9 Blok Model Bisnis Penting Dalam Strategi Membangun Bisnis Model Canvas

10658

Blok Bisnis Model Canvas

Bisnis Model Canvas Yang Perlu di Bangun Dalam Start UP Business

Memiliki bisnis adalah impian semua orang untuk menunjang kesuksesan hidupnya dan keluarga, Namun yang masih menjadi kendala saat ingin memulai bisnis adalah cara membangun model bisnis seperti apa yang perlu di lakukan agar bisnisnya bisa berjalan dan mampu bersaing dalam jangka waktu yang panjang. memulai sebuah bisnis tidak boleh asal – asalan sangat di perlukan sekali strategi yang matang dan juga keberanian dalam memulainya.

Beruntungnya sekarang para pakar bisnis model telah menuliskan untuk kita bagaimana cara membangun bisnis model yang tepat dan perlu di terapkan ketika ingin memulai sebuah bisnis, seperti buku yang sangat bagus yang berjudul “Business Model Generation” – Alex Osterwalder

beliau sudah bersusah payah menuliskan untuk kita strategi membangun bisnis yang baik, maka biar tulisan beliau yang luar biasa itu tidak sia – sia sebaiknya kitamanfaatkan sebagai acuan untuk startup bisnis. Di bukanya tersebut beliau menuliskan 9 blok untuk membangun sebuah bisnis dengan baik yang harusdi terapkan oleh seorang pembisnis. apa 9 blok building bisnis tersebut berikut di bawah akan saya uraikan sedikit.

Kalau Di buku penulis menuliskan urutan seperti ini :

1. Customers Segment

2.Value Proposition

3. Customer Relationship

4. Channel

5.Revenue Stream

6.Key Resource

7.Key Activities

8.Key Partnership

9.Cost Structure

Tapi saya akan Berusaha sedikit menjelaskan dalambahasa indonesia, sebagai berikut :

Pertama : Mengetahui/Mengenal Pelanggan Bisnis Anda

Dalam Hal ini anda di haruskan terlebih dahulu membaca calon pelanggan anda, siapakah nanti sasaran bisnis anda, anda bisa mencari tahu mereka dengan menerapkan beberapa di bawah :

  • cari tahu umurnya berapa
  • Gender atau jenis kelamin pelanggan anda
  • Tempat tinggal mereka dimana
  • Apa saja Kebutuhan mereka
  • berapa pengeluaran mereka setiapbulannya

Lakukan survey untuk mendapatkan data – data di atas, jika sudah dapat data jelas andabisa menentukan jenis produk apa yang akan di tawarkan kepada mereka.

Kedua : Apa Produk yang akan Anda Tawarkan

Untuk Produk apa yang akan menjadi pilihan anda, bisa anda tentukan setelah anda mengetahui data pelanggan anda, dari segi apa yang mereka butuhkan, misalkanpelanggan anda para mahasiswa maka andabisa menyediakan produk kebutuhan para mahasiswa, seprti buku panduan skripsi dll. atau jika kebutuhan pelanggan anda mereka yang suka berbahasa ingris maka anda bisa membuka lembaga kursus bahasa inggris.

Ketiga : Saluran Distribusi Produk anda

Anda perlu mencari solusi apa yang bisa menyalurkanbisnisanda sampai kepada pelanggan anda, bisa melalui para distributor, toko, buat toko online, atau andaingin menjalankannya sendiri berkeliling. nah penyalur ini sangat penting untuk mempermudah berjalannyaproduk anda sampaipada konsumen.

keempat : Strategi Pemasaran atau Marketing

Untuk memperkenalkan bisnis anda di perlukan marketing atau strategi pemasaran supaya bisnis anda cepat beredar dan di kenal orang banyak, sekarang sudah tidakkesulitan dalam hal marketing, anda bisa memanfaatkan media social yang begitu banyak danterkenal seperti facebook, twitter, google plus, dll tinggal bagaimana anda konsisten dalam melakukan pemasaran dengan sarana yang ada.

Kelima : Menentukan Rencana Pendapatan

Ini adalah yang paling penting dalam building bisnis, anda perlu memikirkan sumber pendapatan dari bisnis apa yang akan anda jalani, mungkin jika anda ingin berbisnis online anda bisa mendapatkan penghasilan dari orang lain yang memasang iklan di twitter atau fanpage anda atau website milik anda. anda juga harus bisa mengira berapa persentase penghasilan yang akan anda dapatkan jika anda memutuskan menjalankan suatu bisnis.

Keenam ; Patner Bisnis

jika anda merasa tidak mampu sendirian untuk menjalankan sebuah bisnis, terlebih jika bisnis anda merupakan bisnis yang besar maka anda perlu mencari patner kerja, karena untuk menjadikan sebuah bisnisyang baik anda tidakbisa sendirian dan harus mencari patner untuk bekerjasama mengelola bisnis tersebut.

Dalam mencari patner anda juga harus jeli dan jangan asal mencari,carilah patner yangmemiliki potensi dan kemampuan yang sesuai dengan bisnis anda, carilah patner bisnis yang benar – benar berkualitas danbisadi percaya untukmengelola bisnis anda.

KeTujuh: Aktivitas bisnis

Anda perlu memikirkan apa saja nanti aktivitas atau kegiatan dalam bisnis anda yang akan di lakukan untuk menghasilkan pemasukan yang bisa menguntungkan bisnis anda.

Kedelapan: Umber daya bisnis

Anda tentunya akan kesulitan jika berjalan sendirian dalam berbisnis di situlah di perlukan sumber daya yang bisa mendongkrak kemajuan bisnis anda menjadi pesat, andaperlumencari orang untuk di jadikan staf atau sekretaris, atau bagian keuangan dll,Sumber daya yang di perlukan untuk bisa membagi tugas dalam bisnis anda sesuai bagian yang di perlukan.

Terkahir : Biaya Bisnis yang Di keluarkan

Dalam dunia bisnis semuanya pasti memerlukan biaya meskipun tingkat biayanya berbeda -beda antara bisnis satu dan yang lain tapi yang jelas pasti membutuhkan biaya agar bisnis bisa berjalan. anda disni harus bisa memperhitungkan biaya yang di perlukan dalam bisnis anda, pastikan anda untuk membuat datatertulis terhadap pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis anda, Anda harus tahu berapa pengeluaran dan berapa pemasukan dari bisnis anda, jika pengeluaran biaya lebih besar dari pemasukan berarti anda perlu melakukan perbaikan kinerja dalam bisnis anda supaya bisa menghasilkan pemasukan yang lebih besar dari pengeluaran.

Satu hal, anda jangan mudah menyerah dan putus asa saat memulai bisnis jika mendapati kerugian, teruslah malakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas kerja dengan selalu melakukan evaluasi kerja tiap bulannya, wajar jika ada kesalahan dalam bisnis pemula yang tidak wajar adalah jika anda langsung menyerah dan berputus asa lalu tidak mau berusaha lagi untuk berjuang lebih giat membangun bisnis dengan baik.

Demikian sedikit tentang bisnis model Canvas ini semoga bisa membantu dalam Hal memulai bisnis semoga bermanfaat, tapi tulisan ini tidak akan ada arti apa – apa jika anda tidak ada action sama sekali.

Komentar dan saran anda sangat di perlukan demi perbaikan kualitas tulisan artikel website ini.

By. Muhammad Tohir

 

Artikel Terkait:

Tujuh Kebiasaan Dari Orang yang tidak efektif