untuk memilih lokasi yang terbuka dan gampang di lihat, hal ini akan lebih mudah bagi pelanggan untuk tahu keberadaan anda , hampir mirip dengan tips no 1 di atas, selain itu agar lebih dikenal anda bisa memasang spanduk, papan nama yang besar di depan toko anda.

4. Pertimbangkan untuk memilih Sharing Area
Sharing area adalah lokasi dimana di tempat tersebut sudah ada toko yang juga menjual produk yang sama dengan bisnis anda. Keuntungannya ketika anda memilih lokasi ini adalah sudah ada target marketnya yang sebelumnya sudah di bangun oleh pesaing bisnis anda tersebut. Namun yang perlu di perhatikan adalah anda harus siap bersaing dengan pembisnis lain yang serupa. Tapi percayalah rejeki telah di tetap untuk masing – masing orang yang berusaha, perhatikan di pasang dengan begitu banyak penjual yang memasarkan produk sejenis tapi mereka masing – masing ada pembelinya. Dalam hal ini pelayanan anda menjadi nilai Pluss bagi bisnis anda.

5. Memilih Monopoli area
Ketika memilih lokasi seperti ini anda benar – benar harus siap akan biaya promosi yang tidak sedikit, karena di monopoli area anda menjadi orang satu – satunya yang membuka bisnis tersebut. Gencarkan promosi toko atau produk anda agar banyak di kenal dan banyak pembeli berdatangan. Keuntungannya anda akan menjadi satu – satunya penampung kebutuhan konsumen.

6. Mempertimbangkan Biaya sewa
Kita semua mungkin sudah tahu bahwa untuk lokasi yang strategis maka otomatis biaya sewa juga akan lebih mahal dan besar. Dalam hal ini anda harus bisa memperkirakan antara biaya sewa dan potensi keuntungan yang akan di dapat, tidak mengapa biaya sewa mahal tapi disitu anda bisa banyak mendapatkan keuntungan dari bisnis yang di jalankan, Dari pada murah tapi sepi dan tidak mendatangkan pemasukan apa – apa.

7. Legalitas Lokasi Bisnis
Lokasi yang anda pilih harus benar – benar bersih dari sengketa dan masalah legalitas lainnya, penting untuk menuntaskan system perijinan dan keperluan lain terkait dengan legalnya tempat anda membuka usaha. Tentunya kita tidak ingin ketika sedang asik – asiknya menjalankan bisnis di suatu lokasi tiba – tiba timbul masalah baik berupa gugatan dan lain sebagainya terkait ijin mendirikan usaha di lokasi tersebut.

8. Perhatikan Lokasi sekatar
Sesuaikan area bisnis anda dengan lingkungan sekitar yang cocok untuk bisnis anda, misalkan anda berjualan pakaian atau fashion akan menjadi pemandangan yang tidak bagus di lihat jika bersampingan dengan bengkel las, tambal ban dan kandang ternak ayam potong, jika anda bisnis fashion sebaiknya anda memilih lokasi dekat café,warnet dan tempat dimana banyak orang yang berkunjung dan sesuai dengan bisnis fashion anda.

Selaij itu juga anda harus memperhatikan lingkungan masyarakat sekitar, baik kebiasaan dan cara mereka berinteraksi antar sesame hal ini agar bisa membantu dalam pembangunan citra baik bagi bisnis atau perusahaan anda. Jika bisnis anda bisa berjalan dengan didasari adanya hubungan yang baik dengan masyarakat maka akan semakin besar peluang bisnis anda berkembang lebih besar.

Demikian beberapa tips cara memilih lokasi bisnis yang tepat saat ingin memulai dalam membangun bisnis anda, lokasi yang tepat akan membantu dalam mempercepat perkembangan bisnis.

You May also Like :

6 Jurus Cara Memikat hati Pelanggan Bisnis Anda