9 Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama Bagi Calon Ibu

8698

Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama Setelah berhubungan

Tanda tanda kehamilan minggu pertama setelah berhubungan intim dengan pasangan hingga hari ini masih banyak yang belum tahu tentang itu, terlebih bagi yang baru saja menjalani hidup baru bersama kekasih tercintanya, it’t oke wajar saja namanya juga belum tanda tanda kehamilan.

Namun ketidak tahuan itu akan tanda – tanda kehamilan minggu pertama setelah berhubungan sebaiknya anda ketahui supaya tidak merasa kaget atau cemas mungkin juga timbul keragu – raguan apakah anda hamil atau tidak. Bukan hal yang tabu ketika anda sebagai istri atau suami anda mempelajari tanda – tanda kehamilan minggu pertama setelah berhubungan.

Berikut kami share kepada anda mengenai tanda – tanda kehamilan agar anda bertambah kebahagiaan bersama orang tercinta anda jika tanda – tanda kehamilan minggu pertama setelah berhubungan intim, dan kami ucapkan selamat atas kehamilan anda jika tanda – tanda kehamilan tersebut ada pada anda sebagai pasangan yang sah.

Tanda kehamilan pertama : adanya Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih  

Adanya Rasa lelah dan ngantuk pada ibu hamil selain disebabkan oleh perubahan hormonal, juga akibat kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru, semakin bertambah di sebabkan tanda kehamilan mulai muncul. Organ-organ vital ini tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu saja, namun juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sedang terbentuk. Keadaan Perut seorang ibu yang semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan juga memberikan beban tersendiri bagi tubuh ibu.

Ke – 2: sering kencing atau buang air kecil

Tanda kehamilan juga seringnya ibu hamil membuang air kecil yang disebabkan adanya peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan oleh janin yang menekan kandung kemih sang ibu.

Ini juga di sebabkan karena peningkatan hormone di dalam tubuh, oleh sebab itu jangan menahan kencing anda agar terhindar sakit kencing, dan untuk menghindari dehidrasi sebaiknya perbanyak minum air yang mendukung asupan bagi ibu hamil.

Ke – 3: Timbul Rasa Sembelit

Rasa Sembelit pada ibu yang akan hamil terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hal ini juga di akibatan mengendornya otot Rahim pada calon ibu, tapi keadaan ini baik bagi proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh ibu hamil.

Ke -4 : adanya bercak darah atau flek di ikuti rasa kram pada perut

Adanya bercak darah yang keluar muncul sebelum menstruasi yang akan datang, ini terjadi antara 8 – 10 hari setelah terjadinya ovulasi.

Munculnya Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding Rahim sang calon ibu. Yang sering salah anggapan adalah bahwa bercak darah yang muncul di anggap sebagai darah menstruasi, padahal itu merupakan tanda – tanda awal kehamilan.

Selain bercak darah, tanda – tanda kehamilan dini juga adanya kram pada perut dan kejadian ini berlanjut samapai pada trimester kedua masa kehamilan atau sampai letak uterus posisinya berada di tengah atau sudah di sangga oleh pinggul sang calon ibu hamil.

Ke – 5 : Kondisi Naiknya temperatur basal tubuh

Tanda – tanda kehamilan minggu pertama juga di tandai naiknya suhu basal pada tubuh sang calon ibu hamil. Kondisi dimana naiknya temperature basal pada ibu hamil akan terus terjadi sampai terjadinya ovulasi.

Ke – 6: Terjadi Perubahan Pada Payudara Yang Membesar

Saat tanda – tanda kehamilan mulai menyapa sang wanita, maka keadaan payudaranya mulai berubah menjadi besar ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormone estrogen dan progesterone.

Seleain membesar keadaan payudara sang wanita juga menjadi lebih lembut dan lebih sensitive, artinya sensitive ia akan lebih mudah adanya rasa sakit apabila di pegang.

Ke -7: Sering Mual dan muntah

Tanda – tanda kehamilan dini adanya rasa mual dan pengen muntah memberikan angka Sekitar 50% perempuanmengalami keadaan ini. Hal ini di sebabkan peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut adalah HCG (Human chorionic Gonadotrophin) yang ada di dalam tubuh calon ibu tersebut. Selain dalam darah, peningkatan hormon ini juga terjadi pada saluran air kencing. Itulah sebabnya, alat test pack kehamilan dilakukan melalui media air seni, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasikan mengenai hal ini ke dokter anda, karena akan mengganggu kesehatan kehamilan anda sebagai calon ibu.

Ke – 8 : sering meludah

Sering meludah merupakan tanda – tanda kehamilan ini akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini dan kebiasaan atau sering meludah ini biasanya akan menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua pada calon ibu.

Ke -9: Adanya Rasa Pusing dan sakit kepala

Tanda – tanda kehamilan seperti pusing atau sakit kepala di sebabkan oleh factor fisik, lelah, mual, lapar, dan tekanan darah rendah pada calon ibu hamil.

Ini juga terjadi pada emosional sang calon ibu di tandai adanya perasaan tegang dan depresi. Pusing juga di sebabkan karena pasokan darah kedalam tubuh sang wanita mengalami peningkatan hal ini menyebabkan sering terjadi pusing pada sang ibu hamil, bahkan ketika berganti posisi baik dari duduk ke posisi berdiri.

Itulah tanda – tanda awal kehamilan minggu pertama setelah berhubungan suami istri yang sering di alami oleh kebanyakan wanita, namun, tidak semua wanita mengalami keadaan yang sama seperti yang telah di sebutkan dari tanda – tanda kehamilan diatas, bahkan ada sebagian wanita yang sama sekali tidak merasakan apa – apa ketika kehamilan tiba. Oleh sebab itu untuk lebih bagusnya anda sebaiknya rutin melakukan konsultasi kepada dokter kandungan untuk mendapatkan jawaban yang meyakin apakah anda akan hamil atau tidak. Hal ini akan lebih memberikan ketenangan kepada sang calon ibu akan tanda – tanda kehamilan dini yang sebenarnya apabila rutin berkonsultasi pada pihak dokter kandungan.

Semoga ulasan singkat mengenai tanda – tanda kehamilan minggu pertama setelah berhungan intim suami – istri ini bermanfaat. Salam sehat

 

 

Yuk Baca Juga :

KETAHUI 6 TIPS CEPAT HAMIL SETELAH MENIKAH

7 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Secara Alami

MELIA BIYANG DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN