Ada Rabindranath Tagore Di Borobodur

1141

Rabindranath Tagore

Lebahmaster.com – Siapa yang tak kenal dengan Rabindranath Tagore penyair, dramawan, filsuf, seniman, musikus dan sastrawan asal tanah Bengali, Kolkata, India. Rabindranath adalah sosok melegenda di India. Pada 1931, Rabindranath mendapat anugerah Nobel dalam bidang sastra. Dan, ia menjadi orang Asia pertama yang dapat Nobel bidang sastra.

 

Namanya, tetap dikenang karena karya-karya besarnya. Salah satu maha karya Rabindranath adalah, Gitanjali dan Bhagavad Gita yang telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Salah satunya telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

 

Di Indonesia, nama Rabindranath juga cukup dikenal, terutama di kalangan penikmat sastra. Tapi apa hubungannya Rabindranath dengan Borobudur, candi besar nan megah di Indonesia?

 

Ya, Rabindranath adalah sastrawan besar, dengan karya-karya besarnya. Borobudur pun demikian, adalah salah satu maha karya besar peradaban di Indonesia. Namun, hubungannya bukan karena Rabindranath dan Borobudur sama-sama besar. Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia. Menurut sohibul sejarah, candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah itu di dirikan atau dibangun sekitar tahun 800-an Masehi. Candi besar berbentuk stupa itu dibangun di era masa pemerintahan wangsa Syailendra.

 

Ternyata ada jejak sang sastrawan di Borobudur. Rabindranath tercatat pernah mengunjungi Candi Borobudur pada tahun 1927. Sang sastrawan saat menyambangi Borobudur sangat mengagumi candi Buddha terbesar yang tercatat telah jadi warisan budaya UNESCO itu. Bahkan saking kagumnya, Rabindranath mengabadikanya dalam sebuah puisi yang diberi judul “Kepada Tanah Jawa”. Puisi itu, adalah bukti kekaguman Rabindranath kepada kemegahan dan nilai magis Borobudur.

 

Bulan November 2012, untuk mengenang jejak sang sastrawan, pemerintah India mempersembahkan patung dada Rabindranath Tagore yang terbuat dari perunggu untuk ditempatkan di kawasan Candi Borobudur. Penyerahan patung sang sastrawan dilakukan berbarengan dengan acara ASEAN-India Car Rally 2012 yang digelar di kawasan Candi Borobudur, bertepatan dengan peringatan 150 tahun kelahiran Rabindranath.

 

Kini, patung sang sastrawan setinggi 55 centimeter dengan alas setinggi 150 centimeter yang dianggap rakyat India sebagai tokoh kemanusiaan dan kesusastraan ada di dalam Museum Arkeologi Candi Borobudur. Jadi bagi yang hendak mengunjungi Candi Borobudur, sempatkanlah menengok patung sastrawan. Sekalian untuk mengenang jejak sang sastrawan yang mengagumi karya besar anak negeri.

 

Baca Juga : Penjaga Hutan Gambut Dari Bumi Borneo