9 Langkah Memulai Bisnis Percetakan Buku

6068

Mesin Bisnis PercetakanCara Memulai Bisnis Percetakan Dengan Modal Kecil

cara memulai bisnis percetakan buku dengan modal kecil bukanlah hal yang tidak mungkin untuk di jalani oleh siapapun yang memang memiliki niat ingin bisnis percetakan.

Melihat prospek bisnis percetakan semakin diminati oleh pasar maka bisnis ini bisa menjadi pertimbangan oleh anda yang ingin memulai bisnis kecil yang di harapkan kelak bisa menjadi sebuah bisnis besar, jangan berpikir bisnis percetakan besar seperti mizan, diva press dll, mereka berawal langsung besar! Mereka juga awalnya dirintis dari nol dan pada akhirnya bisa menjadi bisnis percetakan ternama di indonesia.

Sebelum anda memutuskan untuk memulai bisnis percetakan buku, ada beberapa hal yang perlu anda pahami dan juga di persiapkan dintaranya ialah :

1. temukan dan tentukan terlebih dahulu nama brand percetakan anda, usahakan yang “easy listening” dan mudah diingat. Nama-nama seperti Gramedia, Mizan, LKIS, Erlangga, Diva, Navila merupakan nama-nama yang familiar dan mudah diingat oleh konsumen, anda juga harus bisa menemukan nama brand anda sendiri yang mudah di ingat oleh banyak orang.

2. Langkah selanjutnya ialah Mulailah mencari naskah, jika Anda seorang penulis anda bisa memulai naskah Anda sendiri. Jika Anda bukan penulis, mulailah untuk mencari naskah dari rekan-rekan penulis Anda, browsing naskah di internet, menggandeng para blogger, atau mengiklankan penerbitan Anda di koran. Lakukan banyak promosi terkait bisnis percetakan anda.

3. Setelah Anda menentukan naskah yang akan diterbitkan, selanjutnya adalah mencetak naskah. saat ini anda tak perlu repot dan bingung dengan segala macam kerepotan mencetak naskah karena sudah ada percetakan yang melayani “one stop Printing”. Artinya percetakan tersebut total akan melayani anda dari hulu ke Hilir. Pekerjaan seperti Desain cover, Editing, Mengurus ISBN, Pra cetak hingga mencetaknya akan di layani oleh percetakan. Keuntunganya adalah Anda tak perlu repot dan mengeluarkan dana besar untuk memperkerjakan desainer cover, editor, Pra cetak dll. Biasanya, pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa juga dikerjakan oleh percetakan.

Mudah bukan ? Tugas Anda hanyalah menyiapkan pembayaranya, khusus yang satu ini anda bisa menegosiasikan sistem pembayaranya dengan percetakan apakah cash, cash bertahap atau kredit. Anda juga bisa melakukan kesepakatan dengan mereka yang ingin bukunya di terbitkan oleh percetakan anda.

4. setelah semua proses desain dll terkait buku yng akan anda terbitkan, hal pertama yang penting untuk anda tentukan adalah harga jual dari buku tersebut, jika anda bingung bagaimana menentukan harga jual buku silahkan menggunakan rumus dibawah ini bagaimana cara menentukan harga jual buku:

Harga jual = biaya cetak x 7 ( untuk pengalian anda bisa melakukan perubahan angka 7 sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan ) atau rincinya dari rumus tersebut sebagai berikut :

misalkan 20% adalah biaya cetak buku, 10% Royalti, 50% operkiraan biaya distribusi, dan 20% keuntungan bersih.

5. setelah anda selesai menjalani proses percetakan buku, anda mulailah mencari link atau partner distributor yang siap anda ajak kerja sama untuk memasarkan buku yang telah anda cetak tersebut, usahakan untuk bisa mendapatkan yang memang sudah berkelas. Pilihlah Distributor yang berpengalaman dan mempunyai akses ke toko-toko buku besar seperti Gramedia, Toga Mas, Gunung Agung, dll.

6. tahap ini yang penting anda lakukan yaitu promosi : lakukan promosi dengan maksimal, baik dengan beriklan, via blog atau website, media sosial dan yang lainnya. Semakin hebat dan gencar promosi anda maka penjualan buku hasil cetakan anda akan semakin laris manis dan menadatangkan keuntungan besar. Selain itu juga bisa melakukan bedah buku bersama penulisnya, dengan mengadakan acara2 yang mengundang banyak orang yang datang. Mengikuti pameran buku dll.

Bila anda mau anda juga bisa mengirimkan contoh buku hasil terbitan anda ke acara talk show kick Andi, mudah – mudah keterima dan buku anda bisa beriklan di acara besar statiun televisi. Kerenkan..

7. jangan mudah berpuas diri, setelah berhasil menerbitkan buku pertama dan selanjutnya teruskan usaha untuk bisa mendapatkan naskah baru yang berkualitas demi jekangsungan bisnis percetakan anda, ingatlah selalu bahwa, nyawa penerbit = buku baru. Jika anda tidak gnecar dan tidak bisa mendapatkan naskah baru maka bisnis percetakan anda tidak akan bisa berjalan lama.

8. di sela berjalannya bisnis anda jangan sampai lupa kepada Tuhan anda, berdo’alah agar bisa dimudahkan selalu dalam menjalankan bisnis anda, perbanyak sedekah dari hasil bisnis anda tersebut, karena sebagian hasil yang anda dapatkan ada hak orang lain yang membutuhkan yang perlu anda sisihkan.

9. Berterimakasihlah kepada manusia dengan berbuat baik dan juga berterima kasih kepada Tuhan dengan melakukan semua perintah dan larangannya, Tawakal dan berdo’a dengan keihklasan. InsyaAllah You Find The way….Salam sukses.

Note : Perlu anda pahami bahwa, hal – hal di atas unutk anda lakukan ketika anda tidak memiliki modal untuk membeli peralatan dll untuk melakukan produksi bisnis percetakan anda sendiri. Jika anda sudah mampu tidak ada salahnya melangkah menuju ke perkembangan selanjutnya dengan membeli berbagai fasilitas yang di perlukan untuk membuka produksi bisnis percetakan anda sendiri tampa harus berkerjasama lagi dengan penerbit lain untuk menerbitkan buku anda.

Baca Juga : 6 Cara Membuat Judul Buku Yang Menarik